Ramuan agar Kulit Mulus dan Sehat dari Bahan Alami

By

Ramuan agar Kulit Mulus dan Sehat dari Bahan Alami – Banyak orang beranggapan bahwa untuk memiliki kulit wajah yang halus dan mulus, haruslah menggunakan produk perawatan dari klinik kecantikan. Padahal anggapan ini tidak sepenuhnya benar, lantaran anda bisa cantik dengan penggunaan bahan-bahan alami. Ramuan tersebut bisa dibuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita. Nah, ingin tahu apa saja bahan yang bisa dijadikan untuk ramuan kecantikan? Ini dia bahan ramuannya!

Daftar Ramuan agar Kulit Mulus

Tepung beras

Sesuai namanya, tepung beras dibuat dari bahan beras yang ditumbuk halus hingga berbentuk butiran tepung. Sehingga tentu saja kandungannya sama seperti beras yang masih asli, yaitu mengandung zat protein, karbohidrat, vitamin C dan juga kalsium. Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, tentu sudah jelas jika tepung beras efektif dijadikan ramuan agar kulit mulus.

ramuan agar kulit mulus
ramuan agar kulit mulus

Efeknya wajah akan terlihat lebih halus dan mulus, serta terhindar dari berbagai masalah di kulit wajah. Misalnya saja seperti kulit berjerawat, komedo, bekas jerawat, kusam, kulit kering dan sebagainya. Tepung beras tersebut bisa anda jadikan sebagai ramuan kulit mulus dan halus dengan cara yang sangat mudah.

  • Ambil tepung beras secukupnya lalu larutkan dengan sedikit air sampai membentuk pasta.
  • Masukkan ke dalam lemari es atau freezer sebentar sekitar 1 atau 2 menit supaya sensasi dinginnya mampu mengecilkan pori-pori.
  • Keluarkan dari lemari es dan oleskan pada wajah hingga merata.
  • Diamkan kurang lebih 20 hingga 30 menit hingga tepung beras tanpa mengering dan hindari melakukan aktivitas saat menggunakan masker.
  • Jika ramuan agar kulit mulus yang anda oles telah mengering, Anda bisa membilasnya menggunakan air hangat sampai bersih.

Ramuan masker putih telur, madu, dan jeruk nipis

Dalam dunia kecantikan, bahan putih telur efektif untuk mengenyalkan dan mengencangkan kulit wajah. Di dalam bahan putih telur ini terkandung protein dan sumber mikronutrien yang mampu menutrisi kulit wajah. Sementara untuk kandungan jeruk nipisnya terdapat vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Khasiat dari nutrisi ini adalah untuk menjaga kesehatan kulit supaya terhindar dari masalah kulit wajah.

Misalkan saja menghindari permasalahan seperti jerawat, komedo, kulit kusam, minyak berlebih, kulit kering dan lain-lain. Dan yang terakhir adalah bahan madu yang memiliki fungsi melembabkan kulit wajah secara alami.  Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan antioksidan yang efektif untuk mengangkat kulit mati, sehingga kulit wajah tampak lebih halus dan mulus. Anda bisa membuat ramuan agar kulit mulus dari ketiga bahan ini dengan cara berikut.

  • Siapkan ke 3 bahan yaitu putih telur, madu dan air perasan jeruk nipis.
  • Campur ketiga bahan dengan perbandingan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, 2 sendok makan madu, serta putih telur.
  • Aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur.
  • Selanjutnya oleskan pada kulit wajah hingga merata, lalu diamkan terlebih dulu sekitar 30 menit.
  • Terakhir, anda hanya perlu membilasnya menggunakan air hangat hingga bersih supaya tidak lengket.

Ramuan masker lidah buaya

Tanaman lidah buaya mengandung senyawa yang mampu menghambat terbentuknya melanin pada kulit. Melanin adalah senyawa yang mampu menjadikan kulit wajah menjadi lebih gelap dan kusam, sehingga tampak kurang sehat. Inilah sebabnya mengapa banyak produk kecantikan yang memanfaatkan khasiat dari lidah buaya tersebut. Penggunaan gel lidah buaya secara rutin mampu menjadikan kulit tampak lebih halus dan mulus alami. Berikut ini cara yang bisa anda terapkan untuk membuat ramuan agar kulit mulus.

  • Ambil tanaman lidah buaya yang masih segar dan baru dipotong.
  • Buang getahnya hingga lidah buaya mengeluarkan tetesan air.
  • Setelah itu ambil gel lidah buaya yang berada di bagian tengah kulit.
  • Oleskan bahan tersebut pada kulit wajah hingga merata, serta hindari bagian mata dan bibir.
  • Diamkan masker tersebut kurang lebih selama 15 menit, lalu bilaslah menggunakan air bersih.

Ramuan mentimun

Bahan mentimun mengandung berbagai nutrisi penting yang mampu menyehatkan kulit wajah dan membuatnya tampak lebih mulus. Mekanisme kerja dari penggunaan buah mentimun adalah mampu menghalangi terjadinya pigmentasi kulit dan menjadikan kulit lebih cerah. Selain itu, menggunakan timun pada bagian kelopak mata bisa menjadikannya berbicara dan terhindar dari lingkar hitam. Untuk pembuatan ramuan agar kulit mulus dari timun ini sangatlah mudah dan bisa anda lakukan sendiri.

  • Kupas dan cuci bersih timun.
  • Parutlah timun secukupnya lalu aplikasikan ke seluruh wajah hingga merata.
  • Tunggu hingga 30 menit supaya nutrisi dalam timun terserap secara optimal pada kulit wajah.
  • Dan yang terakhir, cuci bersih kulit wajah.

Masker ramuan pisang dan yogurt

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah-buahan memang tidak diragukan lagi, termasuk pada buah pisang. Buah-buahan yang satu ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa dijadikan bahan alami untuk membuat wajah lebih mulus. Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan produk olahan susu yoghurt sebagai ramuan agar kulit mulus. Bahan ini mengandung senyawa kalsium yang cukup tinggi, sehingga bisa menjaga kelembaban kulit dan membuatnya tetap terhidrasi dengan baik. Ada juga kandungan zink yang efektif dalam mengatasi dan mencegah masalah pada kulit wajah.

Cara membuatnya :

  • Ambil satu buah pisang dan haluskan hingga menyerupai bubur.
  • Sediakan 2 sendok makan yoghurt.
  • Campurkan kedua bahan dan aduk hingga merata.
  • Jika sudah tercampur, oleskan merata pada kulit wajah anda.
  • Tunggu ramuan masker hingga kurang lebih 30 menit, lalu bilas memakai air hangat.

Ramuan masker pepaya dan minyak zaitun

Buah pepaya yang memiliki kandungan enzim papain yang cukup tinggi, serta vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Enzim papain ini berfungsi memperbaiki regenarasi sel kulit wajah. Sementara vitamin di dalam yang efektif untuk memberikan nutrisi melembabkan serta menjadikan kulit lebih halus dan mulus. Mungkin anda sering melihat penggunaan bahan pepaya sebagai produk kecantikan seperti sunscreen, sabun, krim maupun lotion wajah. Selain pepaya, anda juga bisa mengkombinasikan ramuan agar kulit mulus ini dengan bahan minyak zaitun.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Minyak zaitun sendiri mengandung zat linoleic acid yang mampu mencukupi kebutuhan air pada kulit wajah. Dengan menggunakan bahan ini kulit wajah anda akan senantiasa lembab, terhindar dari kering, dan tampak lebih mulus. Apalagi ditambah dengan kandungan polifenol-nya yang tinggi sebagai antioksidan, sehingga dapat dijadikan bahan untuk melindungi wajah dari kerusakan.

Cara pembuatan :

  • Ambil buah pepaya secukupnya lalu haluskan hingga lembut.
  • Ambil 2 sendok makan minyak zaitun dan campurkan pada pepaya yang sudah dihaluskan.
  • Oleskan ramuan agar kulit mulus pepaya dan minyak zaitun ini secara merata dan tunggu hingga 30 menit.
  • Setelah itu Anda bisa membilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Nah, anda sudah tahu bukan apa saja ramuan agar kulit mulus yang bisa anda buat sendiri di rumah? Hanya dengan bahan-bahan alami dan sederhana anda bisa mendapatkan kulit mukus yang sehat. Namun tentu saja Anda harus menerapkan penggunaan ramuan ini secara rutin sesuai kondisi kulit. Apalagi mengingat bahan yang digunakan adalah dari bahan alami, tentu saja membutuhkan waktu yang tidak instan. Maka dari itu, pakai rutin ramuan tersebut biar kulit wajah makin mulus dan tampil cantik.

Tinggalkan komentar