Pohon Angkung dan Manfaatnya untuk Mengatasi 14 Gangguan Kesehatan Ini!

sumbersehat.com Tak disangka, ternyata pohon angkung dan manfaatnya sudah diakui dan berkhasiat ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pohon berbatang lunak ini, ternyata dikenal sebagai pengobatan tradisional di negeri China, lho. Nama pohon ini adalah pohon angkung, atau sering disebut dengan bayam Jepang rambat.

Nama latin tanaman angkung, yaitu Basella alba ini belum populer di tanah air, namun ternyata sudah dipakai di beberapa negara. Di tanah air, baru beberapa kali dilirik dan ditanam karena bisa dijadikan tanaman hias atau dijadikan makanan berupa lalapan.

pohon angkung dan manfaatnya
pohon angkung dan manfaatnya

Kandungan Pohon Angkung

Pohon angkung ini sudah populer di berbagai penjuru dunia, seperti di negara Asia Tenggara, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia. Karena memang, khasiatnya yang sudah tak bisa diragukan lagi. Di Indonesia, seringkali ditanam saja sekadar jadi tanaman hias dan dibiarkan begitu saja.

Padahal, didalamnya terkandung berbagai macam kandungan, seperti vitamin (A dan C), zat besi dan kalsium serta tinggi antioksidan. Ingin tahu lebih dalam mengenai pohon angkung dan manfaatnya? Simak ulasan berikut.

Mengenali Pohon Angkung dan Manfaatnya, Berikut Rentetan Khasiatnya

Adapun manfaat angkung bagi kesehatan adalah:

1. Khasiat Angkung dalam Menyembuhkan Asam Urat

Hampir seluruh bagian pohon angkung memiliki manfaat untuk kesehatan. Dimulai dari daun, batang, hingga buahnya memiliki peranan dan fungsinya masing-masing. Pohon angkung dan manfaatnya bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi berupa pil angkung. Tanaman ini ampuh dalam menurunkan kadar purin, sehingga gejala asam urat Anda akan berkurang.

2. Manfaat Angkung Dapat Menurunkan Berat Badan

Bayam Jepang rambat ternyata memiliki kadar kalori yang rendah, tetapi sangat tinggi protein per kalori. Sangat pas untuk Anda yang mencari menu diet dengan mengonsumsi tanaman angkung ini. Pohon angkung dan manfaatnya bahkan sudah dirasakan oleh orang luar negeri, dan dijadikan sebagai salad. Tanaman ini sudah menjadi favorit disana karena kadar kalorinya yang rendah dan enak untuk dikonsumsi.

3. Khasiat Angkung untuk Menjaga Metabolisme Tubuh

Kandungan antioksidan di dalam tanaman angkung ini cukup tinggi. Sehingga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Radikal bebas ini biasanya terbentuk disaat terjadi proses metabolisme dalam tubuh. Mengonsumsi bagian dari pohon angkung dan manfaatnya bisa Anda rasakan khasiatnya sendiri.

4. Manfaat Angkung untuk Melawan Sel Kanker

Tak disangka, tanaman merambat ini pun mempunyai manfaat yang luar biasa. Tanaman angkung dapat melawan adanya sel kanker dalam tubuh. Ini karena dalam sebuah penelitian sudah dibuktikan kalau buah pohon angkung dan manfaatnya untuk aktivitas anti kanker.

Senyawa bio aktif phenolic, flavonoid dan betalain yang terkandung didalamnya ampuh melawan sel kanker, yaitu kanker serviks/cervical carcinoma (SiHa)

5. Khasiat Angkung untuk Mengobati Stroke

Khasiat angkung untuk stroke, memang sudah diakui kesembuhannya. Bagi Anda yang mengalami stroke, Anda bisa coba pengobatan secara alami dengan obat alternatif ini. Stroke merupakan penyakit dengan metode penyembuhan yang cukup lama.

Jika Anda terlalu sering mengonsumsi obat-obatan kimia, akan berbahaya bagi tubuh. Mulailah konsumsi tanaman angkung agar bisa mendapat pengobatan secara herbal dan aman. Jika perlu anda tanam saja pohon angkung dan manfaatnya akan anda peroleh dengan mudah.

6. Manfaat Angkung Memperbaiki Fungsi Kerja Hati

Organ hati memegang peran terpenting dalam tubuh. Di antara fungsinya dalam tubuh yaitu menetralisir dan menawar racun, mengatur komposisi darah, dan lainnya. Maka dari itu, fungsi kerja hati perlu diperhatikan dan mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Dengan mengonsumsi tanaman angkung, menjadi solusi tepat untuk Anda. Tanaman ini akan membantu meningkatkan fungsi organ hati dan membantu menyembuhkan penyakit pada hati. Fungsi hati yang bekerja secara optimal dapat membuat tubuh terbebas dari segala macam penyakit.

7. Khasiat Angkung dalam Meredakan Penyumbatan Pembuluh Darah

Pohon angkung dan manfaat berikutnya yang bisa Anda rasakan adalah mampu meredakan penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan pembuluh darah jika dibiarkan akan menyebabkan timbulnya penyakit yang cukup fatal, seperti penyakit jantung dan darah tinggi.

Kandungan zat yang ada di dalam tanaman angkung ini dapat mengatasi pembuluh darah yang tersumbat. Dengan begitu, sistem pembuluh darah akan menjadi lancar dan Anda akan terhindar dari adanya risiko penyakit jantung.

8. Manfaat Angkung dalam Mengobati Radang Selaput Otak

Penyakit radang selaput otak tak bisa disepelekan. Penyakit radang selaput otak atau disebut meningitis ini disebabkan karena adanya infeksi virus, bakteri atau jamur.

Usut punya usut, ternyata tanaman angkung ini sudah dimanfaatkan sejak dahulu oleh warga Tiongkok untuk mengobati penyakit ini. Pohon angkung dan manfaat ini bisa Anda rasakan karena sudah cukup ampuh dan dipercaya mengatasi penyakit meningitis.

9. Khasiat Angkung dalam Mengatasi Kekurangan Cairan dalam Tubuh

Bagi Anda yang terbiasa bekerja dan melakukan aktivitas berat, mungkin sering mengalami kekurangan cairan dalam tubuh. Sebelum melakukan pekerjaan atau aktivitas yang berat, alangkah baiknya Anda mengonsumsi tanaman angkung ini.

Kandungan nutrisi dalam tanaman ini dipercaya mampu mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh. Saat Anda mengalami kekurangan cairan, Anda bisa menggunakan referensi ini. Agar kadar cairan dalam tubuh dapat kembali normal.

10. Manfaat Angkung untuk Menghindarkan Kejang saat Demam

Pohon angkung dan manfaat berikutnya adalah dapat menghindarkan kejang-kejang ketika suhu tubuh tinggi. Kejang-kejang biasanya terjadi pada tubuh seseorang yang memiliki ketahanan tubuh rendah.

Biasanya, tubuh akan merespon peningkatan suhu tinggi tersebut dengan gejala ini. Anda bisa menghindarinya dengan memanfaatkan tanaman angkung ini sebagai konsumsi alami untuk melakukan pencegahan.

11. Khasiat Angkung untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Dalam sebuah penelitian telah dibuktikan di University of Utah. Oleh seorang peneliti bernama Prof. Gregory Cochran, bahwa tanaman angkung dapat meningkatkan kinerja otak. Dengan mengonsumsi susu dan buah angkung di setiap pagi dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Khususnya bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan atau sedang dalam usia remaja. Pengonsumsian ini telah diterapkan oleh berbagai negara dan telah terbukti nyata dapat meningkatkan fungsi kinerja otak secara signifikan.

12. Manfaat Angkung untuk Memperkuat Tulang

Tahukah Anda? Bahwa disetiap 100 gr buah angkung terdapat kalsium sebanyak 35 mg, fosfor 55 mg, dan magnesium 0,25 gr. Kandungan kalsium yang tinggi setara dengan tanaman bayam dan segelas susu ini mampu memperkuat dan menutrisi tulang.

Sehingga, tulang akan terhindar dari masalah pengeroposan atau peradangan pada tulang. Pohon angkung dan manfaatnya bisa Anda rasakan jika dikonsumsi secara rutin.

13. Khasiat Angkung untuk Mengoptimalkan Kerja Mata

Dalam beberapa riset telah dibuktikan bahwa, kandungan vitamin A dan C dalam tanaman angkung sangat tinggi. Sehingga, memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata dan mengoptimalkan fungsi penglihatan mata. Selain itu, kombinasi vitamin A dan C serta zat lain dengan potasium dan fosfor dapat mencegah mata dari virus dan bakteri.

Tanaman ini dapat menahan adanya serangan virus dan bakteri tersebut, sebelum menyebabkan kerusakan pada mata. Diantaranya, seperti miopi, katarak, biopi, dan sejenisnya.

14. Manfaat Angkung untuk Menjaga Kesehatan Kerja Lambung

Senyawa antioksidan dalam tanaman angkung ini memiliki kemampuan sangat baik dalam mensterilkan kerja lambung, usus besar, usus kecil, dan keseluruhan. Tingginya vitamin C yang terkandung di dalamnya secara otomatis dapat mencegah adanya virus atau mikroba yang menimbulkan peradangan pada lambung.

Senyawa anti-inflamasi nya pun bekerja dalam menjaga kesehatan kerja lambung. Pohon angkung dan manfaatnya bisa Anda rasakan efeknya bagi tubuh Anda.

Pohon angkung dan manfaatnya ternyata memberikan dampak positif untuk menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya. Anda bisa mengonsumsi setiap bagian dari tanaman ini, karena semua mengandung manfaat yang luar biasa.

Namun, perlu diingat dalam mengonsumsi tanaman ini. Anda perlu konsultasikan ke dokter atau praktisi kesehatan untuk mendapat dosis yang tepat dan aman untuk tubuh. Jika Anda ingin mengonsumsi obat ini, Anda bisa membeli obat ini di toko Cina dengan kisaran harga 1 pil 250 ribu.

Demikianlah ulasan tentang pohon angkung dan manfaatnya Semoga bisa memberikan anda motivasi untuk menjaga kesehatan tubuh dengan tumbuhan herbal.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *