13 Penyebab Sakit di Tengkuk Leher Sebelah Kanan yang Wajib Diketahui

By

Sakit di Tengkuk Leher Sebelah Kanan – Anda pasti pernah merasakan sakit atau nyeri di bagian tengkuk leher. Kondisi ini tergolong wajar dan tidak perlu penanganan yang serius. Meski demikian, Anda harus mengetahui penyebab dari sakit di tengkuk leher tersebut. Hal ini bertujuan agar sakit di tengkuk leher sebelah kanan tersebut, tidak menjalar ke bagian tubuh di sekitarnya. Seperti pada bagian bahu, lengan, punggung, rahang, atau kepala. Namun bila tengkuk leher Anda terasa sakit terus menerus, maka segera periksa ke dokter.

Sakit di tengkuk leher sebelah kanan akan sembuh dalam beberapa hari saja. Anda bisa menyembuhkannya dengan menggunakan dengan bahan alami atau balsem otot. Dengan begitu sakit pada tengkuk leher Anda, akan segera sembuh.

Penyebab Sakit di Tengkuk Leher Sebelah Kanan

 Ada beberapa penyebab tengkuk leher Anda terasa sakit. Mungkin saja salah satu dari penyebab sakit pada tengkuk leher tersebut, mulai menyerang Anda. Oleh sebab itu Anda wajib mengetahui apa saja penyebab tengkuk leher menjadi sakit.

1. Otot Menegang

Tengkuk leher yang terasa sakit dapat disebabkan oleh otot yang menegang. Biasanya otot yang menegang dikarenakan Anda terlalu lama bermain handphone atau komputer. Sehingga Anda kurang melakukan pergerakan pada bagian leher Anda  Alhasil otot yang ada di sekitar leher Anda melemah dan menjadi kaku. Kondisi ini akan membuat Anda susah dalam menggerakan leher, karena kondisi otot dan syaraf Anda yang dalam keadaan kaku.

2. Salah Posisi Tidur

Sakit pada tengkuk leher, dapat diakibatkan oleh salah posisi tidur. Kemungkinan saat Anda tidur, posisi kepala dan juga leher, tidak sejajar dengan tubuh Anda. Alhasil bagian tengkuk leher Anda akan terasa sakit.

Tidak hanya itu bila Anda sering kali tidur dalam keadaan tengkurap, sudah dapat dipastikan bahwa tengkuk leher Anda akan terasa sakit. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidur dengan posisi kepala dan juga leher sejajar dengan tubuh Anda. Sehingga leher Anda tidak sakit lagi.

3. Keadaan Postur Tubuh yang Buruk

Keadaan postur tubuh yang buruk, akan menyebabkan tengkuk leher Anda sakit. Hal ini karena otot pada bahu, tulang belakang, hingga lahir Anda menjadi kaku. Alhasil Anda akan merasakan sakit di tengkuk leher sebelah kanan secara berkepanjangan.

Oleh sebab itu mulailah untuk memperbaiki postur tubuh Anda, agar tengkuk leher Anda tidak sakit lagi. Usahakan untuk duduk dengan postur tegak. Tidak hanya itu, usahakan ketika berjalan badan tidak membungkuk ke depan.

4. Rasa Cemas dan Stres Berlebihan

Rasa cemas dan stres yang berlebihan, akan memicu rasa sakit pada tengkuk leher. Hal ini karena otot dan saraf yang ada di area leher, menjadi kaku dan kencang. Alhasil Anda akan merasakan sakit yang teramat sangat pada tengkuk leher. Oleh sebab itu Anda harus mengurangi kebiasaan cemas dan juga stres yang berlebihan.

5. Keseleo Pada Leher

Rasa sakit yang terjadi pada tengkuk, dapat disebabkan oleh keseleo pada leher. Hal ini karena otot atau ligamen pada leher Anda mengalami luka. Luka tersebut diakibatkan oleh gerakan cepat yang dilakukan oleh otot leher, tanpa ada kesiapan.

Alhasil Anda akan mengalami kseleo pada bagian leher Anda. Bila Anda mengalami keseleo leher, Anda bisa melakukan pemijatan agar dapat mengembalikan otot yang meregang. Biasanya kondisi seperti ini, terjadi setelah kecelakaan mobil.

6. Cedera Brachial Plexus

Sakit di tengkuk leher sebelah kanan, dapat disebabkan oleh cedera brachial plexus. Biasanya cedera ini terjadi setelah melakukan olahraga kontak dan kecelakaan yang mengakibatkan traumatis. Kondisi ini sangat berbahaya bagi kesehatan organ dalam Anda. Hal ini karena cedera brachial plexus, bisa membuat saraf lengan, tulang belakang, tangan, dan bahu menjadi rusak.

7. Gangguan Degeneratif

Tengkuk leher yang terasa sakit, dapat disebabkan oleh gangguan degeneratif. Gangguan ini seringkali dialami oleh lansia. Tidak hanya tengkuk leher, gangguan generatif juga akan menyerang otot, tulang belakang, dan juga sendi. Makan bila gangguan generatif sudah parah, maka Anda akan merasakan radang saraf, radang sendi, hingga patah tulang leher. Sehingga dapat dikatakan bahwa kondisi sakit pada ada tengkuk leher adalah normal.

8. Demam Tinggi

Sakit pada tengkuk leher, bisa disebabkan oleh demam tinggi. Hal ini karena ketika demam tinggi akan berpengaruh pada otot dan juga saraf yang ada di sekitar kepala bagian belakang hingga di area leher. Alhasil Anda akan merasakan pusing, hingga merasa sakit pada tengkuk leher Anda. Bila Anda merasa sakit kepala dan tengkuk leher yang terus menerus, segera periksakan ke dokter.

9. Kerusakan Sendi Leher

Kondisi sakit tengkuk leher, dapat diakibatkan oleh adanya kerusakan pada sendi leher. Penyakit ini seringkali disebut sebagai osteoarthritis. Kerusakan sendi leher disebabkan oleh terjadinya pengapuran dan juga penipisan tulang rawan. Hal ini akan membuat sendi leher terganggu pergerakannya. Alhasil Anda akan merasa nyeri pada bagian tengkuk leher.

10. Saraf Terjepit

Sakit tengkuk leher, dapat disebabkan oleh adanya saraf yang terjepit. Kondisi ini disebut sebagai radikulopati servikal. Hal ini terjadi karena adanya benjolan yang di beberapa ruas tulang belakang. Alhasil akan memberikan rasa nyeri pada tengkuk leher hingga tulang belakang Anda. Bila Anda merasa sakit terus menerus, segera periksakan ke dokter spesialis tulang. Dengan begitu penyakit Anda akan segera sembuh.

11. Otot Leher Menegang

Rasa sakit pada tengkuk leher, biasanya disebabkan oleh otot leher yang menegang. Ketegangan pada otot leher, biasanya disebabkan oleh aktivitas tas yang sering menunduk. Mulai dari membaca buku dengan posisi tidur, bermain handphone dalam jangka waktu yang lama, hingga menulis dengan keadaan membungkuk. Kegiatan tersebut akan memicu otot leher menegang. Alhasil Anda akan merasakan sakit di tengkuk leher sebelah kanan.

12. Tortikolis Akut

Rasa sakit pada tengkuk leher, dapat terjadi karena tortikolis akut. Tortikolis merupakan kan sebuah kondisi yang terjadi ketika kepala hanya bisa dimiringkan pada satu sisi saja. Hal ini terjadi ketika Anda mengalami keseleo pada otot leher. Biasanya tortikolis terjadi ketika bangun tidur. Kemudian otot di bagian leher akan terasa sakit. Kondisi ini akan berlangsung selama beberapa hari saja.

13. Kecelakaan Serius

Sakit di bagian tengkuk leher, bisa disebabkan oleh kecelakaan serius. Kemungkinan saat kecelakaan, kepala bagian belakang Anda terbentur oleh benda keras. Akibatnya Anda akan terasa pusing di bagian kepala belakang hingga di area tengkuk. Kondisi ini harus selalu didampingi oleh dokter khusus organ dalam. Hal ini karena bagian tersebut merupakan organ yang paling berbahaya, bila tidak ditangani dengan serius.

Baca Juga: Punya Benjolan di Leher Sakit Bila Ditekan? Lakukan 9 Penanganan Tepat Ini!

Ada beberapa penyebab sakit di tengkuk leher sebelah kanan, yang wajib Anda ketahui. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mengalami penyakit serius pada bagian tengkuk leher Anda. Oleh sebab itu bila Anda merasakan sakit yang luar biasa pada bagian kepala dan leher, segera konsultasikan kepada dokter organ dalam.

Tinggalkan komentar