Program Diet Mayo Turunkan 5 Kilogram Dalam 2 Minggu

Sumbersehat.com – Ingin menurunkan berat badan dengan cepat, namun tak tahu jenis diet apakah yang bisa membantu? Mungkin anda bisa mencoba untuk menjalankan program diet Mayo. Program diet ini cukup populer akhir-akhir ini. Bukan hanya dapat menurunkan berat badan, namun juga menekan berbagai resiko penyakit seperti diabetes, jantung, dan lainnya.

Karena itulah banyak orang yang kemudian tertarik menjalankan program diet ini untuk menurunkan berat badan. Hanya saja banyak orang yang belum memahami apa itu diet mayo dan bagaimana aturan yang harus dilakukan. Karena itu penting untuk terlebih dahulu mengenal jenis diet yang akan dilakukan.program diet mayo

Mengenal Diet Mayo dan Cara Kerjanya

Program diet mayo sendiri berasal dari buku yang diterbitkan Mayo Clinic, dimana program diet ini berdasarkan pada penelitian serta pengalaman klinis. Sehingga tujuan diet mayo ini tak hanya untuk menurunkan berat badan saja namun juga mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih sehat.

Cara kerja diet mayo ini berbeda dengan program diet lainnya. Dalam diet ini, anda diwajibkan untuk melakukan puasa garam dalam jangka waktu 13 hari. Ini artinya anda diminta untuk menghindari mengkonsumsi garam maupun makanan asin lainnya.

Mengapa garam menjadi larangan dalam program diet mayo ini? Hal ini dikarenakan garam memiliki sifat yang dapat menahan air di dalam tubuh. Saat terlalu banyak air yang berada dalam tubuh dan tidak dapat keluar. Maka ini akan menyebabkan bobot tubuh seseorang menjadi semakin bertambah.

Selama 13 hari menjalankan “puasa garam”, maka seluruh garam dan air yang ada di dalam tubuh akan keluar nantinya. Baik  dalam bentuk urin maupun feses. Saat tubuh tidak mendapatkan lagi asupan garam, secara otomatis ini akan membuat berat badan menjadi menurun.

Manfaat Diet Mayo

Menjalankan program diet mayo bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, bukan hanya sekedar menurunkan berat badan saja. Dan perubahan ini bisa dirasakan langsung dalam waktu yang singkat. Nah berikut ini beberapa manfaat diet mayo yang bisa didapatkan

1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat utama menjalankan program diet mayo ini tentu saja bisa membantu menurunkan berat badan. Pada 2 minggu pertama, anda bisa menurunkan hingga 2.7-4.5 kg. Tentunya ini merupakan hasil yang sangat memuaskan bukan?

Setelah beralih ke fase kedua, berat badan bisa turun hingga 0.5-1 kilogram dalam seminggu sampai nantinya mencapai berat badan yang anda inginkan. Jika kebiasaan diet ini terus dipertahankan, maka nantinya anda bisa mempertahankan berat badan ideal anda.

2. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa membahayakan bagi kesehatan tubuh. Mulai dari penyakit jantung, hipertensi, dan masih banyak lainnya bisa disebabkan akibat kolesterol yang tinggi. Untuk bisa menurunkan kadar kolesterol, jalani saja program diet mayo dengan benar.

Sebab, di dalam program diet ini, bekerja mengurangi kadar garam. Itu dilakukan dengan cara meningkatkan asupan nutrisi melalui buah dan sayur yang mana baik bagi tubuh. Jadi, anda hanya butuh satu usaha untuk mendapatkan banyak manfaat kesehatan sekaligus.

3. Mencegah Resiko Diabetes

Manfaat diet mayo lainnya adalah bisa menurunkan resiko terkena diabetes. Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan kadar gula cukup tinggi di dalam darah. Adanya program diet mayo akan sangat membantu mencegah diabetes. Dengan menerapkan diet ini, membantu mengurangi kadar garam yang ada di tubuh.

4. Mencegah Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Mengkonsumsi makanan yang mengandung garam terlalu sering dapat meningkatkan resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Bukan hanya disebabkan mengkonsumsi makanan yang mengandung garam, namun makanan berminyak juga menjadi salah satu pemicunya. Dengan menerapkan diet ini, bisa mengurangi kadar garam di dalam tubuh sehingga tekanan darah tinggi bisa kembali menjadi normal.

Fase Dalam Diet Mayo

Dalam program diet mayo, terdapat dua fase utama yaitu:

Lose it

Dalam fase 2 minggu pertama ini dirancang agar dapat mempercepat berat badan menurun. Sehingga dalam jangka waktu tersebut bisa berkurang hingga 2.7-4.5 kilogram tentunya dengan cara yang sehat dan aman. Pada fase ini memfokuskan kepada gaya hidup dan kebiasaan yang berkaitan dengan berat badan.

Dalam fase ini, anda diajarkan untuk belajar bagaimana kebiasaan yang sehat dan bagaimana yang tidak. Dalam fase ini, hasil akan terlihat dengan cepat. Dan kemudian tinggal bagaimana anda membiasakannya untuk ke fase selanjutnya

Live it

Untuk fase program diet mayo yang kedua merupakan fase pendekatan seumur hidup agar menjalankan diet dan hidup yang sehat. Pada fase ini anda akan belajar banyak mengenai cara-cara memilih makanan yang sehat, porsi makan, dan kebiasaan sehat lain.

Pada fase ini anda akan merasakan penurunan berat badan yang stabil hingga mencapai berat badan yang diinginkan. Pada fase ini pula nantinya akan membantu anda untuk mempertahankan berat badan yang ideal secara permanen.

Aturan Dalam Diet Mayo

Tertarik menjalankan program diet ini? lalu bagaimana aturan diet mayo yang benar? Dalam program diet ini bukan hanya sekedar menghindari garam saja. Ada aturan-aturan lain yang wajib diikuti bagi anda yang akan menjalankan program diet mayo ini.

  • Pertama mengenai jumlah kalori. Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh penting diperhatikan dan harus sesuai kebutuhan kalori serta tujuan diet. Berkisar 1200-1800 kalori dan tidak boleh kurang dari angka ini. Namun hal ini tergantung pada berat awal dan juga jenis kelamin.
  • Mengkonsumsi sayur dan buah setiap harinya sehingga membuat cepat kenyang namun dengan kalori yang minimal. Bisa dikatakan jika sayur dan buah adalah dasar penting dalam diet
  • Batasi asupan garam, ini menjadi poin penting dalam diet mayo sukses ini. Kadar garam yang menurun bisa membantu meningkatkan keluarnya air dari dalam tubuh. Sehingga berat badan menjadi berkurang secara otomatis. Penting pula menghindari makanan yang mengandung garam tersembunyi seperti dalam makanan olahan.
  • Selain garam, batasi juga asupan gula dan lemak. Lemak inilah yang bisa membuat berat badan meningkat cepat.Karena itu kebanyakan menu diet mayo diolah dengan cara direbus, kukus, atau panggang
  • Perbanyak asupan protein yang membuat lebih cepat kenyang sehingga makan tidak jadi berlebihan

Efek Samping Program Diet Mayo

Dari berbagai manfaat diet mayo, lalu adakah efek samping dari diet ini? Klaim dalam program diet mayo yang mampu menurunkan berat badan hanya dalam waktu 13 hari memang memunculkan banyak kontroversi. Ada pihak yang berpendapat jika diet ini aman dilakukan. Namun sebagian orang lainnya berpendapat jika diet ini memiliki efek samping tersendiri

Sebenarnya, semua program diet apapun yang dijalankan dengan aturan dan cara yang tepat tidak akan membahayakan. Namun meskipun begitu tidak disarankan untuk menjalankan diet ini dalam jangka panjang. Mengingat pada diet ini asupan garam sangat dikurangi, yang mana terkadang dibutuhkan oleh tubuh.

Sangat disarankan diet ini tidak dijalankan bagi orang dengan riwayat diabetes. Dikarenakan diet ini malah bisa meningkatkan kadar gula yang ada dalam tubuh. Selain itu diet ini juga dapat mengganggu kerja organ ginjal. Hal ini karena asupan garam juga dibutuhkan oleh tubuh.

Sedangkan dalam program diet mayo ini memiliki konsep mengganti asupan garam dengan protein. Protein yang menumpuk dan tidak bisa diproses maksimal dengan ginjal bisa menyebabkan gangguan yang membahayakan nantinya.

Sangat penting untuk memahami program diet apa yang anda jalani, begitu pula ketika ingin menjalankan diet mayo. Dengan menjalankan aturan dan cara diet yang benar, berat badan bisa turun dengan maksimal dengan cara yang sehat dan juga aman.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *