Rekomendasi Treatment dan Obat Asam Urat

By

Rekomendasi Treatment dan Obat Asam Urat. Penyakit radang sendi atau asam urat biasanya dapat menyakiti dan melumpuhkan satu sendi  (namun kadang-kadang bisa dua atau lebih sendi). Biasanya ini terjadi ketika kadar asam urat lebih tinggi dari normal, sehingga asam urat itu akan menumpuk di sekitar sendi dan membentuk kristal asam urat. Kristal-kristal inilah yang kemudian menyebabkan sendi menjadi bengkak dan meradang.

Padadasarnya tidak ada obat yang secara khusus untuk menghilangkan penyakit asam urat. Namun pengobatan sejenis treatment dan juga obat medis ini hanya diperlukan untuk meringankan dan menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Adapun jenis treatment dan obat-obatan medis yang biasa dipakai untuk meringankan atau menurunkan kadar asam urat yaitu sebagai berikut.

obat asam urat
obat asam urat

Jenis Treatment Yang Bisa Jadi Obat Asam Urat

Membatasi makanan yang kaya akan purin dan meningkatkan hidrasi tubuh

Orang yang menderita penyakit seperti asam urat tidak dianjurkan untuk menyantap makanan tinggi purin seperti seafood dan juga daging berlemak. Sebagai gantinya mereka harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C untuk obat asam urat.  Selain itu, mereka juga harus menghindari alkohol karena bisa meningkat gejala pada radang sendi.

Untuk bisa tetap sehat maka sangat penting bagi Anda untuk memperbanyak minum air. Dengan begitu, tubuh Anda akan tetap terhidrasi sehingga dapat melarutkan dan mencegah pembentukan kristal asam urat. Tubuh yang terhidrasi juga akan mendorong asam urat pada darah untuk dikeluarkan bersama dengan urine melalui ginjal.

Mencegah stres dalam hidup Anda

Mencegah stres adalah obat asam urat terbaik yang bisa Anda lakukan, karena memicu pikiran buruk hanya akan meningkatkan gejala serangan asam urat. Akan tetapi, sangat mustahil untuk sepenuhnya menghilangkan penyebab stres dalam hidup Anda. Jadi cara yang terbaik adalah mengurangi tingkat stres dengan fokus pada hal-hal yang menyenangkan.

Teknik manajemen stres yang ampuh untuk mencegah asam urat yakni dengan relaksasi.   Teknik ini bisa dilakukan dengan yoga atau menggunakan wewangian khusus untuk menenangkan pikiran. Beberapa wewangian seperti essential oil mungkin bisa membantu  untuk merilekskan pikiran Anda sehingga tidak terlalu stres yang dapat memicu gejala asam urat.

Sering berolahraga

Tetap bugar secara fisik adalah obat asam urat yang baik dan merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Ini adalah cara yang baik untuk mencegah serangan asam urat di masa depan. Beberapa manfaat yang bisa diambil dari olahraga yakni dapat menurunkan badan. Berat badan yang berlebih bisa menyebabkan obesitas yang merupakan faktor risiko gejala asam urat.

Manfaat lain dari olahraga yakni dapat membantu mengelola stres secara efektif. Dengan demikian Anda bisa fokus pada hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Namun jika Anda saat ini mengalami gejala asam urat,  maka hindari untuk melakukan olahraga sementara waktu, dan pastikan Anda melakukan hal lain yang lebih aktif namun tidak memberatkan.

Mencoba obat herbal dan makanan sehat

Ada banyak sekali tanaman herbal yang bisa dijadikan obat asam urat alami. Anda bisa mengkonsumsinya untuk mencegah timbulnya radang. Beberapa contoh obat yang bisa mencegah asam urat ini yaitu: jahe, teh rosela,  dan jus ceri. Selain itu, beberapa makanan yang mengandung magnesium tinggi seperti brokoli dan wortel juga dapat digunakan untuk mencegah asam urat.

Istirahat dan tidur yang cukup

Istirahatyangcukupadalahbagiandaritreatment asam urat yangberkaitandenganmanajemenstres.TidurcukupselamadelapanjamsetiapmalamdapatmembantumengelolastresdanmenjagaAndauntuktetapmerasabaiksecarakeseluruhan.Istirahatyangcukupjugadapatmeringankangejalaasamuratyangsangatmenyakitkan,karenabisamengistirahatkansendiselamaperadangan.

Jenis Obat-Obatan Medis Untuk Penyakit Asam Urat

Allopurinol

Allopurinol adalah obat asam urat yang tersedia dalam kemasan tablet (biasanya dalam ukuran 100 mg dan 300 mg). Obat ini bisa mencegah sakit asam urat dengan cara menghambat zat xanthine oxidase yang berperan dalam peningkatan kadar asam urat di dalam darah.

Beberapa merek dagangnya antara lain ada: Sinoric, Zyloric, Ponuric, dan Puricemia. Obat ini selain bisa menyembuhkan asam urat juga bisa mengatasi masalah penyakit lain seperti batu ginjal atau gangguan ginjal. Namun meskipun disinyalir dapat mencegah asam urat,  tapi allopurinol tidak cukup kuat untuk mengatasi sakit asam urat yang kambuh.

Febuxostat

Pada tahun 2018, Badan POM Indonesia telah menyetujui penggunaan febuxostat untuk obat asam urat. Produk febuxostat tablet 80 mg ini tersedia dengan merek dagang Feburic. Kemanjurannya telah terbukti pada pasien asam urat dan gangguan ginjal (ringan dan sedang). Namun, pemakaian obat ini juga cenderung menyebabkan kelainan pada fungsi hati.

Mirip dengan allopurinol, febuxostat juga bekerja sebagai xanthine oxidase inhibitor sehingga dapat mencegah peningkatan asam urat. Penggunaan febuxostat jarangdikaitkandenganefeksampinglainsepertipenekanansumsumtulangdanhepatotoksisitas. Maka dari itu,  jenis obat ini biasanya diresepkan untuk orang yang lebih dewasa dengan riwayat asam urat yang cukup lama.

Pegloticase

Pegloticase adalah suatu enzim yang bisa mengubah kristal asam urat menjadi lebih larut sehingga bisa diekskresikan dalam urin. Penggunaan obat asam urat ini tidak sembarangan, dan hanya dianjurkan ketika pasien asam urat gagal dalam pengobatan konvensional.

Obat pegloticase ini juga hanya bisa diberikan oleh dokter dan tidak dijual di apotek. Adapun cara pengobatannya melalui infus intravena (memberikan cairan infus ke pembuluh darah vena) dan ini dilakukan setiap dua minggu sekali. Pasien yang bisa menerima obat ini juga tidak sembarangan dan harus dipantau lebih dulu untuk melihat apakah memiliki alergi terhadap kandungan steroid dan anti histamin yang ada pada obat.

Probenecid

Probenecid biasanya diresepkan kepada pasien untuk membersihkan kelebihan asam urat lewat ginjal untuk dibuang bersama urin.  Secara umum penggunaan obat asam urat ini harus dibatasi untuk pasien di bawah umur 60 tahun yang masih memiliki fungsi ginjal sehat, karena penggunaan obat ini dapat memicu pembentukan batu ginjal.

Untuk dosis awal biasanya pasien akan diberikan tablet 500-1000 mg setiap hari dan selanjutnya meningkat antara 1500-2000 mg atau sesuai kebutuhan. Penggunaan obat ini harus sesuai resep dokter dan tidak boleh sembarangan. Ini juga tidak dianjurkan untuk penderita nefropati urat dan batu ginjal (baik akibat pembentukan kalsium atau asam urat).

Colchicine

Colchicine adalah obat asam urat yang bisa mencegah sekaligus meredakan nyeri sendi yang datang secara tiba-tiba. Obat ini bekerja  dengan cara mengurangi sel darah putih yang bergerak ke area radang atau sendi yang membengkak, sehingga akan mengurangi rasa sakit. Perlu diingat bahwa obat ini fungsinya hanya meredakan (bukan mengobati), jadi tidak dianjurkanuntuk dipakai secara terus menerus setiapkali asam uratnya kambuh.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Obat ini tersedia dalam beberapa merek dagang seperti: Colcitine, Ar-gout, L-Cisin, dan Recolfar. Untuk metode penggunaannya ada dua cara yakni diminum dalam dosis kecil jangka panjang (untuk mencegah kambuhnya asam urat) dan diminum dengan dosis besar dalam satu waktu (untuk meredakan radang).

Itulah sedikit ulasan tentang treatment dan obat asam urat yang bisa membantu Anda untuk mencegah dan meredakan penyakit radang sendi ini. Anda bisa mengaplikasikannya mulai dari sekarang untuk berjaga-jaga atau mencatat refensinya manakala sakit ini kambuh.

Tinggalkan komentar