Pilihan Program Menurunkan Berat Badan yang Cepat Hasilnya

By

Sumbersehat.com – Banyak program menurunkan berat badan yang bisa anda pilih untuk mempercepat mendapatkan tubuh langsing ideal. Ada program diet ekstrim dan ada pula diet sehat. Pemilihan program ini bisa anda lakukan berdasarkan kesehatan dan pola hidup anda. Jika diet ekstrim, pastikan anda memilih mentor yang tepat.

Pilih mentor yang bisa mengarahkan anda bagaimana menjalankan program diet yang tepat dan cara mengatasi kendala yang terjadi saat diet. Dan artikel ini akan membahas tentang 3 program diet yang sering dilakukan banyak orang dalam upaya menurunkan berat badan. Untuk info lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini!

program menurunkan berat badanInilah 3 Program Menurunkan Berat Badan

Berikut penjelasan tentang Intermettent fasting, diet ketogenic, dan dietketofastosis:

Intermittent fasting

Program menurunkan berat badan intermittent fasting merupakan program diet terpopuler yang digeluti saat ini. Selain bertujuan untuk menurunkan berat badan, dengan melakukan pola diet ini kita bisa meningkatkan kesehatan jantung serta mengurangi resiko penyakit kanker yang mematikan. Cara melakukan diet ini, ada tiga jadwal yang kalian bisa ikuti :

  • Selang-seling

Pelaku diet dengan metode ini melakukan puasa secara bergiliran atau selang-seling. Ketika hari puasa hanya disyaratkan makan sebanyak 25% dari kalori harian.

  • Sehari penuh

Pada metode ini, pelakunya diwajibkan makan 500 kalori pada dua hari dalam seminggu, sedangkan sisa 5 harinya pelaku diet tidak memiliki pembatasan makanan.

  • Pembatasan waktu

Bisanya pelaku diet yang menggunakan metode ini akan mengikuti aturan 16:8, yang artinya makan selama 8 jam dan sisanya puasa. Dan jika sudah terbiasa dengan pola ini, kalian bisa menambah jam puasa 24 jam puasa, yang bisa dilakukan 2 hari dalam seminggu. Dalam metode diet ini, ketika berpuasa kalian masih bisa mengkonsumsi air putih atau makan-makanan yang memiliki 0 kalori.

Diet ketogenic

Ada banyak kontroversi mengenai program diet ini. Tetapi sudah banyak orang membuktikan bahwa dengan menggunakan metode ini kalian dapat menurunkan berat badan dengan efektif. Diet Ketogenic adalah diet yang mengkonsumsi lemak sebagai sumber energy dan mengurangi karbohidrat bahkan tidak mengkonsumsi karbohidrat sama sekali.

Sehingga lemak akan menjadi pembakaran utama sebagai sumber energy dalam tubuh. Beberapa manfaat diet ketogenic :

  • Menurunkan berat badan
  • Mengurangi kejang pada penderita epilepsi
  • Mencegah resistensi insulin dan diabetes tipe 2
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Menjaga kinerja dan fungsi otak

Diet ketofastosis

Program menurunkan berat badan satu ini hampir sama dengan diet ketogenic. Karena dalam metode diet ini pelaku diet juga dianjurkan mengkonsumsi makanan kaya akan lemak dan mengurangi konsumsi karbohidrat. Hanya saja pada diet ini pelaku diet diwajibkan melakukan puasa. Dengan berpuasa akan mengakibatkan metabolisme dalam tubuh meningkat.

Idealnya waktu berpuasa dalam diet ini 6-12 jam, tergantung dari kondisi tubuh masing-masing. Sehingga akan lebih efektif lagi untuk menurunkan berat badan. Berikut tips memulai diet ketofastosis :

  • Siapkan mental
  • Cukupi kebutuhan mineral tubuh
  • Atur waktu puasa

Dengan mengurangi karbohidrat diet ketofastosis memang akan sangat cepat dan efektif dalam program menurunkan berat badan. Tapi perlu kalian ketahui, kadar glukosa atau gula darah dalam tubuh akan menurun ini akan mengakibatkan tubuh akan terasa lemas sebelum akhirnya terbiasa dengan metode diet satu ini. Tetapi jika merasa tidak kuat, jangan memaksa.

Nah, gimana?? kalian ingin mencoba program menurunkan berat badan yang mana? Agar diet yang kalian jalani lebih efektif lagi, jangan lupa imbangi dengan melakukan olahraga secara rutin, serta istirahat dengan cukup agar kondisi tubuh tetap fit. Selain itu jika pertengahan program diet kalian tidak kuat untuk melanjutkan, jangan dipaksakan.

Ganti program diet ke pola yang kalian nikmati prosesnya. Alhasil pasti berat badan ideal akan kalian dapatkan dengan usaha yang tekun. Dan jangan lupa selalu konsumsi air putih agar tidak terjadi dehidrasi ketika melakukan diet. Jadi tetap utamakan kesehatan kalian ketika melakukan diet apapun, karena kesehatan itu lebih penting ketimbang penampilan.

Jika sudah berhasil menerapkan menerapkan program menurunkan berat badan dan gaya hidup sehat, sebaiknya Anda lakukan terus-menerus setiap hari. Sehingga, anda tetap mendapatkan berat tubuh ideal dan sehat selalu. Jangan sering makan fast food, hindari merokok dan minum alkohol juga. Stay healthy everyone!

Tinggalkan komentar