9 Ramuan Obat Jamur Kulit dari Bahan Alami yang Ampuh

By

9 Ramuan Obat Jamur Kulit dari Bahan Alami yang Ampuh – Pernahkah anda mengalami infeksi jamur yang menyerang kulit? Mengalami infeksi jamur kulit memang tidak berbahaya dan menyebabkan efek yang buruk bagi kesehatan. Tapi sayangnya, menderita infeksi jamur bisa memberikan efek ketidaknyamanan dan mengganggu yang dirasakan penderitanya. Belum lagi Jika anda memiliki banyak aktivitas sehingga beresiko terkena panas dan keringat. Tentu kondisi jamur akan semakin mengganggu bahkan bisa menyebabkan gatal.

Untuk itulah Anda harus segera mengobati keluhan infeksi jamur tersebut. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dulu seperti apa jenis infeksi jamur yang anda alami. Ada banyak jenis penyakit kulit akibat jamur yang biasa dialami. Kondisi tersebut seperti infeksi panu, kadas, kurap, serta beberapa infeksi lainnya. Gejala yang muncul pun beragam, misalnya kulit tampak mengelupas, pecah-pecah, berwarna putih atau kemerahan. Untuk mengurangi gejala dan mengobati penyakit jamur Anda bisa menggunakan obat alami seperti berikut.

Ramuan Obat Jamur Kulit dari Bahan Alami

Lidah Buaya

Tanaman yang sudah sering kita temukan di area rumah dan pekarangan ini juga sangatlah efektif untuk dijadikan ramuan obat jamur kulit. Khasiat lidah buaya sendiri adalah sebagai antiseptik dan memberikan manfaat untuk mengatasi jamur. Bagian yang bisa digunakan adalah jel lidah buaya yang akan memberikan sensasi dingin dan mengurangi peradangan. Selain itu, penggunaan lidah buaya juga bisa mengurangi rasa gatal yang muncul akibat jamur.

ramuan obat jamur kulit
ramuan obat jamur kulit

Cara membuat ramuan dari lidah buaya ini adalah dengan mengambil bagian dari tanaman tersebut. Oleskan bagian gel hingga 4 kali sehari ke bagian yang mengalami infeksi jamur di kulit. Selain itu Anda juga bisa mengoleskan potongan lidah buaya yang sudah dibersihkan getahnya. Ramuan obat ini bisa digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak dengan aman.

Minyak kelapa

Ramuan obat jamur kulit selanjutnya adalah terbuat dari minyak kelapa. Ramuan ini dipercaya mampu mengatasi gatal-gatal akibat infeksi jamur kurap. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa secara langsung pada permukaan kulit yang terkena infeksi. Minyak kelapa ini bisa mengatasi infeksi kulit dalam tingkatan ringan ataupun sedang. Untuk khasiat yang lebih optimal, pastikan jika infeksi yang ada alami diakibatkan oleh jamur.

Cuka apel

Bahan selanjutnya yang juga bisa dijadikan untuk ramuan infeksi jamur adalah terbuat dari cuka apel. Cairan yang berasal dari fermentasi ekstrak apel ini sudah terbukti ampuh dalam membunuh jamur candida. Selain itu, penderita infeksi jamur kurap juga bisa memanfaatkan cuka apel untuk pengobatan. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menggunakan kapas yang sudah ditetesi cuka apel. Oleskan kapas tersebut pada bagian yang mengalami jamur kurang lebih 3 kali sehari secara rutin.

Kunyit

Kunyit adalah salah satu tanaman tempah yang sudah efektif untuk dijadikan pengobatan herbal sejak zaman dahulu. Tanaman ini memiliki tampilan daging berwarna orange yang mengandung zat antimikroba. Zat tersebut efektif dalam membunuh kuman termasuk jamur yang menyerang kesehatan kulit. Selain itu, kunyit juga efektif untuk dijadikan antiradang dan antibakteri dalam pengobatan. Manfaat ramuan obat jamur kulit kunyit tersebut didapatkan lantaran adanya kandungan kurkumin yang cukup tinggi di dalamnya.

Untuk pengobatan infeksi jamur, caranya adalah dengan menumbuk kunyit yang sudah dibersihkan sampai halus. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan sedikit air pada tumbuhan kunyit hingga memiliki bentuk seperti pasta. Oleskan pada bagian kulit yang mengalami jamur dan tunggu hingga mengering. Dan terakhir, Anda bisa membilasnya sampai bersih dan ulangi secara rutin hingga jamur menghilang. Selain dijadikan obat, kunyit juga bisa dijadikan ramuan jamu untuk mendapatkan khasiat dari dalam.

Tea tree oil atau minyak pohon teh

Ramuan obat jamur kulit minyak esensial yang satu ini memiliki kandungan antiseptik yang sangat tinggi dan efektif dalam penyembuhan luka. Selain itu khasiatnya juga efektif untuk mengatasi penyakit akibat kuman, bakteri ataupun jamur pada kulit. Cara pengaplikasiannya pada kulit juga sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri di rumah. Anda bisa mengkombinasikan minyak pohon teh ini dengan minyak lavender ataupun minyak oregano.

Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menyiapkan minyak pohon teh, minyak lavender, minyak kelapa dan juga minyak oregano. Yang pertama adalah mencampurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok teh minyak kelapa, serta 5 tetes minyak lavender. Untuk ramuan kedua, Anda bisa menambahkan bahan minyak oregano. Untuk kedua ramuan tersebut cara pengaplikasiannya yaitu mengoleskan secara langsung pada bagian yang terinfeksi jamur.

Minyak oregano

Minyak oregano mengandung banyak senyawa yang efektif untuk mengatasi infeksi jamur. Senyawa tersebut diantaranya adalah thymol dan carvacrol yang bekerja sebagai anti jamur. Cara pengaplikasian minyak Uraikan ini sama seperti bahan-bahan yang sudah dijelaskan pada ramuan di atas. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak oregano secara langsung pada kulit di area yang terinfeksi. Atau Anda juga bisa mengoleskan ramuan obat jamur kulit pada kapas terlebih dahulu.

Bawang Putih

Bahan ramuan selanjutnya adalah bawang putih yang sering dijadikan bumbu dapur. Kegunaan bawang putih memang sudah dikenal sejak zaman dulu sebagai pengobatan kulit. Misalnya saja dalam mengatasi jamur dan bakteri seperti cyptococcus, candida dan torulopsis. Selain itu bawang putih juga dipercaya mampu mengatasi jamur yang menyebabkan terjadinya kurap. Cara pengaplikasiannya sangat sederhana dan mudah.

Yakni hanya dengan menumbuk bawang putih dan mencampurkannya dengan beberapa tetes minyak kelapa. Selanjutnya anda perlu mengoleskan kedua campuran tersebut pada kulit. Anda bisa melakukan pengobatan ramuan obat jamur kulit ini secara rutin hingga dua kali sehari. Namun jika kulit menjadi tampak kemerahan, terasa nyeri dan bengkak. sebaiknya hentikan penggunaannya.

Yogurt

Bahan fermentasi dari produk susu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit. Yoghurt mengandung banyak protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6, dan juga vitamin B12 yang menyehatkan kulit. Selain itu, yoghurt juga mengandung kandungan prebiotik yang dapat menghambat pertumbuhan jamur. Anda hanya perlu mengoleskan yoghurt tawar selama 30 menit pada kulit dan bersihkan menggunakan air hangat. Agar lebih efektif, kombinasikan dengan mengonsumsi yoghurt sebagai pengobatan dari dalam.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid dan asam sitrat yang dapat dijadikan sebagai antioksidan pada kulit. Ditambah lagi dengan adanya kandungan vitamin C sebagai antibakteri dan antijamur. Sehingga bagi Anda yang memiliki penyakit infeksi kulit akibat jamur, anda bisa mengoleskan perasan air jeruk nipis pada kulit yang terinfeksi. Ulangi  pengguaan ramuan obat jamur kulit rutin setiap hari sampai  jamur perlahan menghilang dan tidak tampak kembali.

Itulah tadi beberapa ramuan obat jamur kulit yang bisa anda buat sendiri dirumah. Disamping pengobatan menggunakan herbal, anda juga harus mencegah infeksi jamur agar tidak kembali muncul. Misalnya saja dengan memastikan kebersihan dan kondisi permukaan kulit tetap dalam keadaan kering. Karena jamur bisa dengan mudah berkembang biak pada area yang lembab termasuk kulit.

Tinggalkan komentar