Rasakan Manfaat Sayur dan Buah-buahan 10 jenis ini untuk Menurunkan Hipertensi

Rasakan Manfaat Sayur dan Buah-buahan 10 jenis ini untuk Menurunkan Hipertensi– Tekanan darah tingggi atau Hipertensi dapat dialami oleh siapa saja dan bisa  menyebabkan komplikasi kesehatan yang lebih parah, seperti penyakit jantung, stroke, dan kematian. Dengan tidak segera di tangani berarti memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan darah tinggi atau Hipertensi merupakan suatu kondisi tekanan darah meningkat ke kadar yang tidak sehat. Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering mengintai sehingga membuat kecemasan.

Mencegah hipertensi dengan mengonsumsi sayur dan buah penurun tekanan darah, mengubah pola makan dan gaya hidup lebih sehat. Lalu, berolah raga agar tekanan darah tetap dalam kondisi stabil. Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering disebut sebagai silent killer sebab terkadang tidak menimbulkan gejala sehingga tak terobati untuk waktu yang lama dan menyebabkan kematian. Dengan demikian akan memperoleh manfaat sayur dan buah-buahan dengan merasakan tekanan darah terkontrol.

manfaat sayur dan buah-buahan
manfaat sayur dan buah-buahan

Manfaat Sayur Dan Buah-Buahan Untuk Menurunkan Hipertensi

Apabila menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi maka dokter akan memberikan obat-obatan anti hipertensi sebagai pengendali tekanan darah. Namun, dianjurkan juga untuk menerapkan pola makan sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan penurun darah tinggi. Perlu diingat bahwa asupan makanan berperan penting dalam pengendalian tekanan darah. Untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi pada umumnya dianjurkan untuk mengurangi asupan garam karena dapat menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat.

Pola makan yang dirubah serta mengonsumsi sayur dan buah-buahan penurun tekanan darah yang kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium akan berpengaruh pada kondisi tekanan darah. Rasakan manfaat sayur dan buah-buahan untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi berikut ini :

Bayam

Bayam merupakan sayur yang direkomendasikan untuk penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, karena memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium dalam bayam bisa membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Jika, asupan kalium yang dikonsumsi rendah akan meningkatkan resiko terkena hipertensi. Penuhi kebutuhan kalium dengan mengonsumsi bayam satu cup mengandung 167 mg kalium.

Kubis

Banyak yang menghindari mengonsumsi kubis karena belum tahu manfaat sayur dan buah-buahan ini. Kubis merupakan sayuran sumber kalium yang sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Satu cup kubis yang dikonsumsi akan menyediakan 4 % nilai harian kalium, sehingga bisa menangkal efek natrium dalam tubuh. Kemudian mengeluarkan kelebihan natrium melalui urine, lalu melemaskan dinding pembuluh darah. Dengan mengonsumsi kubis sebagai salah satu cara untuk menjaga tekanan darah dalam kisaran normal.

Selada

Sayuran selada hijau dan merah banyak mengandung kalium yang sangat diperlukan untuk menurunkan tekanan darah. Kalium dalam selada akan membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh dan melebarkan pembuluh darah. Mengonsumsi tiga camgkir selada akan menyediakan 5 % nilai harian kalium. Sayuran selada juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Bit

Dikenal sebagai buah, ternyata Bit merupakan umbi yang temasuk sayuran. Bit memiliki manfaat sayur dan buah-buahan untuk menurunkan tekanan darah tinggi sebab mengandung nitrit oksida. Kandungan nitrit oksida pada bit dapat membantu membuka pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Kelebihan dari bit adalah dapat menurunkan tekanan darah dalam waktu 24 jam. Bit dapat dikonsumsi dengan cara dijadikan jus atau ditambahkan pada tumisan.

Sawi

Termasuk sayuran hijau yang tinggi kalium, sehingga sawi bisa dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dalam satu cangkir sawi tersedia 4-5 % nilai harian akan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah, sehingga menjadi stabil. Dengan mengonsumsi sayur sawi berarti menjaga supaya tekanan darah tidak tinggi. Sawi juga menurunkan risiko penyakit jantung sekitar 15 %  secara signifikan.

Kale

Manfaat sayur dan buah=buahan untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat diperoleh juga dari sayuran hijau bernama kale. Kale merupakan sayuran hijau yang kaya nutrisi. Apabila mengonsumsi satu cup kale akan memperoleh kandungan 170 mg kalium dan menyediakan 3,6 % nilai harian nutrisi. Jika, penderita hipertensi meningkatkan asupan kalium dan diimbangi mengurangi konsumsi garam tambahan atau natrium, maka membantu menurunkan tekanan darah serta menghindarkan dari risiko penyakit kardiovaskular.

Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih dapat meningkatkan nitrit oksida tubuh sehingga membantu otot-otot halus untuk rileks serta melebarkan pembuluh darah. Sehingga berpengaruh pada penurunan tekanan darah. Konsumsi ekstrak bawang putih bisa mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi. Untuk mengonsumsi bawang putih bisa dengan menambahkan pada masakan dan juga menjadikan masakan lebih berasa.

Pisang

Buah pisang sebagai buah yang banyak dikonsumsi karena banyak dijual atau diperoleh dari hasil kebun sendiri. Jenis buah pisang yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah pisang Ambon. Mengapa pisang Ambon? Karena pisang Ambon hampir tidak mengandung natrium, tatapi banyak mengandung kalium serta vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Untuk vitamin E dan kalium bermanfaat menurunkan tekanan darah serta menjaga kecantikan.

Fungsi dari kalium yang terkandung dalam pisang Ambon untuk menyeimbangan kadar air di dalam tubuh dan membantu membawa oksigen ke otak, juga menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh. Selain itu, manfaat sayur dan buah-buahan pisang yang ada kandungan Hemiselulosa adalah untuk membantu proses pembuangan lemak dalam darah. Kemudian pisang juga mengandung potasium yang dapat membantu ginjal mengeluarkan lebih banyak sodium melalui urine, sehingga berefek akan menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Cara mengonsumsi bisa secara utuh, memanggang, atau mencampurkan dalam sereal.

Semangka

Nutrisi yang terkandung dalam buah semangka seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Semangka mengandung asam amino L-citrulline yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga bisa menurunkan tekanan darah.  Citrulline dalam semangka membantu tubuh memproduksi nitrit oksida, yaitu gas yang mengendurkan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas dalam arteri. Sehingga, berefek membantu aliran darah.

Penderita obesitas dan pre-hipertensi atau hipertensi ringan yang mengonsumsi ekstrak semangka menunjukkan penurunan tekanan darah di pergelangan kaki serta arteri brakialis (arteri utama di lengan atas).

Baca artikel lainnya disini .

Kiwi

Kiwi tergolong memiliki manfaat sayur dan buah-buahan untuk menurunkan hipertensi sebab banyak mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, asam folat, dan kalium. Dilansir dari Buku Health Secret of Kiwifruit (2010) oleh Pangkalan ide, bahwa kiwi direkomendasikan bagi penderita hipertensi untuk mencegah stroke dan serangan jantung. Kiwi mempunyai kandungan kalium yang hampir sama dengan pisang yang sudah terkenal sebagai sumber kalium.

Kalium berperan dalam mengatur denyut jantung supaya tetap normal, lalu menurunkan tekanan darah, serta me;ancarkan tekanan darah. Kiwi mengandung magnesium tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mengontrol ritme jantung. Ditambah lagi serat kiwi yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan juga kaya asam folat yang mampu menurunkan kadar homosistein, apabila kadarnya terlalu tinggi dalam darah bisa menyumbat pembuluh darah yang berakibat hipertensi dan penyakit jantung.

Rasakan manfaat sayur dan buah-buahan di atas untuk membantu menurunkan hipertensi tetapi bukan menggantikan obat hipertensi. Jadi, sayur dan buah-buahan tersebut dikonsumsi dengan pola hidup sehat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *