4 Penyebab Punggung Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Punggung bengkak bisa terjadi pada siapapun. Penyakit satu ini biasanya langsung bisa disadari karena adanya perubahan ukuran pada bagian pembengkakan tersebut. Kira – kira apa ya yang menyebabkan punggung menjadi bengkak? Yuk simak penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Pengertian

Punggung bengkak berarti adanya pembengkakan pada area punggung atau terjadi pembesaran area di bagian punggung. Penyebabnya bisa bermacam – macam bisa disadari atau bahkan tidak disadari. Info lebih lanjut mengenai penyebabnya bisa ke poin berikutnya.

Penyebab Punggung Bengkak

Pembengkakan pada punggung takkan ada tanpa sebab. Berikut adalah 4 penyebab punggung menjadi bengkak.

  • Jatuh, ketika kamu jatuh kamu bisa berpeluang mendapatkan luka, ada yang luka dalam atau luar atau bahkan keduanya. Nah, contoh luka luar yang kamu dapat adalah benjolan pada tubuhmu contohnya pembengkakan pada punggung
  • Cherry angioma, berupa pembengkakan kecil pada bagian punggung. Punggung bengkak ini biasanya lunak dan warnanya agak merah. Bisa disembuhkan dengan perawatan seperti laser. Namun, pada akhirnya akan meninggalkan bekas luka.
  • Keratosis pilaris, bentuknya kecil dan kasar. Untuk warnanya bisa kemerahan bisa juga berwarna putih. Uniknya, penyebab satu ini tidak mneimbulkan rasa gatal atau sakit pada are punggung. Bisa sembuh sendiri sebelum kamu mencapai usia 29 tahun.
  • Neurofibroma, tumbuh secara lambat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi, jika disentuh secara sengaja kamu akan merasa seperti disengat. Biasa disembuhkan dengan cara operasi.

1. Gejala

Gejala yang ditimbulkan ketika menderita pembengkakan di punggung ada beberapa, bahkan beberapa diantaranya sering menjadi gejala dari penyakit lain. Berikut adalah beberapa gejalanya.

  • Nyeri punggung, ketika muncul benjolan pada punggung maka biasanya akan timbul rasa nyeri pada area tersebut atau disekitarnya. Pada awalnya mungkin rasa nyerinya hanya sedikit tapi jika dibiarkan akan membesar.
  • Pegal, pembengkakan pada punggung juga akan membuat pegal si penderita. Rasa pegal akan dirasakan ketika area tersebut akan digerakkan membuat ruang geraknya menjadi terbatas.
  • Lesu, bisa juga menimbulkan rasa lesu yang pastinya masih berkaitan dengan gejala nyeri dan rasa pegal sebelumnya.
  • Terjadi perubahan volume pada bagian yang terkena penyakit. Biasanya akan terasa perbedannya saat disentuh.

2. Indikasi Penyakit

Ternyata ada beberapa kondisi dimana pembengkakan pada punggung ini merupakan indikasi bahwa si penderita memiliki penyakit lain. Kira – kira apa saja indikasi penyakit yang ditandai dengan punggung bengkak? Berikut 4 contohnya.

  • Lipoma. Lipoma ini berarti terdapat pembengkakan lemak yang ada di antara kulit juga lapisan otot. Biasa dirasakan oleh usia lanjut diatas 45 tahun. Lalu, sering terjadi pada lelaki dibandingkan wanita.

Gejala lainnya selain ada pembengkakan pada punggung yaitu pertumbuhan pembengkakan itu sangat lambat, benjolan tersebut jika ditekan lembek dan mudah digoyangkan.

  • Kista Aetorom. Kista ini terjadi ketika saluran minyak pada pembengkakan tersebut mengalami kerusakan. Bisa diatasi dengan injeksi, insisi dan penyedotan, laser juga penyedotan minor. Penyakit ini juga bisa disebabkan oleh kesalahan prosedur operasi, ada faktor genetic dan kerusakan pada kelenjar sebasea.
  • Skoliosis. Penyakit ini adalah kelianan tulang dimana posisi tulang punggung membentuk huruf C atau S. Tapi, biasanya kasus scoliosis yang ditemukan adalah kasus ringan dan biasanya menyerang anak – anak hingga remaja karena biasanya cara duduk mereka masih kurang tepat dan belum tau akibat dari kesalahan posisi duduk. Cara menanganinya dengan terapi secara teratur.
  • Tumor yang berasal dari otot. Penyakit yang dimaksud adalah rabdomioma. Biasanya menyerang pria karena oto lurik lelaki memiliki risiko yang lebih tinggi. Cara penangannya dengan terapi di rumah sakit dan teratur biasanya dengan waktu yang lama.

3. Cara Mengobati

  • Hindari mengangkat beban berat, untuk mengobatinya kamu jangan mengangkat berat karena jika pembengkakan dalam tubuhmu belum reda nantinya malah membuat ukuran benjolannya semakin membesar.
  • Posisi harus tegak saat mengangkat, jika kamu tidak bisa menghindar dari mengangkat beban maka kamu harus memastikan agar posisi mengangkatnya harus benar yaitu harus dalam keadaan tegak. Jika tidak tegak nantinya malah membuat punggung bengkak menjadi lebih parah.
  • Kompres, untuk meredakan nyeri yang ditimbulkan, kamu bisa mengkompresnya dengan air dingin atau air hangat. Caranya masukkan handuk ke air tersebut secara menyeluruh lalu letakkan di bagian punggung yang bengkak.
  • Konsumsi obat Pereda nyeri berupa paracetamol atau ibuprofen. Kamu bisa mendapatkannya secara langsung dengan membeli di apotek atau kunjungi dokter dan mendapatkan resep dokter.

4. Cara Mencegah

Punggung bengkak juga bisa dicegah loh. Cara pencegahannya pun sederhana tapi terkadang membuat orang – orang kesulitas. Berikut adalah 2 utama cara mencegah pembengkakan pada punggung atau bagian tubuh lainnya.

  • Hidup sehat, pastikan jika kamu tidak ingin mengalami pembengkakan maka terapkan hidup sehat. Hidup sehat itu berarti pola makan diperhatikan, waktu istirahat diperhatikan, olahraga juga harus teratur tapi jangan berlebihan juga.
  • Selau berhati – hati, cara pencegahan yang kedua adalah dengan selalu berhati – hati dalam melakukan kegiatan. Misalnya, jika sedang berjalan ya fokusnya harus ke jalan jangan meleng ke lainnya. Karena banyak benjolan pada punggung yang diakibatkan oleh kecelakaan.

5. Kapan Harus Waspada?

Mungkin jika punggung bengkak hanya dengan ukuran kecil maka kamu tidak terlalu khawatir. Tapia da beberapa kondisi dimana kamu perlu memeriksakannya ke dokter atau kamu harus lebih khawatir dalam pengobatannya. Berikut keadaan dimana kamu harus khawatir terhadap benjolan pada punggung.

  • Benjolan memburuk, jika kamu merasakan bahwa benjolan pada punggungmu memburuk maka kamu perlu lebih waspada. Apalagi jika kondisi tersebut terjadi bahkan ketika si penderita sudah meminum obat atau melakukan perawatan secara teratur.
  • Benjolan menjalar, lalu ciri selanjutnya adalah kondisi ketika benjolan itu semakin besar bahkan menjalar ke bagian lain. Tentu ini menandakan kondisi si penderita memburuk, cirinya adalah jumlah benjolan menjadi lebih banyak atau meluas.
  • Hilangnya kemampuan otot. Selanjutnya harus waspada ketika kemampuan ototmu mulai berkurang bahkan rasanya menjadi sangat lemas. Ciri – cirinya adalah ketika si penderita mengangkat atau melakukan sesuatu rasanya menjadi sangat berat dan tidak kuat.
  • Kelumpuhan, selanjutnya jika semua anggota gerakmu tidak melakukan fungsinya maka kamu mesti waspada. Biasanya terjadi kelumpuhan ringan tapi dalam kondisi lebih lanjut bisa menyebabkan kelumpuhan total dan harus dirawat di rumah sakit secara intensif.
  • Tidak peka akan rasa. Terakhir adalah jika si penderita tidak memiliki kepekaan akan rasa. Jadi, ketika makan rasanya hambar, lalu menyentuh sesuatu pun berasa tidak menyentuh apa – apa. Ketika seperti ini maka si penderita perlu di bawa ke rumah sakit.

Itulah beberapa masalah mengenai punggung bengkak. Ketika kamu mengalaminya jangan khawatir karena masih bisa diobati. Namun jika kamu belum mengalaminya maka usahakan untuk menjaga tubuhmu dengan hidup sehat sehingga tubuhmu tidak mengalaminya dan bahkan jauh dari penyakit lainnya juga.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara mengatasi sakit kepala sebelah

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat, Coba Yuk!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penggunaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *