8 Ramuan Batuk Sederhana yang Bisa Anda Buat di Rumah

By

8 Ramuan Batuk Sederhana yang Bisa Anda Buat di Rumah – Batuk adalah respon alami tubuh untuk membersihkan jalan nafas dari adanya sumbatan seperti dahak atau benda asing penyebab iritasi. Batuk ini pun biasa dialami dalam gejala ringan hingga batuk yang serius. Pada beberapa orang, gejala batuk cenderung bisa sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang baik. Namun tentu saja hal ini bisa membuat kondisi tubuh menjadi tidak nyaman dan mengganggu aktifitas.

Itulah sebabnya banyak orang lantas mengonsumsi obat batuk dari apotek. Padahal anda juga bisa membuat obat batuk sederhana sendiri dari ramuan bahan bahan alami. Penggunaannya dianggap lebih ramah kesehatan dibandingkan obat-obatan kimia. Namun terkadang efektivitas obat alami bisa dirasakan oleh beberapa orang. Hal ini disesuaikan dengan kondisi tubuh dan batuk yang dialami. Nah, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa anda jadikan ramuan untuk mengobati batuk.

Ramuan batuk sederhana
Ramuan batuk sederhana

Ramuan Batuk Sederhana dari Bahan Alami

Ramuan Madu, Teh dan Lemon

Ramuan batuk sederhana yang pertama adalah terbuat dari bahan madu dan lemon. Madu mengandung zat anti radang sebagai antibiotik alami yang efektif untuk meredakan peradangan yang dialami akibat gejala batuk. Selain peradangan madu juga efektif untuk mengatasi batuk berdahak yang mengganggu tenggorokan. Ketahui juga bahwa bahan madu ini memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah terjadinya infeksi bakteri sebagai penyebab munculnya batuk berdahak.

Manfaat ini tentunya akan sangat efektif dalam mengatasi batuk yang dialami penderitanya. Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencampurkan madu sebanyak 2 sendok teh pada satu gelas teh hangat. Untuk memaksimalkan mengoptimalkan khasiat dari ramuan ini anda bisa mencampurnya dengan irisan lemon. Konsumsi minuman ini secara rutin satu hingga dua kali dalam sehari, namun tak menambahkan bahan pemanis atau gula.

Thyme

Ramuan batuk sederhana selanjutnya adalah terbuat dari bahan thyme yang berasal dari Mesir. Tanaman yang satu ini cukup terkenal sebagai ramuan untuk mengatasi batuk sejak zaman dahulu. Tanaman ini memiliki bentuk oval dengan daun yang kecil dan memiliki tangkai cukup keras, serta memiliki aroma harum yang khas. Manfaat thyme ini ternyata tidak hanya efektif untuk mengatasi batuk saja. Tetapi juga gangguan lain seperti masalah pencernaan, sakit tenggorokan, dan juga bronkitis.

Kandungan bahan herbal ini sudah banyak digunakan sebagai kandungan untuk pembuatan sirup obat batuk. Namun anda juga bisa membuat sendiri dari bahannya secara langsung. Cara membuatnya adalah dengan mengambil dua sendok teh thyme kering. Masukkan bahan ini dalam satu cangkir air panas untuk diseduh. Setelah itu sebaiknya saring air seduhan dan tunggu hingga 10 menit sebelum anda meminumnya.

Peppermint

Daun peppermint ternyata juga efektif dalam memberikan khasiat untuk menyembuhkan penyakit batuk. Hal ini dikarenakan adanya mentol di dalam kandungan peppermint, sehingga bisa menenangkan tenggorokan. Selain itu, mentol juga efektif mengobati karena fungsinya sebagai dekongestan dan mampu memecah lendir dan dahak yang ada pada tenggorokan. Cara konsumsi ramuan batuk sederhana yakni dengan menambahkan 3 atau 4 tetes minyak peppermint ke dalam 150 cc air panas.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan air panas ini untuk diambil uapnya atau dijadikan aroma terapi. Selain itu, Anda juga bisa menghirup uap air panas dan tetesan pappermint ini secara langsung. Dekatkan kepala anda pada air rendaman dan tarik nafas sedalam-dalamnya. Tujuannya adalah supaya aroma dari peppermint bisa melegakan tenggorokan dan mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul akibat batuk.

Kencur

Bahan rempah kencur sudah terkenal khasiatnya sejak zaman dulu untuk dijadikan sebagai obat herbal. Lantaran di dalamnya terkandung zat saponin, flavonoid, minyak atsiri dan polifenol yang tinggi. Senyawa tersebut efektif dalam melawan bakteri penyebab peradangan dan batuk pada tenggorokan. Bahkan saat ini, penggunaan kencur juga sering ditambahkan sebagai penambah rasa dan aroma pada masakan. Nah, untuk mendapatkan khasiat kencur sebagai ramuan batuk sederhana batuk, anda bisa meminum sari kencur tersebut.

Jahe

Khasiat bahan rempah memang sudah tidak diragukan lagi dalam menjadi alternatif pengobatan dari bahan alami. Manfaat jahe ini efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan, batuk, mual, serta beberapa gejala flu lain. Cara mengkonsumsi ramuan jahe ini adalah dengan mengiris jahe menjadi potongan kecil atau dengan digeprek. Selanjutnya anda bisa menyeduh menggunakan air panas. Tunggu hingga ramuan menjadi hangat dan sebaiknya konsumsi sebelum dingin.

Bawang

Penggunaan bawang merah sebagai ramuan batuk sederhana biasanya digunakan oleh para orang tua untuk mengobati bayi dan anak mereka. Manfaat bawang merah ini efektif dalam mengurangi batuk melalui efek uap yang dihasilkan dari irisan bawang. Cara pengobatan bawang merah dengan cara tradisional ini bahkan sudah cukup terkenal diaplikasikan di negara Prancis dan Spanyol. Cara pengaplikasian ramuan ini sangatlah mudah dan sederhana.

Cukup iris bawang merah menjadi beberapa bagian dan letakkan di bawah dan samping bantal tempat tidur anda. Tujuannya adalah supaya uap bawang tersebut bisa dengan mudah anda hirup ketika tidur. Selain bawang merah, ternyata bawang putih juga efektif mengobati batuk dengan cara mempercepat pemulihan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan allicin yang mampu membunuh bakteri penyebab batuk. Selain itu, kandungan allicin ini juga mampu mengurangi produksi lendir dan dahak berlebih pada tenggorokan.

Ramuan Nanas

Cara membuat ramuan batuk sederhana selanjutnya adalah dari bahan nanas. Khasiat ini bahkan telah dibuktikan melalui penelitian para ahli, lantaran di dalam buah ini mengandung senyawa bromelin. Senyawa inilah yang memiliki fungsi dalam meredakan gejala batuk, serta memecah lendir dan dahak yang ada di saluran nafas. Khasiat ini bisa anda dapatkan hanya dengan mengonsumsi nanas secara rutin selama masa penyembuhan. Atau Aanda juga bisa membuat ramuan nanas dalam bentuk jus segar 3 kali setiap hari.

Daun Kemangi

Sebagai media pengobatan herbal untuk gejala batuk, tentunya daun kemangi aman untuk anda konsumsi. Di dalam daun kemangi sendiri terkandung senyawa minyak atsiri yang berfungsi sebagai anti bakteri dalam melindungi tubuh dari penyakit.  Bahkan pengobatan menggunakan daun kemangi ini dipercaya mampu mengatasi batuk dalam waktu yang lebih cepat. Cara konsumsinya adalah dengan membuat ramuan kemangi menjadi jus ataupun merebusnya.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Selain bahan-bahan alami tersebut, masih ada banyak bahan lain yang bisa dijadikan ramuan batuk sederhana. Misalnya saja seperti keladi tikus dan cuka apel yang memiliki senyawa untuk mengatasi penyebab batuk. Namun cara sederhana yang paling utama untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan mengonsumsi lebih banyak air putih. Karena air putih mampu menenangkan dan melembabkan tenggorokan pada penderita batuk.

Tentu saja cara ini bisa mengurangi iritasi yang diakibatkan karena sering mengeluarkan lendir. Namun perlu anda ketahui bahwa ramuan batuk sederhana ini memberikan hasil yang berbeda pada setiap orang. Sehingga ketika anda telah mencobanya dan batuk tidak mereda, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Ketahuilah bahwa beberapa jenis batuk bisa menjadi indikasi adanya penyakit serius yang dialami. Maka dari itu, segeralah periksa diri ke dokter sebelum kondisi batuk menjadi lebih parah.

 

 

 

Tinggalkan komentar