ASI Tetap Lancar Saat Diet, Yuk Jalani Diet Sehat Ibu Menyusui

By

ASI Tetap Lancar Sedang Diet, Yuk Jalani Diet Sehat Ibu Menyusui.  Masalah yang sering muncul setelah melahirkan adalah berat badan yang bertambah. Hal ini karena proses membesarnya rahim pada masa kehamilan. Banyak orang yang takut melakukan diet saat sedang menyusui kaena takut berpengaruh terhadap keluarnya ASI. Padahal, jika dilakukan dengan benar diet tetap bisa dijalankan meski sedang meyusui. Bahkan dengan melakukan diet, dapat menjadikan ASI lebih lancar dari biasanya. Karena diet sehat bukan berarti hanya mencakup menurunkan atau menaikan berat badan, namun menjadikan tubuh lebih sehat.

Diet dapat dilakukan jika telah mendapatkan arahan dari dokter atau bidan terdekat. Karena kondisi setiap orang dan kondisi bayi berbeda satu dengan yang lainnya. Pastikan saat melakukan diet dengan terus memantau kondisi diri sendiri dan kondisi bayi. Dengan memantau terus kondisi bayi khususnya, maka akan terus mengetahui reaksi yang dirasakan bayi saat diajak diet ibunya selama masa menyusui. Berikut penjelasan seputar diet untuk ibu menyusui.

diet sehat ibu menysui
diet sehat ibu menysui

Tips Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman dan ASI Tetap Lancar

Sering menyusui

Pada kondisi ibu menyusui penting untuk melakukan diet sehat ibu menyusui, diet ini bermanfaat untuk melancarkan ASI, karena pada saat melakukan diet tentu asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh adalah yang terbaik, untuk itu jangan takut untuk melakukan diet selama menyusui. Salah satu cara untuk bayi tidak menangis karena kehausan adalah dengan cara sering menyusui. Dengan cara sesering mungkin menyusui maka payudara secara otomatis akan selalu memproduksi ASI. Selain itu dengan sesering mungkin menyusui bayi, maka ASI akan semakin bertambah dan bayi tidak akan rewel karena kehausan.

Perbanyak minum

Seorang ibu harus memperbanyak asupan air putih ke dalam tubuh, jika secara ideal mengkonsumsi air putih jumlahnya 10 persen dari berat tubuh, maka pada kondisi seperti ini boleh ditambahkan jika merasa kurang. Dengan memperbanyak minum air putih, maka produksi ASI akan melimpah dengan sendirinya, sehingga tidak khawatir bayi menjadi rewel. Sejatinya jika asupan air yang masuk ke dalam tubuh seimbang, maka akan memperlancar kinerja organ-organ di dalam tubuh dan menjadikan tubuh selalu sehat.

Makan teratur

Penting untuk menjaga pola makan agar teratur, jika pola makan telah teratur maka secara otomatis kandungan nutrisi yang ada didalam tubuh akan terpenuhi dengan sendirinya. Buatlah jadwal makan teratur jika termasuk orang yang mudah melewatkan jadwal makan. Selain itu untuk diet sehat ibu menyusui, dengan memberikan jadwal yang pasti juga meminimalisir kambuhnya penyakit maag. Mulai sekarang harus mendahulukan makan jika telah lewat jadwalnya.

Makanan bergizi

Makanan bergizi yang dimakan oleh si ibu juga akan dimakan oleh si bayi melalui sari makanan yang sebelumnya telah diserab oleh ibuya. Makanan bergizi adalah sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Dengan nutrisi tersebut akan menghasilkan energi yang mana dibutuhkan tubuh untuk bergerak dan beraktifitas. Setiap makanan bergizi yang masuk ke dalam tubuh akan menjadi energi positif untuk pemiliknya. Tak perlu khawatir jenis makanan bergizi, karena terdapat banyak jenisnya, menjadikan dapat memilih sesuai dengan yang diinginkan untuk menunjang program diet.

Olahraga

Rutin melakukan olahraga menjadikan tubuh sehat dan segar. Penting untuk dilakukan ibu menyusui dalam programnya diet sehat ibu menyusui, karena dengan olahraga dapat melepaskan hormon yang tidak dibutuhkan tubuh, sehingga tubuh akan sehat dan menyusui bayi menjadi menyenangkan karena perasaan yang ikut senang. Olahraga tidak harus dilakukan di luar rumah, cukup melakukan olahraga ringan semampunya didalam rumah dengan gerakan yang sederhana dan tidak memberatkan.

Hindari kopi dan alkohol

Kafein kurang bagus untuk program diet sehat, karena didalam satu cangkir kopi, umumnya terdapat serbuk kopi dan gula. Sedangkan gula kurang bagus untuk program diet karena memerlukan proses yang lama dalam pencernaan. Selain itu kandungan kafein kurang baik untuk bayi. Lebih baik dapat mengganti kopi dengan air madu atau jus jika menginginkan yang manis. Sedangkan alkohol tidak baik untuk produksi ASI, karena produksi ASI akan terhambat dan memiliki aroma yang tajam, hal itu kurang disukai oleh bayi.

Menu yang Dianjurkan Untuk Diet Sehat Ibu Menyusui

Buah dan sayuran

Pada menu diet sehat ibu menyusui terdapat berbagai jenis buah dan sayuran yang dapat dimakan secaralangsung atau dijus terlebih dahulu. Semua jenis buah pada dasarnya bagus, namun untuk ibu menyusui dapat mengkhususkan atau memperbanyak pada buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, bluberry, delima. Untuk jenis buah lainnya boleh dikonsumsi dalam tahap secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Jenis sayuran semua bagus untuk tubuh, karena mengandung banyak serat, vitamin dan lain.lain.

Kacang dan biji-bijian

Untuk jenis kacang-kacangan semua bagus untuk kesehatan, namun dapat mengutamakan jenis kacang-kacangan yang memiliki warna gelap, seperti kacang merah, sebagai sumber protein nabati dan juga kaya akan zat besi. Jenis kacang-kacang yang lainya bagus juga untuk dijadikan variasi agar tidak bosan. Selain itu kacang-kacangan juga dapat dijadikan sebagai bumbu makanan seperti salad dan berbagai pengolahan lainnya.

Beras merah

Beras merah secara kandungan lebih bagus dibanding beras putih, biasanya beras merah digunakan untuk orang yang menjalankan program diet sehat ibu menyusui. Kandungan pada beras merah aman digunakan untuk penderita diabetes, karena aman dari glukosa. Pada beras merah dapat menyediakan kalori yang dibutuhkan tubuh sekaligus mendukung produksi ASI yang baik dan berkualitas untuk Si kecil. Beras merah menjadi pilihan dibanding beras putih.

Produk olahan susu rendah lemak

Produk olahan susu rendah lemat adalah solusi terbaik untuk orang yang sedang program diet. Dengan meminum susu rendah lemak, maka kandungan kalsium pada susu akan didapatkan tanpa takut kandungan lemak pada susu pada umumnya. Produk olahan susu rendah lemak kini banyak tersedia bebas diberbagai toko, sehingga memudahkan untuk membeli dan memberikan nutrisi terbaik untuk diri sendiri dan si bayi. Sedangkan produk olahan susu yakni yogurt dan keju.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak memiliki kandungan zat besi, protein dan vitamin B12, yang dapat memenuhi energi yang dibutuhkan untuk mejalani program diet sehat ibu menyusui. Penting untuk menu seimbang dalam menjalankan program diet, agar keduanya tetap sehat dan menikmati pogram diet tersebut dengan hati riang. Daging tanpa lemak menjadi variasi menu agar tidak bosan, namun cara memasaknya lebih baik tidak dengan digoreng, tapi dengan cara dipanggang.

Demikian tips diet sehat ibu menyusui dan berbagai menu makanan yang dapat dijadikan rekomendasi. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk ibu menyusui. Pada dasarnya selain aktifitas yang positif dan makanan yang bergizi yang tak kalah penting adalah selalu menjaga emosi dan perasaan ibu menyusui agar selalu bahagia. Karena dengan bahagia tersebut, akan menghasilkan hormon kebahagiaan yang menjadikan tubuh sehat dan produksi ASI meningkat.

Tinggalkan komentar