3 Resep Herbal Ramuan Corona – Covid 19

3 Resep Herbal Ramuan Corona. Corona bukanlah wabah yang hanya menyerang Indonesia saja, namun telah lebih dahulu menyebar di berbagai negara di belahan bumi lainnya. Oleh karena itu, corona menjadi pandemi yang sempat melumpuhkan mobilitas di berbagai sektor kehidupan, bukan hanya sektor perekonomian maupun pendidikan saja yang banyak diperbincangkan di mana-mana. Hal ini karena sampai saat ini pun, masih terus dicari apa obat atau vaksin yang dapat menghentikan penularan virus covid 19 yang menjadi penyebabnya.

Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah memiliki potensi lebih besar untuk terpapar virus covid 19 ini. Oleh karenanya, dari berbagai sumber, disimpulkan bahwa salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah corona selain menjaga kebersihan ialah dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh yang dapat menolak atau memblok kemungkinan tertularnya virus covid 19. Hal tersebutlah yang pada akhirnya membuat tidak sedikit orang memilih untuk mengonsumsi berbagai vitamin maupun ramuan-ramuan, termasuk ramuan yang dibuat dari berbagai tanaman herbal yang memang banyak tumbuh di Indonesia, seperti jahe, kunyit, kencur, dan lain sebagainya.

resep herbal ramuan corona
resep herbal ramuan corona

Memang tidak ada yang memastikan keefektifan resep herbal ramuan corona ini dapat ampuh mengatasi corona, namun sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, ramuan-ramuan dari bahan dasar tanaman herbal ini memang sudah turun temurun digunakan oleh orang-orang tua sejak zaman dahulu sebagai minuman kesehatan yang memberikan dampak baik bagi sistem kekebalan tubuh.

Mengingat bahwa orang dengan imunitas tubuh yang rendah lebih berisiko terpapar covid 19, selain tetap menerapkan protokol covid dengan menjaga jarak dan tetap di rumah saja, masyarakat Indonesia banyak yang kembali memanfaatkan tanaman-tanaman herbal tersebut sebagai ramuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Hal ini karena tanaman-tanaman herbal ini mudah didapatkan juga cara mengolahnya pun terbilang tidak sulit juga.

Berikut 3 Resep Herbal Ramuan Corona

Seperti penjelasan mengenai berbagai alasan masyarakat Indonesia mengonsumsi ramuan-ramuan herbal tersebut untuk mencegah corona di atas, berikut adalah paparan mengenai beberapa resep herbal ramuan corona yang dapat secara efektif untuk meningkatkan sistem imun kita.

Beras kencur

Ramuan herbal untuk mencegah corona yang pertama adalah beras kencur. Seperti namanya, ramuan ini memanfaatkan 2 bahan utama yakni beras dan kencur. Kencur, sebagai tanaman yang dapat tumbuh dengan baik ketika musim penghujan ini dipercaya sebagai salah satu tanaman herbal yang multikhasiat. Ramuan-ramuan herbal tradisional yang memanfaatkan ekstrak dari tanaman dengan nama Latin Kaempferia galanga L ini juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi perut kembung, pusing dan lain sebagainya. Namun tidak hanya itu, mengonsumsi ramuan berasa kencur ini dapat juga digunakan sebagai ramuan untuk meningkatkan sistem imun kita bahkan dapat digunakan sebagai ramuan herbal yang mampu mencegah corona.

Nah, memanfaatkan kencur menjadi resep herbal ramuan corona beras kencur tidaklah sulit. Hal ini karena kencur, tanaman yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan ini dapat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional hingga toko-toko obat yang menjualnya dalam bentuk kering. Untuk membuat jamu beras kencur, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan yakni beras, kencur, gula, dan air putih.

Setelah menyiapkan seluruh bahan-bahan yang diperlukan, langkah berikutnya adalah dengan merendam beras selama 1 jam. Langkah ini dilakukan selain untuk membersihkan beras dari kotoran yang masih menempel juga dilakukan supaya lebih mudah untuk menghaluskan si beras ini. Setelah itu, bersihkan kencur tersebut dari rimpang kering maupun tanah yang masih menempel. Selanjutnya, kencur tersebut dihaluskan dengan cara menggeprek maupun memblendernya. Setelah menjadi halus, langkah berikutnya adalah dengan merebus beras yang telah dihaluskan bersama kencur dan gula. Setelah mendidih, matikanlah kompor lalu saring rebusan tersebut supaya tidak ada ampasnya. Maka, ramuan herbal corona siap dihidangkan.

Kunyit asem

Kunyit asam atau yang lebih dikenal dengan term Jawa kunir asem ini adalah salah satu olahan jamu yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, hal ini karena resep ramuan herbal corona ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. salah satunya tentu saja dapat menjaga imunitas tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Jamu kunir asem ini adalah jamu yang sampai saat ini masih banyak dikonsumsi dan dijual oleh para penjual jamu gendong. Salah satu manfaatnya yang paling kentara lainnya adalah kunir asem ini memiliki kandungan antiradang yang dapat digunakan untuk mengobati pegal linu yang biasanya banyak dikeluhkan oleh bapak-bapak.

Meski begitu, resep herbal ramuan corona ini cukup mudah dan bisa dibuat oleh siapa saja. berikut adalah cara membuat jamu kunir asem untuk kesehatan tubuh. langkah pertama adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan yakni kunyit atau kunir, asam jawa, garam, dan tentunya air putih. Lalu, haluskan kunyit dengan cara memarut atau memblendernya. Parutan kunir tersebut diambil sarinya lalu direbus bersama air, gula aren, dan asam jawa. Setelah mendidih, kompor dapat dimatikan. Setlah dingin, jamu kunyit asem tersebut dapat dikonsumsi sebagai ramuan herbal mencegah corona. Tidak ribet dan sangat mudah dibuat, bukan?

Wedhang Jahe

Jahe tentunya bukan tanaman herbal yang asing bagi kita, hal ini karena jahe merupakan tanaman herbal yang memang sudah sejak dulu digunakan sebagai obat tradisional. Mengonsumsi wedhang, resep herbal ramuan corona yang dibuat dari ekstrak tanaman Zingiber Officinale ini terbukti dapat memberikan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya ialah untuk meredakan masuk angin, mengatasi perut kembung, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Ramuan yang dibuat dari tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di musim hijan ini mudah ditemukan karena banyak dijual di warung-warung pinggir jalan. Tapi jika ingin membuatnya sendiri pun tidak sulit. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan bahan untuk membuat ramuan herbal anticorona ini, yakni jahe, gula, dan tentunya air putih. Langkah berikutnya adalah membersihkan jahe dengan mengerik kulit luarnya yang kering tersebut lalu mencuci, dan menggepreknya supaya lembut atau sekiranya memungkinkan sari dari jahe dapat keluar. Setelah itu, rebus air dan masukkan jahe yang telah halus tersebut. penambahan gula dapat disesuaika dengan selera.

Demikian adalah paparan mengenai beberapa resep herbal ramuan corona. Meski tidak dapat dipastikan ramuan yang memanfaatkan berbagai ramuan herbal yang banyak tumbuh di Indonesia ini, namun tidak ada salahnya jika mengonsumsi ramuan herbal yang banyak memberikan manfaatnya pada tubuh kita. Pun jika tidak ingin repot-repot membuatnya, ramuan herbal corona ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau di penjual-penjual jamu gendong maupun kedai-kedai di pinggir jalan. Jadi, dari pada mengonsumsi minuman yang berdampak tidak baik bagi tubuh, bukannya lebih baik mengonsumsi minuman tradisional terbukti dapat menyehatkan tubuh?

About Ibnu Khamill

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *