4 Cara Mengatasi Punggung Terasa Sakit Seperti Masuk Angin

By

Punggung terasa sakit seperti masuk angin sering dialami oleh banyak orang. Kejadian seperti itu biasanya dirasakan oleh orang yang gila kerja atau suka begadang. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai nyeri punggung terkait penyebab, gejala dan lainnya, langsung simak aja pembahasan berikut ini.

1. Penyebab Sakit Punggung

Punggung terasa sakit seperti masuk angin pasti ada alasannya, tak mungkin tiba – tiba kamu merasakan sakit begitu saja. Jadi, ini sangatlah penting untuk kamu mengetahui penyebabnya agar tidak mengulangi atau bisa menghindar dari hal – hal penyebab rasa sakit tersebut. Berikut adalah beberapa penyebabnya.

  • Posisi tubuh salah

Punggung terasa sakit bisa jadi karena posisi tubuhmu dalam keadaan yang salah. Maksudnya, jika posisi tubuhmu seharusnya tegak tapi kamu malah membungkuk atau terlalu ke arah sisi. Ini sering terjadi dan kamu tidak menyadarinya, malahan menjadi sebuah kebiasaan.

Contohnya adalah ketika tidur kita sering tidak sadar akan posisi tubuh kita apalagi saat tidur sering gonta – ganti posisi. Jadi, biasakan perbaiki posisi tidur seperti dengan menggunakan posisi terlentang.

  • Peregangan terlalu berlebihan

Hal lainnya yang menyebabkan kamu nyeri punggung adalah peregangan yang dilakukan terlalu berlebihan. Biasanya melakukan peregangan karena sedang pegal dan untuk mengatasi hal tersebut kamu meregangkan tubuhmu.

Salahnya, banyak orang berpikiran bahwa dengan meregangkan secara berlebihan maka rasa pegal itu bisa hilang. Padahal hal tersebut malah membuat rasa sakit pada area punggung.

  • Menerima angin berlebihan

Punggung terasa sakit seperti masuk angin juga diakibatkan oleh tubuhmu yang menerima banyak angin. Biasanya angina yang dimaksud adalah angin malam karena suhu pada malam hari juga sudah dingin. Biasa dirasakan oleh orang yang ngeronda atau motoran pada malam hari.

  • Terlalu lama dalam satu posisi

Faktor berikutnya sering dialami oleh pekerja kantoran dan anak sekolahan sekarang. Hal yang dimaksud adalah terlalu lama di dalam satu posisi. Misalnya terlalu lama duduk di depan laptop apalagi jika posisi duduknya tidak benar seperti terlalu membungkuk.

2. Gejala Sakit Punggung

Sama seperti penyakit – penyakit lainnya, kamu harus mengetahu gejala dari penyakit itu untuk menyatakan bahwa kamu benar  benar memang sedang sakit. Beberapa gejala yang menunjukkan rasa sakit punggung seperti masuk angin adalah :

  • Sakit pada bagian punggung
  • Sakitnya berhari hari
  • Kurang nyaman beraktivitas
  • Jika tidak diobati nyerinya makin terasa

Penyakit Terkait Sakit Punggung

Jika kamu merasakan sakit di area pugung, maka itu bisa jadi kamu juga memiliki penyakit lain. Tapi untuk meghentikan pemikiran kamu yang terlalu jauh menerka – nerka kira – kira penyakit apa yang menerpamu sebaiknya baca kemungkinannya di bawah ini :

  • Kamu hanya stress

Indikasi yang pertama jika punggung terasa sakit seperti masuk angin bisa saja kamu hanya stress. Memang biasanya jika stress akan membawa tubuhmu menjadi kurang nyaman karena beban pikiran yang sedang kamu pikul. Nyeri punggung juga salah satu contoh dampaknya.

  • Radang sendi

Jika kamu merasa sakit pada punggung, maka bukan bagian tulang saja yang patut kamu curigai, tapi curigai juga kinerja sendi di daerah punggung. Bisa saja sakit punggung ini menunjukkan bahwa sendi kamu ini sedang meradang dan perlu perawatan lebih lanjut.

  • Serangan jantung

Jika sakit punggung terjadi secara tiba – tiba bahkan tanpa alasan, mungkin kamu perlu waspada akan gejala serangan jantung. Tapi gejala ini diserta tanda lainnya seperti sesak, mual, mudah lelah dan sebagainya. Untuk keterangan lebih lanjut bisa hubungi dokter

  • Masuk angin

Kamu juga tak perlu khawatir jika punggung terasa sakit seperti masuk angin, bisa jadi itu memang hanya masuk angin. Jika benar adanya maka kamu hanya perlu meminum jahe atau dikerok hingga mengeluarkan anginnya dan punggungmu akan kembali normal.

  • Cidera otot

Nyeri punggung juga bisa menandakan bahwa otot dibagian punggungmu mengalami cidera. Apa yang biasa menyebabkan cidera otot ini terjadi? Biasanya karena kamu terlalu menggunakan otot secara berlebihan dengan mengangkat barang – barang yang terlalu berat.

  • Tumor tulang belakang

Penyakit lainnya yang perlu kamu waspadai adalah tumor tulang belakang. Biasanya rasa nyeri yang dialami akan bertahan sepanjang hari dan malam. Untuk keterangan lebih lanjut segeralah periksakan ke dokter

3. Mengobati Punggung Terasa Sakit Seperti Masuk Angin

Tadi telah dijelaskan beberapa gejala dan kisaran penyakit yang diakibatkan oleh nyeri punggung. Jika ingin sehat kembali, maka penyakit itu harus dihilangkan dengan cara mengobatinya. Jadi, simak beberapa cara mengobati nyeri punggung berikut ini.

  • Kompres

Cara pertama yaitu dengan mengompres bagian punggung yang sakit menggunakan alat kompres. Alat kompres dan bahan yang dibutuhkan biasanya berupa kain dan beberapa es batu. Kompres dilakukan secara teratur ketika punggung masih dirasa nyeri sampai agak mendingan.

  • Istirahat yang cukup

Semua penyakit rasanya akan mulai mereda jika dibarengi dengan istirahat yang cukup dan hal itu juga berlaku dalam mengobati punggung nyeri. Istirahatnya adalah dengan tidur lebih banyak dari biasanya dan di waktu awal, posisi tidur juga diperhatikan jangan sampai salah.

  • Minum obat

Semua cara pengobatan di atas biasanya akan berlangsung lama. Jika ingin cara cepat, maka kamu bisa mengkonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter. Biasanya selain minum obat, dokter juga akan menyarankan untuk mengknsumsi makanan yang bergizi.

  • Melakukan pemeriksaan secara rutin

Punggung terasa sakit seperti masuk angin dalam waktu yang lama bisa menandakan gejala penyakit lain. Jadi, jika kamu masih merasakan nyeri lakukanlah pemeriksaan lanjutan dan lakukan check up dengan rutin hingga kondisi anda menjadi lebih baik.

4. Mencegah Nyeri Punggung

Jika ingin memilih antara sakit atau sehat, maka penulis yakin semua orang akan menjawab ingin sehat. Jadi, alangkah baiknya jika kita bisa mencegah agar penyakit ini tidak datang. Berikut cara agar punggung terasa sakit seperti masuk angin tidak datang pada diri kita.

  • Jangan mandi malam hari

Jika punggung tidak mau nyeri, kamu hindari yang namanya mandi di malam hari. Jika memang tidak bisa, maka sebaiknya mandi dengan air hangat dan jangan lama – lama.

  • Lakukan peregangan di sela kegiatan

Ketika kamu mau tidak mau melakukan pekerjaan yang monoton seperti mengikuti kelas di depan laptop berjam – jam maka usahakan kamu meregangkan tubuh di sela – sela kegiatan tersebut. Tapi ingat, peregangannya biasa saja jangan berlebihan.

  • Usahakan menghindari udara dingin

Udara dingin juga berpengaruh terhadap nyeri punggung. Jadi usahakan menghindari udara dingin seperti angina malam. Meski tidak bisa, maka pakailah pakaian yang tebal seperti jaket.

  • Jangan mengangkat beban terlalu berat

Pekerjaan berat juga harus dilakukan oleh beberapa orang dan tidak bisa menolaknya. Jika itu terjadi maka usahakan mengangkat beban berat menggunakan bantuan alat atau bantuan orang lain jika dirasa punggungnya tidak kuat.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui jika punggung terasa sakit seperti masuk angin. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Jika kamu sedang merasakannya sekarang, maka semoga cepat sembuh dan semoga artikel di atas bisa membantu para pembaca semua.

Tinggalkan komentar