8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah tahu bahwa seseorang memiliki berat badan yang ideal akan lebih terhindar dari berbagai penyakit yang menjangkit. Walaupun tidak semua orang dengan berat badan ideal tersebut sehat tidak memiliki penyakit. Hanya saja kondisi tersebut lebih bisa meminimalisir resiko penyakit yang mungkin bisa dialami. Oleh karena itu, banyak orang yang mulai memperhatikan kesehatan tubuh dan berat badan ideal.

Berbagai cara juga dilakukan bagi mereka yang memiliki berat badan cenderung berlebih. Salah satu caranya adalah dengan melakukan olahraga untuk menghilangkan penumpukan lemak dan mengurangi kalori tubuh. Dengan alasan tersebut, banyak orang justru olahraga dalam porsi berlebihan dan dengan intensitas tinggi. Padahal cara ini sangat tidak disarankan, lantaran hanya akan membuat tubuh anda kelemahan dan rentan terkena penyakit.

Tentu anda tidak ingin bukan mengalami penurunan berat badan karena kondisi tubuh sedang sakit? Dalam melakukan olahraga, sebaiknya memang diperlukan persiapan dan cara yang tepat. Anda tidak boleh asal dalam melakukan latihan olahraga, demi meminimalisir efek dan resiko yang tidak diinginkan. Karena faktanya, masih banyak orang yang melakukan olahraga dengan cara yang salah. Lalu apa saja kesalahan yang sering dilakukan dalam olahraga sehat untuk diet tersebut? Berikut penjelasannya!

olahraga sehat untuk diet
olahraga sehat untuk diet

Kesalahan Umum Olahraga Sehat untuk Diet

Latihan dengan intensitas tinggi

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan melakukan latihan olahraga sehat untuk diet dengan intensitas tinggi. Hanya saja bagi Anda yang masih pemula atau jarang melakukan olahraga, sebaiknya latihan dengan intensitas tinggi perlu dihindari. Jika anda melakukannya, bukan tidak mungkin tubuh akan merasa kaget karena tidak memiliki waktu untuk adaptasi dengan latihan yang cukup berat.

Justru hal ini akan beresiko bagi kesehatan fisik anda, sehingga perlu dihindari. Akan lebih baik jika anda olahraga dengan intensitas yang lebih ringan. Terutama bagi Anda yang masih pemula dan masih beradaptasi dengan berbagai gerakan olahraga.

Olahraga tidak teratur

Ingin mendapatkan berat badan yang ideal dengan olahraga namun anda sering melewatkan jadwal latihan? Sebaiknya anda jangan terlalu berharap untuk mendapatkan berat badan ideal dalam waktu cepat. Karena untuk melakukan diet tidaklah mudah jika tidak dibarengi dengan komitmen dalam latihan. Sebaiknya memiliki komitmen untuk serius dalam melakukan latihan olahraga sehat untuk diet terlebih dahulu hingga target awal Anda tercapai.

Jika perlu, Anda bisa melakukan latihan olahraga hingga 5 atau 6 kali dalam seminggu agar hasilnya lebih cepat. Untuk 1 hari sisanya, Anda bisa melakukan istirahat asal tetap bergerak dan tidak malas-malasan. Kesalahan ini seringkali kita jumpai di masyarakat, terlebih jika olahraga untuk diet hanya karena ikut-ikutan. Seringkali mereka hanya rajin di awal atau di bulan-bulan pertama saja, selanjutnya tidak pernah lagi melakukan latihan olahraga sehat untuk diet.

Kurang mengonsumsi air putih

Aktivitas olahraga sehat untuk diet tentunya akan membuat Anda mengeluarkan banyak cairan tubuh melalui keringat. Sehingga sering kali Anda juga akan merasakan haus setelah berolahraga. Di waktu ini alangkah baiknya jika anda memperbanyak konsumsi air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berolahraga.

Jika sampai kekurangan air putih, tubuh akan beresiko mengalami dehidrasi dan menjadi lemas. Meski begitu, masih ada saja orang yang melupakan dan melewatkan waktu minum setelah berolahraga. Tentu saja hal ini akan mengganggu metabolisme tubuh dan kinerja organ.

Latihan berlebihan

Melakukan latihan olahraga sehat untuk diet secara berlebihan juga menjadi kesalahan yang umum dilakukan oleh sebagian orang. Latihan berlebihan yang dimaksud disini bukan hanya latihan dalam waktu yang berdurasi lama, tetapi lebih ke kemampuan fisik yang sudah lemah.

Sehingga ketika anda sudah mengalami tanda-tanda seperti masalah kelelahan, lemas, kepala pusing, jantung berdegub cukup kencang, serta tubuh sudah mulai panas, sebaiknya beristirahatlah. Jangan sampai Anda memaksakan kondisi yang seperti ini dan berakibat pingsan ataupun mengalami gangguan kesehatan yang lebih parah

Mengkonsumsi makanan tak sehat setelah berolahraga

Meski sedang menjalankan diet, tidak ada salahnya Anda mengonsumsi makanan setelah olahraga sehat untuk diet. Tujuannya adalah untuk mengembalikan energi dan stamina yang sudah anda keluarkan. Terlebih jika anda sudah mulai merasa lapar, sebaiknya konsumsi makanan secukupnya dengan memilih makanan sehat.

Karena sering kita jumpai, beberapa orang justru mengonsumsi makanan tidak sehat sehabis berolahraga. Contohnya seperti mengonsumsi snack atau jajanan kemasan, makanan siap saji, makanan berlemak, atau jenis kue yang tinggi gula.

Berolahraga dalam kondisi perut terlalu kosong atau terlalu kenyang

Kesalahan yang umum dilakukan saat melakukan latihan olahraga sehat untuk diet selanjutnya, yakni berlatih dalam kondisi perut terlalu kosong atau terlalu kenyang. Ketahuilah bahwa berolahraga dalam kondisi perut yang sangat kosong beresiko membuat anda justru pusing, karena kadar gula menurun. Belum lagi, jika anda memiliki kondisi penyakit seperti maag yang justru akan membuat kondisi kesehatan semakin buruk.

Begitu pula jika anda berolahraga dalam kondisi perut yang cukup kenyang, tidak akan baik untuk kesehatan pencernaan. Kondisi ini juga bisa menyebabkan asam lambung naik karena perut terlalu penuh. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga adalah saat kondisi perut sudah terisi, sekitar 2 atau 3 jam setelah mengonsumsi makanan. Dengan begitu, anda akan tetap memiliki energi selama berolahraga tanpa harus khawatir merasa kelelahan atau menjadi lemas.

Tidak meningkatkan latihan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, di awal latihan Anda harus memulainya dari tingkatan yang paling ringan dan durasi tidak terlalu lama. Namun jika sudah terbiasa, sebaiknya naikkan tingkatan latihan olahraga sehat untuk diet demi memaksimalkan hasil yang ingin dicapai.

Dengan meningkatkan latihan, penurunan berat badan bisa dicapai dalam waktu yang lebih cepat, tubuh lebih kencang, serta memiliki massa otot yang lebih baik. Oleh karena itu jangan sampai Anda terlalu nyaman dengan tingkatan olahraga yang terlalu rendah dan tidak akan memberikan hasil yang signifikan.

Baca artikel lain disini

Melewatkan latihan pemanasan dan pendinginan

Melewatkan latihan pemanasan dan pendinginan menjadi dua hal yang sering kali dilupakan saat melakukan olahraga. Sebagian orang justru langsung melakukan olahraga sehat untuk diet pada inti gerakan, tanpa memperhatikan persiapan tubuh. Padahal melakukan pemanasan sangat penting untuk membiasakan diri terhadap gerakan inti yang akan dilakukan. Latihan pemanasan ini juga akan membuat suhu tubuh lebih hangat sehingga mempersiapkan diri lebih awal.

Jika anda melewatkan tahap latihan ini, bukan tidak mungkin anda akan mengalami beberapa gangguan atau resiko cidera seperti kram otot, pingsan, dan sebagainya. Begitu pula dengan latihan pendinginan yang memiliki peranan sama penting dengan pemanasan. Anda perlu melakukan pendinginan supaya otot tubuh tidak kaku dan menstabilkan kondisi tubuh seperti semula sebelum berolahraga.

Dengan mengetahui berbagai kesalahan umum yang sering dilakukan dalam olahraga sehat untuk diet, diharapkan anda akan lebih berhati-hati dalam melakukan latihan. Karena meski mudah, tetapi latihan olahraga tidak boleh dilakukan sembarangan. Apalagi bagi Anda yang menginginkan olahraga untuk tujuan diet, tentu harus mengikuti aturan dan instruksi supaya penurunan berat badan lebih optimal.

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami dengan air putih

6 cara Mudah Diet Alami Dengan Air Putih Yang Sederhana

6 Cara Mudah Diet Alami Dengan Air Putih Yang Sederhana!   Banyak orang yang ingin mendapatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *