5 Cara Mudah Membuat Ramuan untuk Radang Usus Besar

Sumbersehat.com – Nenek moyang kita sebenarnya mewariskan banyak ramuan untuk radang usus besar. Hanya saja, terkada kita belum tahu tentang hal itu. Radang usus besar atau bisa disebut kolitis yang mengganggu kesehatan.

Gejala radang usus besar yang biasanya seperti nyeri perut, diare, keluar lendir dan darah pada tinja, demam, hingga kram usus. Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut secara bersamaan, jangan dibiarkan saja.

Pengobatan radang usus biasanya dengan menggunakan obat-obatan. Namun, beberapa bahan alami diketahui dapat membantu meredakannya. Berikut cara mudah membuat ramuan untuk radang usus besar secara alami!

Inilah Ramuan untuk Radang Usus Besar

Ada beberapa tanaman obat radang usus yang bisa anda gunakan untuk membantu pengobatan penyakit radang usus, meliputi:

Air rebusan beras

Ramuan untuk radang usus besar yang pertama dengan air rebusan besar. Satu cangkir beras dibersihkan terlebih dahulu dari kerikil, gabah dan kotoran lain. Setelah anda memastikan beras bersih, selanjutnya beras dibersihkan dengan menggunakan air kran yang bersih dan aman.

Hindari membersihkan beras berkali-kali karena kandungan nutrien dalam beras dapat hilang bersama air. Beras yang sudah bersih direbus dalam 6 gelas air bersih di atas api kecil. Jangan gunakan api besar karena beras mudah matang. Jika perlu, aduk sesekali campuran beras dan air tersebut agar beras tidak lengket.

Rebus beras hingga lunak dan pisahkan cairan dengan beras yang sudah matang. Air rebusan beras selanjutnya dikonsumsi dalam kondisi dingin maupun hangat. Jika terasa hambar, anda bisa menambahkan sedikit madu agar rasanya lebih enak, konsumsi secara rutin. Ramuan untuk radang usus besar ini cukup ampuh.

Baca juga : 6 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah dengan Mudah

Teh Chamomile

Chamomile dianggap sebagai tanaman obat radang usus, tapi masih jarang diketahui. Teh chamomile memiliki kandungan anti peradangan. Dilansir dari Molecular Medicine Report, bunga chamomile kering mengandung flavonoid dan terpenoid yang berkontribusi dalam pengobatan suatu penyakit.

Ramuan chamomile biasanya digunakan untuk mengatasi radang. Cara mengkonsumi teh chamomile sebagai ramuan untuk radang usus besar cukup mudah. Rebus beberapa ranting chamomile hingga mendidih.

Layaknya teh lain, chamomile juga bisa ditambahkan dengan pemanis. Namun, sebabagi pemilik radang usus besar yang tidak diperbolehkan konsumsi gula, maka madu menjadi pilihan yang tepat.

Mengobati radang usus dengan kunyit

Kunyit juga termasuk tanaman obat radang usus besar. Kunyit ini mempunyai sifat antiinflamasi, sehingga sangat tepat sebagai ramuan untuk radang usus besar. Jika anda rajin mengonsumsinya, maka tidak hanya radang usus saja yang bisa sembuh, melainkan juga beberapa keluhan kesehatan lainnya.

Cara mengobati radang usus dengan kunyit adalah dengan mengambil kunyit secukupnya. Lalu, haluskan dengan cara di parut. Setelah itu, tuangkan air mineral atau air matang secukupnya dan peras. Minum air perasan tersebut secara rutin sampai keluhan hilang.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Radang Usus Buntu, Tanpa Operasi!

Temu putih dan temu hitam

Rempah lainnya yang bisa dijadikan ramuan untuk radang usus besar adalah temu putih dan temu hitam. Ambil temu putih dan temu hitam dengan perbandingan 2:3. Kemudian, iris-iris kedua temu tersebut dan taruh pada panci. Tuangkan 3 gelas air, lalu rebus dengan api kecil sampai tersisa 1 gelas.

Minum air rebusan temu itu secara rutin sampai merasakan ada pengurangan keluhan radang usus besar. Ada baiknya, jika anda berkonsultasi kepada dokter yang menangani. Agar obat dokter dan ramuan herbal bisa saling melengkapi, sehingga kesembuhan bisa lebih cepat.

Kombinasi brokoli dan kembang kol

Jika mencari tanaman obat radang usus, anda bisa mengandalkan brokoli dan kembang kol. Saat kondisi radang usus besar, makanan berserat bisa meningkatkan keparahan. Sebaiknya, hindari mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Namun, ada beberapa sumber serat yang aman dikonsumsi diantaranya brokoli dan kembang kol. Pengolahan sayur kembang kol dan brokoli juga harus diperhatikan agar lembut saat dimakan. Bisa dimasak dengan cara direbus dan dikukus.

Makan sayur tersebut secara bertahap mulai dari porsi kecil dan lihat respon usus besar Anda. Ada baiknya Anda mengkonsultasikan pada dokter karena apabila salah jenis makanan dan cara pengolahannya dapat memperburuk radang tersebut.

Baca juga : 7 Cara Mengobati Sakit Lutut, Alami dan Cukup Ampuh!

Makanan yang perlu dihindari oleh radang usus

Makanan lain yang perlu dijaga yaitu dengan tidak mengkonsumsi makanan dengan gula olahan. Misalnya roti, cokelat, minuman kemasan, dan beralkohol. Anda bisa menggunakan madu sebagai pemanis alami yang aman digunakan pada saat kolitis.

Selain itu, ada hal yang wajib dijalankan selama mengalami radang usus besar. Anda sebaiknya mengatur stres dengan meditasi atau relasasi. Relaksasi lain yang bsia Anda coba yaitu dengan mengikuti yoga dengan instruktur profesional.

Cara membuat ramuan untuk radang usus besar di atas dapat dicoba siapa saja. Apabila Anda sedang mengalami sakit, minta tolong kepada keluarga agar membuatkan ramuan dari tanaman obat radang usus di atas.

Mencegah sakit radang usus besar jauh lebih baik daripada mengobati. Anda bisa menjalani gaya hidup sehat dengan mengkonsumi makanan sehat, berolahraga, dan istirahat cukup. Nantikan info kesehatan dan penyakit lainnya di Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *