6 Ramuan Alami untuk Kista Ovarium yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Sumbersehat.com – Ramuan alami untuk kista ovarium banyak dicari. kista ovarium berbentuk kantong yang berisi cairan yang terbentuk selama proses ovulasi. Ovulasi sendiri merupakan proses pematangan sel telur pada indung telur yang selanjutnya dibawa ke dalam saluran telur atau tuba falopi.

Walaupun kista ovarium masuk ke dalam golongan tumor jinak, tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. Gejala kista ovarium yang biasa dialami seperti kram pada bawah perut, siklus haid tidak teratur, nyeri saat menstruasi, dan sebagainya. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, jangan anggap remeh dan segera lakukan pengobatan kista ovarium. Berikut penjelasan tentang ramuan alami untuk kista ovarium, simak yuk!

ramuan alami untuk kista ovarium
ramuan kista

Penyebab Kista Ovarium

Sebelum membahas tentang ramuan herbal kista ovarium, kita bahas dulu penyebabnya. Sehingga, anda bisa mengantisipasi agar penyakit ini tidak anda alami. Penyebab kista ovarium diketahui karena keturunan, perubahan hormon, dan pola hidup yang buruk.

Kemudian, bagaimana cara mengatasi kista ovarium tersebut? Perkembangan teknologi saat ini membantu Anda dalam menemukan ramuan alami untuk kista ovarium yang dapat dibuat dengan cara sederhana di rumah.

Baca juga : 6 Cara Mengatasi Sakit Punggung Bagian Bawah dengan Mudah

Inilah Ramuan Alami untuk Kista Ovarium

Di bawah ini ada beberapa ramuan alami yang bisa anda gunakan untuk menghambat pertumbuhan dna melarutkan kista, diantaranya:

Mahkota Dewa dan Temu Mangga

Kombinasi mahkota dewa dan temu mangga dapat menjadi ramuan alami untuk kista ovarium. Caranya dengan campurkan daun mahkota dewa sebanyak 30 gram dengan buah mahkota dewa kering sebanyak 5 gram. Lalu, campurkan pula temu mangga sebanyak 50 gram.

Ketiga bahan tersebut direbus dengan 800 cc air sampai mendidih. Tunggu dingin terlebih dahulu dan selanjutnya bagi menjadi dua dengan volume masing-masing 400 cc. Minum rebusan mahkota dewa dengan temu mangga secara teratur.

Kunyit Putih dan Temu Putih

Untuk membuat ramuan alami untuk kista ovarium dengan kunyit putih dan temu putih, cukup mudah. Caranya, cuci kunyit putih kering sebanyak 10 gram sampai bersih. Lalu, siapkan 10 gram temu putih, pegagan, dan tapak liman kering serta cakar ayam segar sebanyak 30 gram.

Campuran tersebut direbus dengan 1 liter air matang sampai mendidih. Tunggu rebusan tersebut hingga dingin dan saring ke dalam wadah yang bersih. Anda bisa minum ramuan kunyit putih dengan temu putih tersebut menjadi 3 kali sehari.

Rumput Mutiara dan Buah Mahkota Dewa

Rumput mutiara termasuk ke dalam golongan tanaman perdu liar yang bisa dijumpai di mana saja. Walaupun tumbuh liar, tanaman mutiara memiliki zat aktif yang dapat membantu meredakan kista ovarium.

Anda bisa membuat ramuan alami untuk kista dengan cara merebus rumput mutiara segar sebanyak 30 gram dan 5 gram daging buah makota dewa yang sudah kering. Minum ramuan ini secara rutin dua kali dalam sehari.

Benalu pada Tanaman Teh

Tanaman teh biasanya ditumbuhi oleh benalu yang mengandung flavonoid dalam bentuk chachone, quercetin, dan turuan flavon. Dilansir dari Jornal of Ovarian research, quercetin sebagai anggota utama flavonoid berpengaruh dalam menurunkan diameter kista dan berat badan.

Bahkan, quercetin juga berpotensi dalam meringankan gangguan hormon dan metabolisme pada polycystic ovarian syndrome (PCOS). Cara membuat ramuan alami untuk kista ovarium benalu teh dengan merebusnya.

Rebus 60 gram benalu teh dengan 30 gram rumput mutiara dan air matang sebanyak 800 cc. Setelah mendidih, Anda hanya perlu menyaring dan dibagi menjadi 4 bagian. Minum air rebusan benalu teh dan rumput mutiara tersebut secara teratur.

Minyak Jarak

Ramuan alami untuk kista ovarium selanjutnya adalah minyak jarak. Minyak ini memiliki manfaat membersihkan racun dari dalam tubuh dan menyehatkan sistem peredaran darah. Kedua manfaat itu, mampu melarutkan kista ovarium secara bertahap. Jadi, minyak jarak sangat tepat untuk obat tradisional kista ovarium.

Caranya, siapkan minyak jarak dan handuk atau kain bersih. Lalu, anda teteskan minyak jarak ke kain dan lipatlah dalam beberapa lapis. Kemudian, letakkan di atas perut, usahakan menutupi semua bagian perut. Anda bisa melakukan pengobatan ramuan alami untuk kista ovarium ini, asalkan tidak setelah ovulasi dan sedang haid.

Baca juga : 5 Cara Mudah Membuat Ramuan untuk Radang Usus Besar

Buah bit

Buah bit dapat anda jadikan sebagai ramuan alami untuk kista ovarium. Warna merah dari buah bit mengandung senyawa betasianin. Kandungan itu bisa membantu organ hati melakukan tugas pembersihan racun dalam tubuh, termasuk kista.

Sifat asamnya pun memiliki manfaat mengecilkan dan melarutkan kista ovarium. Cara membuat ramuannya adalah dengan membuat jus buah bit segar. Lalu, konsumsi saat perut kosong di pagi hari secara rutin.

Jenis bahan-bahan tersebut yang digunakan dalam ramuan alami untuk kista ovarium bisa ditemukan dengan mudah di sekitar Anda. Sekarang, Anda sudah tahu cara meracik ramuan alami untuk kista ovarium mereda bahkan mengecil. Luangkan waktu sebentar untuk membuat ramuan tersebut.

Jika dalam beberapa hari nyeri dan sakit tetap terasa, segera periksakan ke dokter spesialis kandungan. Dan bila menginginkan informasi tentang berbagai penyakit dan kesehatan lain, simak terus Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *