12 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Apotek dan Versi Alami Untuk Anak

12 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Apotek dan Versi Alami Untuk Anak- Ternyata dalam beberapa kondisi usia anak-anak masih rentan terjadi gangguan kesehatan pada gigi mereka. Kebiasaan mengkonsumsi makanan manis, kemudian tidak memperhitungkan kebersihan dan kesehatan gigi menjadi pencetus terjadinya gangguan di area gigi. Beberapa gangguan di gigi seperti keropos kemudian berlubang pun bisa diatasi menggunakan obat sakit gigi yang tersedia di apotek ataupun dalam versi herbalnya.

Pengolahan obat sakit gigi secara alami ataupun memakai bahan herbal sepertinya masih sering dipakai. Tujuannya untuk mengurangi efek samping dari konsumsi obat dengan bahan kimia. Sampai akhirnya Anda pun menentukan seperti apa pemilihan obat terbaik untuk mengatasi sakit gigi yang semuanya bisa disesuaikan dengan standar obat paling aman dan mudah didapatkan sampai saat ini.

obat sakit gigi apotek
obat sakit gigi apotek

Rekomendasi Obat Sakit Gigi di Apotek dan Versi Alaminya

Panadol Sirup

Khusus untuk daftar obat sakit gigi apotek yang sering dipilih untuk redakan sakit gigi pada anak adalah Panadol Sirup. Dari obat pereda nyeri sakit gigi ini memang sudah diformulasikan untuk kalangan anak-anak. Kemudian dari penggunaannya bisa diberikan pada usia 1 sampai 6 tahun, dengan kadar yang cukup baik dalam mengatasi rasa nyeri akibat sakit gigi.

Sedangkan untuk pemberian dosisnya disarankan untuk usia 2-3 tahun bisa sampai 1 sendok takaran dan usia 4-5 tahun mencapai 1.5 sendok takar 5ml. Dari sinilah Panadol Sirup dikenal secara luas dan menjadi salah satu obat populer untuk mengurangi rasa sakit untuk usia anak-anak.

Naprex

Beberapa kalangan orang tua mungkin sudah mengenal obat sakit gigi khusus anak bermerek Naprex. Dari penggunaannya bisa dikonsumsi pada anak-anak berusia 2-5 tahun. Kemudian efeknya bisa mengurangi rasa nyeri sakit gigi untuk usia 2 sampai 12 tahun. Untuk itu pemberian Naprex ini dianggap cocok dan akhirnya bisa dibeli secara langsung di apotek terdekat. Untuk dosis pemberiannya, untuk anak usia 2-5 tahun ini hanya 3-4 kali sehari dengan takaran 0.5 sendok takar 5ml.

Proris Sirup

Untuk mengatasi gangguan sakit gigi pada anak-anak cobalah gunakan Proris Sirup yang mana ditujukan untuk mengurangi rasa nyeri sekaligus peradangan pada sakit gigi anak-anak. Dari jenis obat sakit gigi apotek ini memiliki aktivitas analgesik, sehingga mampu menurunkan demam, sekaligus menjadi salah satu pertolongan pertama untuk anak-anak.

Penggunaan dosisnya sudah tertera di kemasan, sehingga dari mengkonsumsi obat khusus anak untuk meredakan sakit gigi ini sudah lebih aman dan mudah.

Cataflam Drops

Ketika terjadi peradangan akibat sakit gigi pada anak-anak cepat tangani menggunakan obat bermerk Cataflam Drops. Dari jenis obat pereda sakit gigi untuk anak ini memiliki kadar kalium diklofena yang mana masih tergolong obat kelas NSAID. Sedangkan dari jenis obatnya, Cataflam Drops juga dikenal sebagai obat anti inflamasi non steroid. Karena itulah dalam pemberiannya harus menggunakan resep dokter.

Asam Mefenamat

Ada beberapa klasifikasi dari pemberian obat untuk sakit gigi pada anak dari level ringan sampai cukup berat. Untuk itulah obat yang sering dianjurkan untuk meredakan nyeri dan inflamasi pada anak-anak ini bisa mengandalkan asam mefenamat yang mana bisa mengurangi rasa nyeri hingga peradangan pada sakit gigi. Untuk itu, keberadaan obat sakit gigi apotek ini bisa dibeli dengan memperhatikan aturan pakai beserta dosis pemberian.

Mengkonsumsi Larutan Air Garam

Tidak hanya mengenali bagaimana cara mengatasi dan mendapatkan pertolongan pertama pada kondisi sakit gigi untuk anak-anak. Tetapi cobalah pakai dari cara sederhana yakni mengkonsumsi larutan air garam. Metode ini sudah dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri akibat peradangan pada gigi. Sehingga untuk pertolongan pertama dirasa cukup efektif sebelum mendapatkan penanganan dari pihak dokter gigi.

Kompres Es Batu

Untuk bisa mengurangi efek peradangan tidak perlu langsung mengkonsumsi obat sakit gigi apotek. Sebab ada cara lebih efisien salah satunya kompress menggunakan es batu pada area luar gigi yang sakit. Cara satu ini berguna untuk mengurangi efek nyeri di sekitar area sakit gigi. Sehingga anak-anak mungkin bisa memakai metode satu ini karena dirasa lebih efektif agar rasa nyeri bisa diredam dengan dinginnya es batu.

Mengolah Bawang Merah

Kandungan anti bakteri di dalam bawang merah dipercaya bisa mengurangi efek nyeri dan bengkak akibat bakteri di gigi berlubang. Kondisi sakit gigi ini perlu mendapatkan perawatan cepat, salah satunya mengolah bawang merah kemudian ditempelkan langsung di bagian gusi ataupun gusi yang sakit. Butuh pendampingan dari orang tua dalam memanfaatkan bawang merah untuk mengatasi sakit gigi.

Memakai Bawang Putih

Jika anak-anak masih belum mau mengkonsumsi obat, tentu ada cara lain bisa dipakai salah satunya memanfaatkan bawang putih. Disamping memakai obat sakit gigi apotek, tentu cara satu ini dianggap lebih manjur dan mudah diterapkan. Cukup dengan mengolah bawang putih kemudian tempelkan pada area gigi yang sakit. Lakukan berulang kali sampai gigi tidak terasa sakit ataupun bisa dipakai untuk kondisi gigi yang cukup parah.

Memanfaatkan Bahan Rempah Jahe

Populernya bahan jahe dirasakan oleh banyak kalangan, sampai akhirnya ada sejumlah hal baru bisa dikembangkan dari jahe. Sebagai salah satu obat herbal untuk menghangatkan badan, sudah pasti rempah-rempah jahe ini dikenal mampu dipakai untuk mengurangi efek peradangan yang selama ini jadi salah satu penyebab kenapa anak-anak tidak nyaman dalam mengkonsumsi makanan.

Manfaatkan Minyak Cengkeh

Sudah dianggap populer di kalangan anak-anak untuk bisa memanfaatkan minyak cengkeh sebagai satu modal mengurangi rasa sakit ataupun nyeri akibat gigi berlubang. Pada usia anak-anak mungkin tidak menyadari seperti apa penggunaan dari minyak cengkeh. Akan tetapi khasiatnya dirasakan lebih efektif dibandingkan obat sakit gigi apotek. Namun cara menggunakannya cukup mudah yakni teteskan pada gulungan kapas kecil dan tempelkan pada gigi yang terasa sakit.

Simak juga artikel menarik lainnya disini.

Cuka Apel

Memanfaatkan cuka apel sebagai salah satu modal utama mengurangi efek sakit gigi pada anak-anak adalah cara terbaik dan efektif. Cuka apel ini memiliki sifat anti radang, sehingga cocok untuk mengatasi masalah gigi dan gusi bengkak. Untuk anak-anak bisa memanfaatkan larutan cuka apel sebanyak 1 sendok makan ke satu gelas air. Kemudian gunakan air tersebut sebagai obat kumur dan lakukan berulang untuk mengurangi efek nyeri.

Cuka apel bisa didapatkan di pasaran dengan harga terjangkau. Tidak heran bila bahan cuka apel ini masih sering dipakai untuk mengurangi efek nyeri pada sakit gigi anak-anak.

Banyaknya masalah pada gigi anak-anak seperti terjadinya karang gigi, kemudian dari sisi kebersihannya juga perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu, dari pemilihan obat sakit gigi ini kerap dipilih untuk mengatasi beberapa masalah pada gangguan gigi. Pemilihan salah satu jenis obat sakit gigi apotek akan jadi kunci utama bagi banyak orang tua dalam mencoba beberapa hal baru untuk mengatasi masalah yang sudah kerap dialami anak-anak.

 

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *