6 Resep Cemilan Sehat dan Praktis, Mau Coba?

By


sumbersehat.com – Resep cemilan sehat menjadi buruan banyak Ibu selama masa new normal ini. Sembari menunggu sekolah tatap muka kembali diadakan dan agar kegiatan daring tidak membosankan. Pastinya anak-anak juga membutuhkan asupan makanan yang sehat agar tubuh tetap prima dan kuat saat pandemic ini. Resep camilan menyehatkan yang dibuat tidak harus yang ribet. Lebih praktis jika menggunakan bahan yang ada di rumah.

Menariknya lagi, selain untuk menemani hari-hari di rumah, camilan sehat ini pun bisa jadi peluang bisnis. Jika diamati, selama masa pandemic, banyak orang yang beralih pada bisnis kuliner yang memang banyak dicari. Kuliner sekarang semakin beragam dan bisa di order secara online. Delivery ini memudahkan bagi siapapun yang tidak bisa keluar rumah, tapi tetap harus makan.

resep cemilan sehat

Pentingnya Mengonsumsi Cemilan Sehat Saat Pandemi

Resep cemilan sehat dan sederhana selalu menjadi andalan bagi Ibu-Ibu di masa pandemic ini. Situasi yang belum pasti kapan akan berakhir, memaksa banyak orang untuk selalu menjaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi camilan sehat. Sepenting apakah mengonsumsi cemilan sehat saat pandemic, simak jawabannya di bawah ini:

1. Menambah Asupan Nutrisi

Di tengah pandemic ini, daya tahan tubuh adalah hal utama yang harus diperhatikan. Resep camilan sehat dan praktis memang sangat diperlukan saat seperti ini. Bahan makanan sehat dengan kandungan tertentu bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya jeruk, kiwi, apel, pepaya dan yang lainnya.

2. Menghemat Keuangan Keluarga

Pandemic tidak hanya membuat kesehatan limbung, ekonomi pun ikut terdampak. Agar ekonomi keluarga tetap stabil, berhemat dan berbelanja cermat adalah solusinya. Berhemat dengan mengaplikasikan sendiri resep cemilan sehat yang didapat dari berbagai sumber. Kantong aman, asupan nutrisi pun tetap terjamin.

3. Menambah Kegiatan Positif Keluarga

Membuat olahan resep cemilan sehat akan menjadi kegiatan yang menyenangkan di rumah. Melibatkan anak-anak dalam kegiatan positif ini juga dapat melatih kemampuan motoriknya. Anak-anak pastinya akan merasa bangga saat mengonsumsi makanan yang dibuat dengan tangan mereka sendiri.

Resep Camilan Sehat, Praktis dan Mudah dipraktekkan di Rumah

Untuk kegiatan di rumah pasti butuh pendamping camilan yang sehat dan bergizi. Camilan tersebut dapat dibuat sendiri, jadi tidak perlu beli di luar. Selain menghemat pengeluaran, camilan sehat yang dibuat di rumah lebih aman dan terjaga nutrisinya. Sebab bahan yang digunakan tentu diketahui keamanannya. Berikut adalah resep cemilan sehat yang dapat dipraktekkan di rumah.

1. Salad Buah

Resep cemilan sehat dan mudah bisa menggunakan bahan yang ada di kulkas. Buah-buahan misalnya. Buah-buahan ini dapat diolah menjadi salad segar. Cara pembuatannya mudah, buah dengan jenis berbeda dipotong kecil-kecil. Campur dengan yogurt dan setengah cup susu cair. Pemilihan buah yang berbeda akan menjadikan salad terasa lebih enak.

2. Sandwich Buah

Ngemil biasanya identic dengan makanan ringan seperti roti. Jika ingin camilan yang berbeda, resep cemilan sehat ini bisa dicoba. Sandwich yang biasanya berisi campuran sayur atau telur, bisa diganti dengan topping buah sebagai alternatif. Cara membuatnya mudah, sediakan roti tawar sebanyak dua lembar.

Olesi dengan selai kacang atau madu yang dicampur dengan yogurt. Irisan buahnya jangan dilupakan. Boleh buah kiwi, stroberi dan pisang. Tata di atas roti yang telah dioles hingga menutupi permukaan roti. Lalu tutup dengan lembaran roti yang lainnya. Camilan sehat ini pun dapat dinikmati. Baca juga Buat Cemilan Sehat Ibu Hamil? Perhatikan 6 Hal Ini!

3. Rolade Ayam Isi Sayur

Rolade ayam isi sayur akan menjadi resep cemilan sehat dan murah yang siap dieksekusi di rumah. Bahan yang dibutuhkan rata-rata telah tersedia di rumah. Mulai dari daging ayam, tepung sagu, bawang putih, wortel, telur, daun bawang, gula dan garam. Untuk membuat rolade, terlebih dahulu daging ayam digiling campur dengan bawang putih goreng yang dihaluskan.

Wortel kemudian diparut kasar sebagai campuran bersama dengan daun bawang. Untuk kulitnya, buat dari telur dan tepung sagu . dadar di atas Teflon dan jangan terlalu tipis. Taruh adonan ayam giling di atas kulit lalu gulung dengan rapi. Bungkus dengan aluminium foil dan kukus selama 20 menit. Jika sudah matang, potong kecil-kecil dan siap digoreng.

4. Sandwich Wanpaku

Satu lagi resep cemilan sehat sandwich Jepang selain sandwich buah yang dapat dicoba. Sandwich wanpaku ini hampir sama dengan sandwich lainnya, hanya isiannya campur antara sayur, daging atau telur. Cara membuatnya mudah sekali. Sediakan 2 lembar roti tawar gandum, mentimun yang diiris tipis memanjang, kol ungu diiris tipis dan wortel iris tipis juga. Tomat dan keju jangan lupa.

Isian yang lainnya bisa telur mata sapi atau daging smoked beef panggang dan selada. Roti gandum diolesi butter dan mayonnaise. Letakkan keju di atasnya, menyusul selada dan tomat. Lalu letakkan telur atau smoked beef, kol ungu, mentimun dan selada lagi diatasnya. Terakhir tutup dengan roti gandum dan bungkus dengan plastic wrap.

5. Nugget Pisang

Camilan sehat ini banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Cocok dibuat saat bersama dengan keluarga di rumah. Olahan pisang ini mudah dibuat dan pastinya disukai seluruh anggota keluarga karena rasanya yang manis dan krispi. Bahannya sederhana, 3 buah pisang ambon ukuran besar tepung terigu,gula, telur, vanilli dan tepung panir.
Cara membuat resep cemilan sehat ini adalah haluskan pisang dengan garpu dan campur dengan tepung terigu, telur, vanili serta gula. Aduk hingga rata. Olesi cetakan dengan minyak dan tuang adonan ke dalam cetakan tersebut. Kukus selama 20 menit. Setelah matang potong sesuai selera dan celup ke dalam tepung pelapis dan lumuri dengan tepung panir. Goreng hingga berwarna keemasan. Terakhir taburi keju parut.

6. Lumpia

Resep cemilan sehat yang satu ini sudah tidak asing lagi. Lumpia banyak dikenal dimana-mana karena kelezatan rasanya. Untuk resep lumpia satu ini akan dibuat berbeda karena isiannya adalah buah. Lumpia ini lebih bertekstur basah dan tidak digoreng. Cara membuat lumpia isian buah tidak terlalu sulit. Sediakan kulit lumpia yang terbuat dari beras. Sediakan pula buah bermacam jenis yang tidak berair untuk isian.

Misalnya saja kiwi, apel, pisang atau yang lain. Potong buah seperti bentuk korek api. Tata rapi di atas kulit lumpia, lipat kedua sisi dan gulung. Resep cemilan sehat dan bergizi lumpia ini pun siap dinikmati. Agar lebih segar cocol dengan saus atau jus lemon yang telah dicampur dengan madu. Mudah dan praktis bukan. Bahan pembuatannya juga mudah didapatkan.

Itu lah beberapa resep cemilan sehat yang dapat dicoba di rumah saat pandemic bersama dengan keluarga. Untuk resep camilan lainnya masih banyak dan bisa didapatkan dari banyak sumber. Membuat camilan sehat sendiri di rumah sudah terbukti membawa banyak keuntungan. Hemat, cepat, sehat dan merekatkan ikatan kekeluargaan. Bagaimana? Siap untuk mengeksekusi resep di atas?.

Tinggalkan komentar