Lengkap! Resep Makanan untuk Diet Sehat dari Pagi hingga Malam

sumbersehat – Menyusun daftar resep makanan untuk diet sehat mungkin adalah hal yang perlu Anda lakukan sebelum memulai sebuah program diet. Selain agar program diet Anda lebih terstruktur, daftar ini bisa membantu menghitung berapa jumlah kalori yang dikonsumsi. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli nutrisi terkait menu yang sudah Anda rencanakan tadi. 

Masih bingung bagaimana menyusun makanan apa saja yang harus Anda konsumsi saat berdiet? Atau mungkin belum memiliki gambaran sama sekali tentang hidangan apa saja yang baik untuk program diet Anda?  Yuk, langsung simak resep makanan untuk diet sehat dan murah yang bisa dimasukkan dalam program diet Anda berikut!

resep makanan untuk diet sehat

Resep Makanan untuk Diet Sehat dari Pagi Hingga Malam 

Diet bukan semata-mata mengurangi porsi makan. Yang lebih tepat adalah memperhatikan apakah makanan yang dikonsumsi sepadan dengan aktivitas yang Anda lakukan. Dan yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa Anda mengonsumsi hidangan bernutrisi. Yuk, simak beberapa daftar menu diet sehat dan murah di bawah ini: 

Jangan Lewatkan Sarapan

Meski sedang dalam program diet, sarapan merupakan salah satu waktu makan yang sebaiknya tak dilewatkan. Selain agar Anda memiliki energi untuk beraktivitas, melewatkan sarapan bukanlah sebuah kebiasaan yang baik. Penelitian menyebutkan bahwa sarapan membuat Anda lebih fokus menjalani aktivitas sepanjang hari.

Namun, tentunya Anda tetap harus awas dalam memilih resep makanan untuk diet sehat saat sarapan. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein tinggi dan berkarbohidrat kompleks, seperti telur dan gandum utuh. Makanan berkarbohidrat kompleks akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga ini sangat baik untuk dimasukkan dalam makanan diet. 

Nah, jika Anda termasuk orang yang tak bisa makan berat di pagi hari, Anda bisa mencoba mengonsumsi sereal sehat. Seperti granola yang kaya akan protein atau muesli yang dipercaya bisa menurunkan resiko terkena diabetes tipe-2. Perlu diingat, waktu terbaik menyantap sarapan adalah 30 menit setelah bangun tidur. Anda juga tidak disarankan untuk sarapan lebih dari jam 10 pagi. 

Snack Sebelum Makan Siang

Jika sudah bekerja sejak pagi, mungkin di antara sarapan dan makan siang Anda akan mulai merasa lapar. Daripada menahan rasa lapar tersebut, lebih baik selingi dengan snack agar tak terjadi balas dendam saat makan siang. Tetapi tentu saja cemilan yang dimaksud adalah makanan kecil yang sehat dan rendah kalori. Anda bisa mengonsumsi snack di antara jam 9 atau 10 pagi. 

Ada banyak pilihan cemilan yang enak dan menyehatkan. Mulai dari edamame yang kaya akan protein dan serat, yogurt tawar dengan topping buah yang menyegarkan, hingga pisang yang diolesi selai kacang sebagai sumber energi. Jangan lupa untuk minum banyak air putih sambil menunggu makan siang tiba. 

Resep Makanan untuk Diet Sehat: Makan Siang 

Saat makan siang, alangkah baiknya Anda mengonsumsi hidangan 4 sehat 5 sempurna. Ini berguna untuk mengganti energi yang telah hilang dan mempersiapkan tenaga Anda untuk aktivitas selanjutnya. Salah satu makanan yang mengandung elemen 4 sehat 5 sempurna adalah lotek sayur. Buat sendiri roti lapis Anda dengan resep makanan untuk diet sehat berikut.

Bahan-bahan: 

  • Kacang panjang 
  • Kangkung
  • Tauge
  • Lontong 
  • Saus kacang 

Cara memasak: 

  • Rebus kacang panjang, kangkung, dan tauge hingga matang. 
  • Potong-potong lontong dan sajikan di piring
  • Masukkan sayuran yang sudah matang ke dalam piring
  • Siram dengan saus kacang dan lotek pun siap disantap.

Bagaimana? Resep makanan untuk diet sehat ini sangatlah mudah dan sehat, sebab semua bahan direbus dan bukan digoreng. Tetapi Anda juga perlu memperhatikan berapa kalori yang Anda makan, ya. Usahakan perbanyak porsi sayuran daripada lontong di piring Anda. Dan lebih baik minumlah air putih dan bukan minuman manis seperti es teh  atau soda saat makan besar. 

Nah, Anda juga perlu memasukkan buah dalam menu makan siang. Namun, sebaiknya buah tersebut dikonsumsi dua jam setelah makan besar agar nutrisinya masih bisa terserap. Makanlah buah yang rendah gula seperti kiwi, strawberry, alpukat, semangka, atau jeruk. Buah ini juga bisa menjadi cemilan sehat nan ringan sebelum waktu makan malam tiba. 

Sebagai tambahan, waktu terbaik untuk menyantap makan siang ada di antara jam 12 hingga jam 2 siang. Jeda antara makan siang dan sarapan juga sebaiknya tak  lebih dari empat jam. Anda juga disarankan untuk tidak makan siang di atas jam empat sore. 

Resep Makanan untuk Diet Sehat: Snack Sore Hari

Untuk makanan ringan kala sore hari, Anda bisa memakan buah-buahan rendah gula seperti yang sudah disebutkan tadi. Anda bisa juga makan ubi atau pisang rebus bila membutuhkan lebih banyak energi. Selain itu, Anda juga bisa membuat resep makanan untuk diet sehat berupa vegan frosty berikut: 

Bahan-bahan: 

  • Alpukat beku
  • Pisang
  • Susu almond/kedelai
  • Bubuk kakao
  • Yogurt kelapa
  • Es batu 

Cara membuat: 

  • Blender semua bahan dan sajikan. 

Meski berbentuk minuman, namun menu ini bisa sangat mengenyangkan dan bisa dijadikan snack alternatif untuk sore hari Anda. Karena menggunakan buah rendah gula seperti alpukat, maka minuman ini sangat cocok untuk program diet. Snack ini disarankan dikonsumsi antara pukul 15.30 hingga 16.00.

Resep Makanan untuk Diet Sehat: Makan Malam

Ya, meski sedang berdiet, Anda tak perlu melewatkan makan malam. Selama ini ada banyak kesalahan persepsi tentang makan malam yang dianggap tak baik untuk berat badan. Padahal nyatanya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa makan malam itu sama pentingnya dengan waktu makan lain. 

Studi menemukan bahwa mengonsumsi makanan ringan sebelum tidur dapat menurunkan keinginan Anda untuk makan berlebih di pagi hari. Ini sangat berguna untuk menjaga konsumsi kalori harian. Namun tentu saja, hidangan tersebut harus rendah lemak, tinggi protein, kaya serat, dan porsinya tidak terlalu banyak. Salah satu menu makan malam diet yang bisa Anda masak adalah spaghetti. 

Makan malam sendiri sebaiknya dilakukan di antara pukul 18.00 hingga 18.30. Anda juga sebaiknya memberi jeda waktu selama 3 jam di antara waktu makan dan waktu tidur. Nah, berikut adalah menu makan malam diet yaitu spaghetti yang sangat mudah dibuat: 

Bahan-bahan: 

  • Paprika merah
  • Bawang bombay
  • Spaghetti yang terbuat dari gandum utuh
  • Edamame

Cara memasak: 

  • Cincang paprika dan bawang bombay 
  • Rebus spaghetti hingga matang sempurna
  • Tumis bawang bombay dan paprika dengan minyak zaitun
  • Masukkan spaghetti dan edamame lalu masak hingga semua tercampur rata
  • Sajikan selagi hangat

Nah, itu tadi adalah pembahasan seputar beberapa resep makanan untuk diet sehat yang bisa Anda coba. Perlu diingat, sebelum melakukan diet, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan ahli gizi dan dokter pribadi. Ini sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya malnutrisi atau efek diet yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Dan tentu saja, jangan lupa untuk imbangi diet dengan olahraga, ya!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet – Senam adalah jenis olahraga yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *