7 Bahan Tradisional Yang dapat digunakan Sebagai Ramuan Penghilang Nyeri Pada Waktu Haid

7 Bahan Tradisional Yang dapat digunakan Sebagai Ramuan Penghilang Nyeri Pada Waktu Haid. Wanita memang memiliki segudang problema dalam kecantikan maupun perawatan pada tubuh. Dengan sangat unik ini wanita memiliki berbagai masalah yang kadang bagi sebagian dipandang terlalu berlebih oleh seorang laki-laki. Namun banyak laki-laki juga yang memaklumi tentang berbagai problema wanita, salah satunya adalah masalah datang bulan. Haid atau datang bulan memang merupakan rutinitas bulanan yang sudah biasa terjadi pada wanita dewasa.

Namun tak banyak yang tahu jika wanita yang sedang mengalami Haid ini memiliki kebiasaan yang bermacam-macam. Tidak hanya hormon estrogen yang meningkat namun banyak sekali problem yang dirasakan dari mulai badan terasa pegal atau capek, nyeri pada perut, hingga tingkat emosi yang naik turun. Ini semua setiap bulan yang dihadapi oleh wanita. Meskipun begitu banyak dari wanita yang tahu cara mengatasi masalah-masalah problem kewanitaan yang tiap bulan melanda sebagian besar dari Anda wanita dewasa. Diantaranya adalah mengatasi nyeri haid.

ramuan penghilang nyeri pada waktu haid
ramuan penghilang nyeri pada waktu haid

Bahan Tradisoanal Untuk Ramuan Penghilang Nyeri Pada Waktu Haid

Indonesia sebenarnya kaya akan bahan tradisional baik rempah-rempah maupun bahan herbal yang memiliki berjuta manfaat yang didapat. ini menandakan bahwa banyak bahan herbal yang tersedia disekitar kita tergantung Anda tahu manfaatnya apa hanya dianggap sebagai bahan yang biasa saja. Tak jarang bagi beberapa wanita memilih untuk menggunakan bahan-bahan herbal untuk membuat ramuan penghilang nyeri pada waktu haid ini karena selain mudahnya bahan didapat juga efek samping yang ditimbulkan juga sangat kecil. Simak beberapa bahan yang mampu meredakan nyeri pada saat datang bulan.

Teh Chamomile

Siapa yang tidak kenal dengan bunga Chamomile, bunga satu ini selain di buat ekstrak minyak esensial ternyata bunga chamomile yang sudah dikeringkan juga dapat dikonsumsi sebagai teh herbal. Sejak zaman dahalu chamomile sudah terkenal sebagai salah satu bahan herbal yang memiliki berjuta manfaat. Kandungan dalam bunga chamomile yang berupa flavonoid dan terpenoid ini yang memiliki zat yang dapat bermanfaat membantu melawan peradangan, demam, nyeri otot, gangguan pencernaan serta nyeri pada menstruasi.

Cara menggunakan teh herbal chamomile ini sangat mudah, Anda dapat mengambil beberapa bunga kering yang siap diseduh atau dikonsumsi dengan menggunakan air panas, diamkan kira kira hangat suam-suam kuku dan teh chamomile ini siap untuk dikonsumsi. Anda juga dapat menambahkan madu sebagai perasa manis alami dalam teh chamomile. Selain sebagai ramuan penghilang nyeri pada waktu haid, dengan mengkonsumsi teh chamomile ini Anda juga dapat memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih lelap karena kandungan dari chamomile juga dipercaya sebagai terapi bagi orang yang sering mengalami insomnia

Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu bahan atau bumbu masak yang digunakan setiap hari oleh sebagian besar para ibu rumah tangga. Rasanya yang khas membuat kayu manis ini menjadi salah satu jenis rempah-rempah yang cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat campuran minuman tradisional. Namun siapa sangka dibalik kekhasan rasa yang dihasilkan kayu manis ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa pada kesehatan hal ini salah satunya kayu manis memiliki manfaat untuk meredakan nyeri haid atau menstruasi.

Kandungan poifenol pada kayu manis merupakan antioksidan paling baik dari pada kandungan antioksidan yang ada di bawang putih. Antioksidan ini dapat mengatasi masalah peradangan dan dapat meminimalisir infeksi maupun peradangan dan mengendorkan otot yang tegang. Antioksidan ini yang menjadikan kayu manis dipercaya sebagai salah satu bahan herbal yang dapat digunakan untuk ramuan penghilang rasa nyeri pada waktu haid. Anda dapat mencampurkan kayu manis ini ke dalam masakan, minuman atau bahkan bubuk kayu mainis ini dapat dicampurkan pada out meal untuk sarapan pagi anda.

Kunyit Asam

Ramuan kunyit asam ini memang sudah terkenal dari sejak zaman dahulu sebagai salah satu ramuan herbal untuk penghilang rasa nyeri haid. Kandungan kunyit yang kaya akan manfaat dan perpaduan asam yang sangat segar menjadikan ramuan ini banyak yang menyukainya. Anda dapat membuat ramuan ini sendiri dirumah, dengan mengambil beberapa ruas kunyit dan asam jawa kemudian merebusnya campurkan gula jawa atau gula aren sebagai rasa manis. Kemudian seduh dengan menggunakan air, jika diras air sudah berubah warna kecoklatan tandanya ramuan ini sudah siap untuk dikonsumsi.

Namun dizaman seperti sekarang ini sudah bnayak produk yang menawarkan minuman dengan praktis dapat anda bawa jika anda tdak sempat membuatnya dirumah. Banyak produk kunyit asam yang dijual ditoko obat dengan tetap mengedepankan manfaatnya sebagai salah satu ramuan penghilang nyeri pada waktu haid, produk ini sangat cocok bagi anda dirasa sangat ribet membuat ramuan sendiri.

Jahe

Siapa yang tidak kenal degan berbagai manfaat pada tanaman jahe, jahe mengandung antioksidan fitronutrien yang memiliki manfaat sebagai pereda nyeri. Jahe sendiri merupakan bumbu salah satu masak yang sering digunakan untuk campuran bahan bahan masakan sebagai rempah rempah. Cara menggunakan jahe sebagai obat nyeri haid ini sangat mudah, Anda cukup mencampurkan beberapa ruas jahe kedalam masakan atau anda juga dapat membuat minuman dari jahe ini. Dengan mengambil beberapa ruas kemudian menyeduhnya dengan air panas, jahe selain sebagai obat nyeri juga mampu menghangatkan badan.

Ikan Salmon

Ikan salmon terkenal dengan kandungan kaya akan minyak paling baik yaitu omega-3 yang dipercaya selain sebagai sumber vitamin yang sangat bagus juga menurut beberapa penelitian minyak ini mampu juga sebagai salah satu ramuan penghilang nyeri pada waktu haid. Anda dapat mengkonsusmi ikan salom ini selama seminggu 2x atau sampai dengan 3x salmon juga baik untuk mencegah dan merawat kelembapan kulit. Cara menggunakan ikan salmon sebagai salah satu ramuan pereda nyeri sangat mudah, Anda dapat mengolahnya sebagai bahan lauk untuk konsumsi sehari hari.

Buah Nanas

Nanas merupakan buah yang sering kita temui dipasar atau diwarung. Buah ini juga sangat familiar dikalangan masyarakat Indonesia karena buah ini sangat mudah ditemui tak jarang banyak makanan yang menggunakan buah ini sebgaai campuran. Selain rasanya yang manis bercampur asam dan kandungan kaya kan vitamin C nanas juga ternyata dipercaya mampu sebagai obat atau buah meredakan nyeri haid pada wanita. Hal ini karena kandungan nanas yang kaya antioksidan memberikan manafaat mengatasi peradangan dan kram pada perut. Kandungan antioksidan nanas juga memiliki manfaat melemaskan otot yang tegang.

Simak artikel info kesehatan lainnya disini.

Sayuran Hijau

Sayuan hijau memang banyak manfaat bagi tubuh maupun kesehatan. Tak jarang banyak dipercaya jika sayuran hijau mengandung banyak kalsium seperti brokoli, bayam, seledri dan sebagainya. Menurut beberapa penilain jika kalsium yang terkandung dala sayuran hijau ini mampu mengurangi rasa nyeri pada saat haid. Anda dapat mengkonsusmsi sayuran hijau setiap hari selain sebagai teman dan sayur pada makanan sayuran hijau dapat digunakan sebagai ramuan penghilang nyeri pada waktu haid.

Beberapa bahan alami datas adalah bahan herbal yang mampu digunakan sebagai ramuan penghilang nyeri pada waktu haid. Selain memiliki rasa yang sangat familiar dilidah orang indonesia bahan diatas juga sering kita konsumsi sebagai bahan makanan sehari-hari. Tidak ingin mencoba bahan alami diatas untuk mengatasi nyeri haid anda? selain sehat yang anda miliki khasiat bahan diatas juga banyak untuk kesehatan. Selamat mencoba.

About Ibnu Khamill

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *