Terkuak! 10 Cara Mengatasi Perut Terasa Dingin dan Mual Lengkap dengan Penyebabnya

Kondisi perut terasa dingin dan mual merupakan permasalahan yang hampir pernah dialami oleh semua orang. Penyebabnya pun bermacam-macam, ada yang disebabkan dari permasalahan kesehatan yang ringan yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat, atau bisa sembuh dengan obat-obatan rumahan. Dan ada juga disebabkan oleh masalah kesehatan serius yang harus mendapatkan perawatan dari pihak medis.

Kondisi demikian tentu sangat mengganggu aktivitas seseorang. Oleh karenanya, penting untuk mengatasinya agar kamu bisa melakukan aktivitas secara normal kembali.

Penyebab perut terasa dingin dan mual

Masalah kesehatan yang kamu alami tentu ada penyebab-penyebab yang melatar belakanginya. Maka dari itu penting untuk semua orang mengetahui penyebab-penyebabnya agar bisa melakukan tindakan pencegahan yang lebih dini.

1. Kekenyangan

Kondisi kekenyangan bisa mengakibatkan kamu merasakan mual dan dingin pada perut. Ini diakibatkan karena kondisi perut yang tidak bisa atau kelebihan menampung makanan yang kamu makan.

2. Terlambat makan

Terlambat makan juga bisa menjadi faktor penyebab perut terasa dingin dan mual. Apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat sakit maag. Maka, ketika terlambat makan dapat mengakibatkan asam lambung naik. Dari naiknya asam lambung inilah yang mengakibatkan kondisi perut mual dan keadaan dingin di sekitar area perut.

3. GERD (Gastroesofageal Reflux Disease)

Kondisi GERD menjadi faktor pemicu kamu mengalami mual dan dingin pada perut. GERD itu sendiri merupakan kondisi yang di mana saat katup antara kerongkongan dan lambung tidak dapat bekerja secara maksimal sesuai dengan fungsinya. Yang paling umum menyebabkan kondisi ini ini terjadi karena beberapa faktor, diantaranya ada akibat peningkatan asam lambung, obesitas, atu bisa disebabkan akibat lemahnya katup yang disebabkan karena gangguan fungsi pada saraf.

4. Salah makan

Salah dalam mengkonsumsi makanan bisa mengakibatkan kamu merasa kondisi mual pada perut dan dingin. Salah makan yang dimaksud di sini adalah, di mana ketika kamu memakan makanan yang memilki rasa terlalu asam, terlalu manis, terlalu berminyak, atau yang lainnya.

Untuk menghindari keadaan seperti ini, sebisa mungkin untuk kamu menjaga dan mengkontrol pola makan di rumah ataupun di luar rumah.

5. Berolahraga setelah makan

Berolahraga setelah makan secara langsung tanpa istirahat bisa juga menjadi faktor pemicu kamu merasa mual. Oleh sebabnya, ketika kamu selasai makan, berikan waktu untuk perutmu mencerna makanan terlebih dahulu barang 5 sampai 10 menit.

6. Alegi atau keracunan makanan

Alergi atau keracunan makanan bisa menjadi faktor penyebab kamu merasa mual dan perut dingin. Oleh sebabnya, kamu harus bisa lebih selektif lagi ketika hendak membeli atau mengkonsumsi makanan.

7. Gastritis

Perut terasa dingin dan mual bisa saja menjadi gejala kamu akan mengalami gangguan kesehatan yang bernama gastritis. Masalah ini disebabkan akibat peradangan lambung yang biasanya terjadi akibat dari peningkatan asam lambung yang menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu pada bagian uluhati atau bagian dada ke bawah.

8. Efek samping dari obat-obatan tertentu

Masalah mual dan perut yang dingin bisa terjadi akibat efek samping dari obat-obatan tertentu yang sedang diminum. Jika memang ini yang terjadi, kamu bisa melakukan konsultasi kepada pihak medis untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Cara alami untuk mengatasi masalah perut terasa dingin dan mual

Cara mengatasi kondisi perut yang mual dan dingin bisa dilakukan dengan berbagai cara. Entah ini menggunakan cara medis dengan cara melakukan pengobatan ke dokter, ataupun menggunakan cara-cara alami yang sangat mudah untuk dilakukan. Pada artikel ini akan diulas secara lengkap bagaimana cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalah kesehatan tersebut.

1. Konsumsilah makanan yang mudah dicerna

Cara pertama yang paling mudah untuk mengatasi perut mual dan dingin adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna oleh perut. Makanan yang bisa kamu makan ini seperti pisang, roti, biskuit, atau bubur.

Ketika mengkonsumsi makanan di atas, janganlah terlalu banyak. Namun makanlah sedikit demi sedikit untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tentunya kamu harus lakukan kebiasaan ini secara rutin disetiap harinya agar mendapatkan hasil sesuai harapan.

2. Minum air jahe

Air jahe sudah terbukti memiliki segudang manfaat. Salah satunya untuk mengatasi perut mual dan dingin. Dengan cara meminum air jahe hangat, maka rasa mual dan dingin pada perut bisa segera teratasi.

3. Hindari mengkonsumsi makanan yang pedas

Ketika kamu merasa perut mual, sebaiknya jangan memakan makanan yang terlalu pedas. Apabila kamu tetap memaksakan untuk memakan makanan yang pedas ini, maka akan membuat rasa yang tidak nyaman pada perut, bahkan bisa menimbulkan masalah yang lebih serius lagi pada perutmu.

4. Minum air putih yang banyak

Meminum air putih bisa kamu lakukan ketika rasa mual diperut disertai dengan muntah. Dengan cara ini, bisa menambah cairan dalam tubuhmu yang kamu keluarkan ketika muntah. Meminum air putih ini bisa kamu lakukan dengan cara sedikit demi sedikit namun teratur.

Selain dengan cara meminum air putih, meminum minuman tanpa soda dan memakan makanan yang asin bisa kamu lakukan juga. Dengan cara ini mampu mengembalikan kadar gula dan garam yang kamu keluarkan saat muntah.

5. Berbaring

Cara sederhana yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan berbaring. Karena, ketika kamu merasa mual dan perut terasa dingin tetap melakukan aktivitas, maka ini dapat memicu masalah yang lebih serius. Dengan demikian, jika sudah mengalami masalah ini, hentikan sejenak aktivitasmu dan istirahatlah sambil berbaring hingga kondisi tubuhmu kembali normal.

6.  Mengkonsumsi kacang

Mengkonsumsi kacang juga bisa menjadi solusimu ketika perut terasa dingin dan mual. Kenapa kacang? Karena kacang adalah camilan yang mengandung protein tinggi, dan ketika orang mual bisa saja disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang protein.

9. Meminum atau menghirup bau sari jeruk lemon

Ketika kamu mengalami rasa mual dan perut dingin yang sangat mengganggu aktivitas, jalan meminum atau menghirup bau sari jeruk lemon bisa menjadi solusinya. Sebab, jeruk lemon memiliki aroma yang khas dan tajam serta mampu menghilangkan rasa mual.

Apabila kamu ingin menggunakan cara ini, bisa kamu lakukan dengan dua cara. Yang pertama dengan menghirup baunya. Ketika akan mengirup bau jeruk lemon, kamu cukup iris buahnya dan usap-usap kulitnya agar baunya keluar.

Jika kamu ingin meminum jeruk lemon, kamu hanya tinggal memeras jeruk lemon pada air hangat, kemudian tambahkan sedikti gula, dan aduk hingga merata. Setelah itu, kamu dapat meminumnya.

10. Atur pernapasan

Cara alami yang terakhir bisa kamu lakukan untuk mengatasi perut terasa dingin dan mual adalah dengan mengatur pernapasan dalam tubuh. Cara ini bisa kamu lakukan dengan cara menghirup udara selama 3 detik, lalu tahan selama 3 detik, setelah itu keluarkan kembali selama 3 detik. Cara ini bisa kamu ulangi beberapa kali hingga kondisi tubuh bisa kembali pulih normal.

Itulah 8 penyebab dan 10 cara alami mengatasi perut terasa dingin dan mual secara ampuh. Semoga cara ini bisa kamu lakukan dan dapat mengatasi masalah kesehatanmu. Selamat mencoba!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *