8 Pola Diet untuk Penderita Autoimun Agar Sehat Setiap Hari

Sumbersehat.com – Penyakit Autoimun mungkin terdengar masih asing di Indonesia, Penyakit ini adalah penyakit yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh tidak dapat lagi membedakan yang mana sel jahat dan sel yang baik bagi tubuh. Bagi pasien autoimun diharuskan melakukan diet untuk penderita autoimun.

Ashanty dan Raditya Dika salah satu artis kondang Indonesia yang mengidap penyakit ini. Mengonsumsi makanan yang tepat merupakan salah satu cara sembuhkan penyakit autoimun. Bagi penderita Autoimun harus mengetahui apa yang boleh dikonsumsi dan menghindari makanan penyebab autoimun. Berikut penjelasan lengkapnya!

diet untuk penderita autoimun

Pantangan Diet Autoimun

Diet untuk penderita autoimun banyak dilakukan oleh para pasien yang mengidap penyakit ini. Terdapat beberapa pantangan yang harus dijalani bagi penderita autoimun. Karena didasari gejala-gejala autoimun yang sangat mempengaruhi makanan yang dikonsumsi oleh penderita. Untuk itu terdapat pantangan yang harus dilakukan.

Dalam diet autoimun, penderita harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan peradangan di usus. Hal ini dikarenakan kondisi autoimun yang bisa disebabkan oleh kebocoran usus atau istilah lainnya permeabilitas usus yang berubah. Untuk itu perlu diperhatikan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita autoimun.

Berbagai makanan yang bisa menyebabkan peradangan dan harus dihindari adalah semua produk susu. Telur juga harus dihindari, selain itu semua biji-bijian seperti gandum dan beras, dan kacang-kacangan. Dalam mengkonsumsi sayur ketika menjalankan diet untuk penderita  autoimun, maka hal yang dilarang adalah konsumsi sayuran nightshade.

Sayuran tersebut seperti terong, paprika, tomat dan kentang. Untuk makanan lainnya para penderita autoimun dilarang mengkonsumsi mentega, semua jenis pemanis kecuali madu, dan semua jenis minyak kecuali minyak kelapa dan zaitun.

Para pengidap autoimun juga tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet makanan. Selain itu alkohol juga dilarang dikonsumsi bagi penderita. Mengingat ada banyak makanan yang harus dijaga bagi penderita autoimun maka, makanan yang dikonsumsi harus lah segar dan terjamin kesehatannya .

AIP Diet Khusus untuk Penyakit Autoimun

Kebanyakan penderita penyakit autoimun memilah dan memilih agar kondisi tubuh tetap stabil. Untuk menjaga makanan yang dimakan maka penderita autoimun melakukan program diet. Diet autoimun yang disarankan untuk penderita adalah diet khusus AIP.

AIP atau autoimmune protocol adalah jenis diet untuk penderita autoimun yang disarankan para pakar kesehatan. Tujuan dari diet AIP yaitu untuk mengurangi gejala peradangan pada penyakit autoimun. Dalam menjalani autoimmune protocol, terdapat beberapa fase yang dilewati  yaitu fase eliminasi da maintenance.

Fase eliminasi adalah fase dimana makanan yang bisa memicu respon peradangan akan dihilangkan pada menu makanan yang dimakan sehari-hari. Selain menghilangkan menu yang bisa memicu peradangan hal yang harus dilakukan adalah membiasakan pola hidup sehat.

Untuk fase eliminasi penderita autoimun diwajibkan untuk mengatur pola tidur yang harus cukup dan harus rajin berolahraga. Menjaga diri juga sangat penting  agar penderita tidak mudah stress. Sedangkan pada fase kedua yaitu maintenance adalah fase mendisiplinkan apa yang dilakukan pada fase eliminasi hal ini bertujuan untuk menciptakan dan merasakan efek positif bagi penderita penyakit autoimun.

Cara Diet AIP bekerja

Bagaimana cara diet untuk penderita autoimun AIP bekerja untuk meminimalisir gejala autoimun? AIP menitik berat pada pola makan dan pola hidup sehat. Untuk makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang tidak mengiritasi usus serta mengurangi inflamasi dan menyembuhkan lubang lambung dengan makanan bernutrisi.

Hal ini dilakukan, karena diyakini dengan konsumsi makanan tersebut akan mencegah sistem kekebalan tubuh dapat menyerang jaringan tubuh. Didasari oleh studi-studi yang menyimpulkan bahwa masalah penyakit autoimun berhubungan dengan dinding usus. Untuk itu diperlukan makanan yang meminimalisir radang usus.

Diet AIP dikenal penting untuk dilakukan, mengingat setidaknya para penderita menerapkan cara hidup sehat. Untuk itu terdapat berbagai macam makanan yang disarankan dalam diet untuk penderita autoimun AIP.

Makanan Diet Autoimun

Dalam diet untuk penderita autoimun, makanan yang dikonsumsi haruslah sesuai acuan kesehatan dan jelas khasiatnya. Banyak makanan yang bisa dikonsumsi oleh pengidap penyakit ini sehingga mereka tak perlu menahan untuk mengkonsumsi makanan yang enak.

Ikan segar dan daging

Selain disarankan dalam diet autoimun, mengkonsumsi ikan segar memiliki manfaat lain. Ikan bisa mempercepat pertumbuhan dan juga mencegah penyakit jantung dan mengurangi resiko Alzheimer. Pada ikan terdapat omega 3, kalium, vitamin D dan B2 serta mineral.

Sedangkan daging juga memiliki banyak manfaat yaitu untuk meningkatkan metabolisme tubuh, memperkuat jaringan otot, menghilang kan stress dan sebagainya. Kandungan yang ada pada daging adalah protein, vitamin B6, B12, B3 serta mineral yang sangat dibutuhkan tubuh.

Perlu diingat dalam mengkonsumsi ikan dan daging diharuskan dalam keadaan segar. Tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi produk-produk olahan dari ikan ataupun daging baik daging ayam, sapi, kambing dan lain sebagainya.

Sayuran kecuali jenis nightshade

Berbagai jenis sayuran bisa dikonsumsi untuk diet untuk penderita autoimun. Tentunya sayuran yang dikonsumsi haruslah dalam keadaan segar dan bebas bahan kimia agar kesehatan lebih terjaga. Namun, perlu diingat bahwa sayuran nightshade dilarang dikonsumsi oleh penderita.

Hal itu, karena sayuran ini diyakini bisa memicu peradangan, sehingga dapat menggagalkan diet autoimun. Anda bisa mengonsumsi sayuran lain seperti brokoli, lobak, labu dan sayuran hijau lainnya. Agar tidak bosan, sebaiknya Anda mengkonsumsinya secara bergantian.

Berbagai Jenis Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan tentu menjadi favorit semua orang dan termasuk dalam menu diet untuk penderita autoimun. Pasalnya, buah memiliki rasa yang enak serta kandungan vitamin dan mineralnya sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang mengidap penyakit autoimun tak perlu khawatir, Anda masih bisa mengkonsumsi berbagai jenis buah.

Seperti anggur, pisang, jambu dan lain sebagainya. Namun pengkonsumsian buah tidak boleh berlebihan. Anda hanya disarankan mengkonsumsi buah dalam porsi yang sedikit. Pilih buah yang Anda sukai untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar setiap hari.

Susu dan Minyak Nabati

Menu diet untuk penderita autoimun berikutnya adalah minum susu dan minyak nabati. Anda tidak disarankan mengkonsumsi susu dari hewan. Seperti susu sapi atau susu kambing. Dalam diet AIP susu yang boleh Anda konsumsi adalah susu nabati dari kelapa dan santan.

Selain itu dalam minyak yang boleh Anda gunakan juga berasal dari nabati seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak alpukat. Tidak diperbolehkan untuk menggunakan minyak dari zat hewani.

Madu, sirup maple dan cuka apel

Untuk pemanis Anda yang menjalankan diet untuk penderita autoimun bisa menggunakan pemanis alami seperti madu ataupun sirup maple. Tentunya, dikonsumsi dalam porsi sedikit dan sesekali. Sedangkan jenis cuka, yaitu cuka apel karena terbuat dari bahan yang alami sehingga tidak mengganggu kesehatan.

Rempah non biji-bijian

Anda tetap bisa memberikan cita rasa pada makanan dengan mencampurkan bumbu dapur. Rempah bisa digunakan saat melakukan diet AIP namun lebih pada rempah yang alami dari daun basil ataupun mint. Karena rempah dari biji-bijian tidak disarankan.

Teh Hijau

Menikmati secangkir teh tetap bisa dilakukan bagi yang melakukan diet untuk penderita autoimun. Namun tentunya bukan teh yang berasal dari biji-bijian. Anda masih bisa menikmati teh hijau dipagi hari sambil membaca koran dengan santai

Kaldu Tulang

Untuk urusan kaldu memilih kaldu tulang adalah saran yang dianjurkan dalam diet AIP. Hal di atas adalah beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam melakukan diet autoimun. Tentunya saat melakukan diet kedisiplinan adalah hal yang teramat penting untuk mencapai tujuan dari diet.

Itulah ulasan tentang cara sembuhkan penyakit autoimun dengan melakukan diet untuk penderita autoimun. Dapatkan informasi tentang diet sehat lainnya dengan tetap simak website kami.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *