7 Prinsip Lari Jarak Pendek yang Harus Diketahui!

sumbersehat.com – Prinsip lari jarak pendek merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang bertumpu pada kecepatan dan kekuatan kaki. Pada umumnya, prinsip lari jarak pendek sangat mementingkan ketangkasan kaki dan ayunan tubuh sang pelari untuk berlari dengan cepat dalam kurun waktu yang singkat dari star hingga garis finish, agar bisa menjadi pemenang.

Lari jarak pendek mempunyai istilah lain yaitu sprint, sedangkan atletnya atau sang pelari disebut sprinter. Jenis olahraga ini sering masuk dalam kejuaraan olimpiade bahkan tingkat dunia, sehingga tak asing lagi bagi kita melihat lari jarak pendek diperagakan pada media massa. Namun bagi Anda yang masih bingung dengan lari jarak pendek, berikut beberapa panduannya.

prinsip lari jarak pendek

Pengertian Lari Jarak Pendek

Sebelum mengetahui panduan atau prinsip lari jarak pendek, ada baiknya kita mengetahui definisi agar tidak salah dalam menerjemahkan pengertian lari jarak pendek. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lari cepat adalah aktivitas olahraga yang dilakukan dengan berlari sekencang mungkin pada jarak yang tergolong pendek.

Olahraga lari jarak pendek adalah cabang olahraga yang menempuh jarak 50 meter sampai 400 meter. Sehingga dalam olahraga ini sangat mementingkan kecepatan sebagai faktor utama untuk mencapai akhir garis finish. Prinsip lari jarak pendek yaitu berlari pada kecepatan maksimal dengan mengoptimalkan posisi tubuh sebaik mungkin. Untuk itu dibutuhkan keseimbangan tubuh yang prima sebelum melakukan lari jarak pendek.

Klasifikasi dalam Lari Jarak Pendek

Dalam menerapkan panduan tata cara lari jarak pendek. Ada berbagai klasifikasi yang biasanya di sertakan untuk di lombakan dalam sebuah ajang kompetisi olahraga. Berikut adalah 3 Klasifikasi jarak dalam prinsip lari jarak pendek yang bisa Anda lihat.

  • Lari jarak pendek 100 meter (short sprint) untuk putra atau putri
  • Lari jarak pendek 200 meter (medium sprint) untuk putra atau putri
  • Lari jarak pendek 400 meter (long sprint) untuk putra atau putri

Dikarenakan hanya membutuhkan lintasan yang pendek dan tidak memakan ruang, latihan ataupun lomba lari jarak pendek dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja . Untuk memperoleh kemenangan, atlet lari jarak pendek harus menyeimbangkan dan mempertahankan kecepatan dan kemampuan tubuh yang optimal dari awal hingga mencapai garis finish dalam jarak yang tergolong pendek serta dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Prinsip Lari Jarak Pendek

Adapun Prinsip lari jarak pendek terdiri dari prinsip dasar gerakan kaki, prinsip dasar gerakan ayunan lengan dan prinsip dasar posisi badan, berikut adalah penjelasannya:

Prinsip dasar gerakan kaki

Gerakan kaki pada lari jarak pendek ialah melangkah dengan kaki terbuka lebar dan berlari secepat mungkin. Pada dasarnya, Prinsip lari jarak pendek menggunakan kaki bagian belakang untuk melompat dari tanah, serta sejajar dengan gerakan lutut pada saat ditekuk. Itu agar pergerakan paha dapat terayun ke depan dengan mudah.

Pada saat kaki hendak mendarat di tanah, dalam prinsip lari jarak pendek menggunakan kaki bagian ujung telapak kaki untuk menopang tubuh dengan lutut sedikit menekuk agar saat pendaratan tubuh menjadi seimbang dan tidak goyah. Saat awal berlari, langkah kaki harus lebih panjang dan lebar yang bertujuan untuk menolak tubuh semaksimal mungkin.

Kemudian agar keseimbangan tetap terjaga langkah kaki bisa diperpendek namun dengan frekuensi gerak kaki yang tetap cepat. Pada saat mendekati garis finish, jagalah kecepatan dan posisi ujung telapak kaki agar memudahkan badan untuk condong ke depan, serta jagalah kondisi kaki agar tak terlalu kaku untuk menghindari kram otot.

Prinsip dasar gerakan ayunan lengan

Untuk gerakan lengan pada saat lari jarak pendek, lengan diayunkan ke depan sampai sejajar dengan hidung atau dagu, kemudian siku ditekuk kurang lebih sampai 90 derajat agar pergerakan tubuh dapat seimbang dan leluasa menyesuaikan gerakan kaki yang berlari. Selama berlari, ayunan lengan harus cepat dan terkoordinir dengan gerak kaki kanan dan kiri.

Sebisa mungkin buat lah otot-otot bagian depan kedua lengan tetap dalam keadaan rileks dan tidak terlalu kaku. Anda bisa mengepalkan jari-jari tangan atau membiarkannya begitu saja, yang penting tubuh serta lengan Anda tetap dalam kondisi rileks. Baca juga 10 Manfaat Lain Lari sebagai Olahraga Sehat untuk Diet yang Baik.

Untuk ayunan lengan sendiri, saat kaki kiri berada di depan maka tangan kiri Anda berada di belakang, begitupun saat kaki kanan berada di depan maka tangan kanan berada di belakang. Prinsip lari jarak pendek untuk gerakan lengan notabene sangat mudah, yang terpenting lengan Anda tetap rileks dan dapat diayunkan dengan leluasa.

Prinsip dasar posisi badan

Posisi badan pada lari jarak pendek adalah badan agak condong ke depan serta posisikan kepala agar rileks serta sejajar dengan garis punggung, posisikan pinggang dalam ketinggian yang sama dari awal star hingga garis finish, serta luruskan pandangan ke depan.

Secara umum, karakteristik sikap badan dalam prinsip lari jarak pendek yang baik dan benar ialah badan dicondongkan ke depan. Tujuannya untuk memperkecil hambatan udara yang datang dari depan, agar pergerakan tubuh menjadi kondusif dan lebih efektif. Selama berlari busungkan dada kedepan sembari bergantian menjatuhkan bahu kiri dan kanan seiring dengan pergerakan lengan.

Lalu, pada saat mendekati garis finish condongkan badan kedepan untuk memudahkan tubuh berlari menggapai pita garis finish. Prinsip lari jarak pendek untuk posisi badan pada umumnya mempertahankan postur tubuh yang baik dan tepat agar tetap seimbang dan efektif saat berlari.

Manfaat lari jarak pendek

Olahraga lari jarak pendek memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Manfaat lari jarak pendek ialah membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan massa otot dan meningkatkan kebugaran jantung. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak infomasi dari manfaat lari jarak pendek berikut ini :

Menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan

Lari jarak pendek merupakah latihan kardiovaskular yang bagus untuk membakar lemak serta kalori di dalam tubuh dalam waktu singkat. Ketika Anda melakukan latihan sprint dalam kurun waktu 2,5 menit saja Anda sudah membakar sekitar 200 kalori, sehingga tubuh Anda akan menjadi lebih terasa sehat dan bugar.

Selain itu, manfaat latihan lari jarak pendek juga sangat bermanfaat yang ingin menurunkan berat badan, dengan catatan melakukannya dengan rutin dan menjaga kalori dalam konsumsi makanan.

Meningkatkan massa otot

Jika Anda melakukan prinsip lari jarak pendek dengan baik dan tepat, tentu Anda juga dapat merasakan beragam manfaatnya. Salah satu dari manfaat tersebut adalah meningkatkan massa otot. Pada saat Anda melakukan latihan sprint, otomatis tubuh Anda akan bergerak berulang seperti latihan anaerobic. Hal itu sangat efektif untuk dijadikan latihan dengan tujuan membangun massa otot.

Meningkatkan kebugaran jantung

Pada saat latihan lari jarak pendek, denyut jantung akan terus meningkat untuk mengimbangi meningkatnya kebutuhan aliran darah ke otot yang digunakan saat berlari. Bahkan latihan sprint dapat membuat denyut jantung Anda mencapai batas maksimal, sehingga kinerja jantung dapat bekerja lebih efisien seiring dengan oksigen yang masuk yang sangat bermanfaat untuk peredaran darah ke seluruh tubuh.

Pemaparan tentang prinsip lari jarak pendek di atas, mulai dari pengertian, prinsip, hingga ke manfaatnya, bisa Anda praktekkan dan terapkan dimanapun. Mengingat lapangan yang dibutuhkan dalam lari jarak pendek tak mewajibkan di tempat yang luas dengan berbagai alat penunjang lain. Jangan lupa sebelum melakukan latihan, lakukan pemanasan agar otot Anda tidak kaku dan kram. Selamat berolahraga!!!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

hamil 5 minggu

Hamil 5 Minggu? Perhatikan Beberapa Panduan Ini!

sumbersehat – Bagi banyak pasangan baru, kehamilan adalah hal luar biasa. Sehingga tidak heran jika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *