Protokol Kesehatan Covid19, Pengertian dan 6 Panduannya!

By

sumbersehat.com – Awal tahun 2020 dunia digemparkan dengan penyebaran wabah Coronavirus disease 2019 atau Covid 19. Virus yang berasal dari kota Wuhan ini merebak seiring berjalannya waktu hingga meluas ke berbagai penjuru dunia tak termasuk Indonesia. Walau penanganan covid 19 di Indonesia terbilang lambat, pemerintah tetap menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan covid19.

Pandemi covid 19 di Indonesia sampai saat ini telah menginjak hampir 300 ribu kasus. Semakin hari grafik terus berjalan karena virus yang menular. Terlebih beberapa waktu lalu WHO mengumumkan jika covid 19 menyebar melalui udara. Membuat masyarakat menjadi panik Namun Anda dapat lebih aman ketika menerapkan protokol kesehatan covid19 saat beraktivitas . Berikut beberapa panduan untuk Anda, Yuk simak !!

protokol kesehatan covid19

Pengertian Protokol Kesehatan Covid 19

Supaya lebih mengetahui perkara protokol kesehatan dalam menghindari virus corona, simak pengertian protokol covid berikut ini :
Protokol kesehatan covid19 adalah aturan atau panduan yang harus diikuti agar terlindungi dari covid 19 ketika sedang beraktifitas. Aturan ini didasarkan pada standar keamanan yang benar merujuk pada data dan fakta dari wabah covid 19. Sesuai dengan ketetapan WHO maka pemerintah turut andil dalam menyebarluaskan informasi kepada warganya demi menekan pertumbuhan kasus covid 19.

Tujuan dibuatnya protokol covid19 sebagai upaya masyarakat untuk tetap dapat beraktivitas dengan aman walaupun dalam keadaan pandemi. Tentunya saat ingin melakukan protokol kesehatan harus berdasarkan aturan dan pedoman yang benar.
Panduan Protokol kesehatan Covid19. Jika beberapa daerah melakukan PSBB sebagai salah satu cara menekan angka penularan covid 19.

Cara lain juga bisa dilakukan masyarakat Indonesia untuk aman dari Covid 19. Yaitu dengan melakukan protokol kesehatan yang tepat sehingga Anda tak perlu khawatir saat beraktifitas diluar rumah jika mendesak. Menghadapi new normal atau pola hidup dengan kebiasaan baru yang harus masyarakat Indonesia ikuti.

Inilah Panduan Protokol Kesehatan Covid19

Bagi Anda yang mau menjalankan aktivitas di luar rumah ada sederet protocol kesehatan covid19 new normal yang harus dipatuhi sebelum keluar rumah diantaranya adalah :

Jangan Panik dan Tetap Waspada

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kondisi mental. Walaupun kita tahu menghadapi wabah bukanlah hal yang mudah dan tak jarang menguras pikiran dan tenaga akibat informasi yang simpang siur belum lagi fakta di lapangan yang selalu membuat ketakutan bagi masyarakat. Untuk itu bersikap tenang mau tak mau menjadi pilihan sebelum menerapkan protokol covid 19.

Pasalnya covid 19 akan mudah menyerang orang-orang yang memiliki imun tubuh lemah. Benteng pertahanan pertama yang bisa Anda bangun adalah diri Anda sendiri. Sebisa mungkin untuk tidak panik selama pandemi berlangsung dan perkuat diri Anda dengan pikiran yang tenang dan bahagia.

Namun jangan lupa juga untuk tetap waspada karena covid-19 bukanlah penyakit yang bisa kita lihat. Untuk itu tetap waspada atau berhati-hati kemanapun Anda pergi, terlebih saat bertemu dengan orang-orang disekitar. Karena bisa jadi mereka terinfeksi virus dan berkategori orang tanpa gejala (OTP) yang bisa saja sewaktu-waktu menularkan ke Anda. Hal ini yang membuat penerapan protokol kesehatan covid19 sangat penting bagi kita semua.

Menggunakan Masker Saat Keluar Rumah

Barang yang tak boleh dilupakan saat keluar dari rumah adalah Masker. Ya! Menggunakan masker menjadi wajib di tengah pandemi seperti sekarang. Anda bisa menggunakan berbagai jenis masker dipasaran, namun pemerintah menyarankan menggunakan masker kain. Selain masker kain ada masker bedah, masker N95 yang lebih efektif.

Namun, penggunaan masker scuba yang sedang booming belakangan dan juga masker buff tidak dianjurkan karena efektifitas dalam menangkal virus hanya sekitar 0- 5 % saja. Karena penggunaan masker sangat dianjurkan dalam protokol kesehatan covid19 untuk itu ada aturan yang perlu diperhatikan. Baca juga 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

Diantaranya menggunakan masker kain minimal 2 lapis dan sangat dianjurkan tiga lapisan. Boleh menggunakan kain apa saja yang nyaman dan aman seperti kain katun. Untuk penggunaan masker bedah Anda harus perhatikan jangan sampai terbalik dalam penggunaan. Pastikan mencuci masker yang dipakai, dan untuk masker bedah penganjuran hanya untuk sekali pakai.

Hindari Keramaian Dimanapun Anda Berada

Virus akan mudah menyebar di tempat-tempat orang berkerumun. Hal ini karena covid-19 tidak hanya menyebar melalui droplet atau air liur namun juga udara. Untuk itu penting mengawasi tempat Anda pergi. Sebisa mungkin hindari lah tempat-tempat keramaian karena kita tidak tahu siapa yang bisa saja membawa virus.

Namun jika sudah terpaksa berada di tempat keramaian Anda bisa menerapkan protokol kesehatan covid19 dengan menjaga jarak agar tidak bersentuhan langsung dengan orang-orang yang berada dalam satu tempat. Tidak hanya tempat tertutup hal ini juga berlaku di tempat terbuka.

Jaga Kebersihan dan Rajin Mencuci Tangan

Penting untuk menghentikan penyebaran virus terutama pada diri sendiri dengan menjaga kebersihan. Selain itu karena aktivitas kadang kita menyentuh berbagai tempat yang bisa saja telah terinfeksi virus untuk itu hindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan.

Covid 19 akan mudah menyebar melalui media mulut, mata ataupun hidung hal ini yang mengharuskan Anda memperhatikan tangan sebelum menyentuh area wajah. Cucilah tangan saat akan menyentuh wajah. Jika perlu Anda menerapkan protokol kesehatan covid19 dengan membawa hand sanitizer saat beraktivitas karena cairan ini cukup efektif dalam membunuh kuman.

Menjaga Jarak

Beberapa tempat seperti bank sengaja memberikan tanda silang pada beberapa kursinya hal ini agar masyarakat yang datang bisa menjaga jarak. Terlebih karena penularan bisa saja melalui air liur atau udara masyarakat diimbau melakukan jarak untuk menghindari penularan covid 19.

Setidaknya 1,5 meter adalah jarak yang bisa diterapkan saat bertemu dan melakukan kontak dengan orang lain. Tentunya jarak yang lebih jauh akan lebih dianjurkan saat menerapkan protokol covid 19 sebagai usaha menekan penularan virus melalui orang-orang terdekat.

Ruangan dengan Ventilasi Udara yang Baik Sangat dianjurkan

Beberapa waktu lalu sempat menghebohkan pernyataan dari WHO jika covid 19 bisa menular melalui sebaran partikel udara. Hal ini tentu banyak mengagetkan masyarakat pasalnya sebelum pernyataan tersebut covid 19 diketahui hanya menyebar melalui droplet. Untuk itu protokol kesehatan covid19 terbaru dibuat salah satunya adalah memperhatikan ventilasi udara saat beraktifitas di dalam ruangan.

Ruangan yang menggunakan ventilasi udara yang baik akan menghambat penyebaran covid 19. Untuk itu setiap tempat tertutup diharapkan memperhatikan ventilasi udara. Jangan membiarkan tempat tertutup tanpa udara dimasuki orang banyak karena ini memicu penularan yang bisa saja terjadi.

Ulasan di atas adalah sederet aturan yang dibuat untuk meminimalisir penularan covid 19 antar individu. Selain itu adalagi tata cara protokol kesehatan covid19 yang benar bagi petugas medis atau beberapa tempat keramaian yang dibuat oleh pemerintah. Melalui protokol kesehatan setidaknya menunjukkan cerminan kepedulian kita sebagai orang yang bertanggung jawab atas diri sendiri dan orang lain dalam hidup.

Tinggalkan komentar