Yuk Kita Intip Apa Saja 9 Macam Tanaman Herbal Dan Manfaatnya

Yuk Kita Intip Apa Saja 9 Macam Tanaman Herbal Dan Manfaatnya. Sejak dulu semua orang sudah mengenal dengan namanya tanaman kaya akan manfaat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sampai sekarang masih banyak masyarakat yang mengkonsumsi tanaman herbal daripada obat modern untuk menyembuhkan penyakit. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi obat modern mengandung efek samping yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain tidak mengandung efek samping, harga dari tanaman juga juga sangat murah dan sangat mudah ditemukan di pasar tradisional. Bahkan salah satu dari tanaman herbal bisa kamu temukan di sekitar kamu. Tanaman herbal juga bisa ditanam di kebun rumah supaya kamu konsumsi kapan saja jika kamu sakit. Untuk menanam tanaman herbal sangat mudah cara perawatannya dan biaya yang diperlukan juga bisa dibilang kecil.

tanaman herbal dan manfaatnya
tanaman herbal dan manfaatnya

Tanaman herbal yang ada di sekitar kamu memiliki beragam Manfaat bagi kesehatan tubuh. Tanaman herbal biasanya dijadikan obat terlebih dahulu supaya bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang diderita. Kamu juga bisa menanam tanaman herbal di pekarangan kamu supaya pekarangan kamu akan lebih asri dan tanamannya bisa dijadikan obat. Banyak tanaman herbal yang bisa dijadikan obat tetapi tidak semua tanaman herbal dan manfaatnya yang bisa dijadikan obat.

Tanaman herbal bisa dibedakan menjadi dua yaitu beracun dan tidak beracun. Yang sering dijadikan obat untuk kesehatan adalah tanaman yang tidak beracun. Sebaiknya jika kamu ingin membeli tanaman herbal lebih baik bertanya nama dan Manfaat Dari tanaman herbal tersebut. Nah pada kali ini kita akan membahas tentang macam macam tanaman herbal yang harus kamu ketahui sebelum dijadikan obat.

Beberapa Contoh Macam Tanaman Herbal Dan Manfaatnya Yang Harus Diketahui

Jahe

Tanaman herbal dan manfaatnya yang pertama adalah tanaman jahe. Tanaman herbal yang satu ini sering digunakan masyarakat untuk membuat obat adalah jahe. Jahe mengandung senyawa aktif yang sangat kuat berupa gingerol. Gingerol bermanfaat dapat mencegah masalah pencernaan seperti mual, sakit perut, nyeri sendi, dan masih banyak lagi.Manfaat dari gingerol tidak hanya itu, gingerol juga dapat membunuh sel kanker usus besar dan juga dapat menurunkan berat badan.

Apabila kamu ingin menggunakan jahe sebagai obat tradisional, maka gunakan jahe yang masih segar. Apabila kamu tidak menggunakan jahe yang tidak segar atau jahe bubuk kandungan senyawa aktifnya akan berkurang drastis. Meski bermanfaat mengkonsumsi jahe secara berlebihan akan mengakibatkan efek samping seperti sakit perut, mulas, diare. Disarankan jika kamu ingin mendapatkanManfaat tanaman herbal maka konsumsi jahe sebaiknya tidak lebih dari 4 gram setiap hari.

Kumis Kucing

Tanaman herbal dan manfaatnya yang berikutnya adalah Kumis kucing. Kumis kucing dikenal dengan tanaman yang mampu mengatasi penyakit batu ginjal. Hal ini dikarenakan tanaman herbal yang satu ini bisa merangsang ginjal untuk mengeluarkan urin. Selain Manfaat diatas kumis kucing juga bisa meredakan rematik, asam urat, bisa menghilangkan gejala alergi, dan menghentikan kejang-kejang. Kumis kucing juga dapat dipercaya dapat menghilangkan luka ringan dan gigi bengkak.

Kayu Manis

Kayu manis selain bisa dijadikan bumbu dapur, Manfaat tanaman herbal yang satu ini memiliki Manfaat untuk kesehatan. Kayu manis dipercaya dapat meredakan sendi, menghilangkan rasa tidak nyaman pada saluran kemih, dan juga bisa mencegah demensia. Selain Manfaat yang ada di atas, kayu manis juga bisa mencegah penyakit diabetes. Kayu manis dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes ataupun yang mencegah penyakit diabetes.

Serai

Tanaman herbal dan manfaatnya yang selanjutnya adalah serai. Serai merupakan salah satu tanaman yang memiliki Manfaat yang bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan. Serai memiliki banyak sekali Manfaat salah satunya adalah dapat meredakan stres. Selain bisa meredakan stres, serai juga bisa menurunkan demam bagi yang sakit dan mencegah infeksi tenggorokan. Serai juga bisa digunakan untuk meredakan semua jenis nyeri. Kamu juga bisa mencampur serai kedalam minuman atau makanan supaya meningkatkan nafsu makan kamu.

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menangkal pencemaran udara, selain menangkal pencemaran udara tanaman ini juga bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Lidah buaya mengandung antioksidan alami yang dapat menangkap radikal bebas. Lidah buaya juga bisa mengobati luka bakar, mengatasi sembelit, dan lidah buaya dapat meningkatkan nafsu makan. Seseorang yang memiliki daya tahan yang lemah maka disarankan mengkonsumsi lidah buaya secara rutin supaya daya tahan meningkat.

Kunyit

Tanaman herbal dan manfaatnya yang selanjutnya adalah tanaman kunyit. Manfaat tanaman herbalyang satu dapat menjaga kesehatan dan mencegah kamu tertular penyakit. Kunyit mengandung kurkumin, Kurkumin bisa meringankan gangguan pencernaan, mengatasi penyakit hati dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi kunyit secara berlebihan juga akan mengalami efek samping yaitu memicu kenaikan asam lambung.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh biasanya digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur yang biasanya digunakan sebagai penambah rasa asam pada makanan. Selain sebagai pelengkap dalam masakan, tanaman herbal yang satu ini juga bisa mengobati berbagai penyakit. Belimbing Wuluh dapat mengobati berbagai penyakit seperti gusi berdarah, sariawan, sakit gigi, dan masih banyak lagi. Bagian Batang dan daun dari belimbing Wuluh juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Temulawak

Tanaman herbal dan manfaatnya yang selanjutnya adalah Tanaman yang sering disebut dengan temulawak. Tanaman herbalyang satu ini sudah dikenal ke seluruh Indonesia. Sejak dulu temulawak sudah dikenal sebagai bahan pembuatan jamu. Bahan yang paling sering digunakan adalah di bagian akar dan bagian dagingnya yang berbentuk lonjong. Tanaman ini juga bisa kamu coba untuk ditanam dirumah kamu. Tanaman ini sangat berkhasiat untuk mengobati gangguan ginjal, antiradang, dan masih banyak lagi penyakit yang bisa diobati dengan temulawak.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Daun Sirih

Sejak dulu tanaman yang satu ini sudah dikenal oleh kalangan masyarakat karena kaya akan manfaat. Manfaat dari tanaman herbal yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Daun Sirih sudah terbukti bisa menghambat perkembangan bakteri pada mulut kita. Jika mulut kamu tidak ada bakteri maka kamu dapat mencegah penyakit pada gusi dan gigi kamu. Daun Sirih juga mengandung antioksidan yang bisa mempercepat menyembuhkan luka bakar pada tubuh kamu. Oleh sebab itu kebanyak orang menggunakan daun sirih untuk mengobati luka bakar supaya cepat sembuh. Selain bisa mengobati luka bakar, daun sirih juga bisa mengobati mimisan.

Nah itu saja macam macam tanaman herbal dan manfaatnya yang harus kamu ketahui sebelum dijadikan obat. Masih banyak lagi tanaman tanaman herbal yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain bisa menjaga kesehatan tubuh, tanaman herbal juga bisa memperindah pekarangan rumah kamu jika menanam salah satu tanaman diatas.

About Ibnu Khamill

Check Also

manfaat daun pegagan

15 Manfaat Daun Pegagan untuk Obat Herbal Penyakit

sumbersehat.com - Manfaat daun pegagan saat ini sudah semakin banyak diketahui dan sedang menjadi primadona. Centella Asiatica merupakan nama lain dari tumbuhan yang memiliki bentuk daun menyerupai ginjal dengan pinggiran daun bergelombang. Pengobatan di masyarakat Cina dan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *