Update Perkembangan Vaksin Virus Corona untuk Masyarakat Indonesia

sumbersehat – Semakin hari berlalu, perkembangan vaksin virus Corona menjadi salah satu solusi yang dinantikan semua orang. Pandemi ini sudah hampir melumpuhkan dunia, bahkan sudah berjalan hampir satu tahun penuh. Banyak orang yang terdampak karenanya. Mulai dari segi kesehatan hingga perekonomian.

Masyarakat yang sudah mulai jenuh dengan aktivitas di rumah saja, kini mulai berani menampakkan diri keluar rumah. Padahal, ancaman virus ini masih bisa menjangkiti siapa saja. Oleh karena itu, kebutuhan mengenai vaksin virus Corona menjadi sebuah wacana yang amat penting untuk direalisasikan.

vaksin virus corona

Perkembangan Vaksin Corona di Dunia

Dari seluruh belahan dunia yang merasakan dampak buruk virus Corona ini, nyatanya banyak pula yang berkontribusi dalam pembuatan vaksinnya. Terdapat 160 kandidat vaksin yang siap diedarkan untuk masyarakat. Sebanyak 50 jenis di antaranya, telah lulus uji klinis, dan mampu mengurangi risiko terpapar virus jahat ini.

Meski demikian, belum ada satu pun vaksin yang secara resmi telah mendapatkan izin untuk dipergunakan secara massal. Perusahaan BioNTech di Jerman bekerja sama dengan Pfizer dari Amerika Serikat sudah berani mengklaim bahwa perkembangan vaksin virus Corona yang dijalankan sudah berhasil ampuh hingga angka 94,5%. Sebuah angka yang sangat signifikan untuk mencegah atau menyembuhkan.

Perusahaan ini sudah mengujikan vaksinnya hingga tahapan ke tiga kepada 43.500 responden dengan hasil yang memuaskan. Moderna sudah melakukan uji klinis hingga tahapan ke tiga kepada lebih dari 30 ribu responden. Sedangkan perusahaan Sinovac dari China sudah melakukan uji coba klinis hingga tahap ke tiga kepada 29 ribu responden.

Pada mulanya, pengujian tahap satu dan dua dilakukan pada binatang, bukan pada manusia, karena masih dalam tahapan uji praklinis. Jika dinyatakan sukses, maka perusahaan bisa mengajukan permohonan secara resmi kepada regulasi pemerintah terkait, agar dapat memperoleh izin untuk melakukan produksi secara massal.

Hingga berita ini dituliskan, terdapat 3 perusahaan jawatan regulasi obat yang telah diakui secara internasional, yaitu The Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat,  Pharmaceuticals and Medical Device Agency di Jepang, dan European Medicines Agency (EMA) di Eropa. Hal ini menjadi kabar baik untuk benua terkait.

Perkembangan Vaksin Corona di Indonesia

Menurut Tim Riset dan Teknologi Nasional, perkembangan vaksin virus Corona di Indonesia kini memiliki 2 opsi. Opsi pertama yakni mematangkan uji klinis yang telah dikembangkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional yang bekerja sama dengan Lembaga Biologi Molekuler Eijikman. Pihaknya sudah membuat kerangka tahapan yang akan dijadikan sebagai peta jalan dalam memenuhi tahapan persyaratan.

Jika ditilik berdasarkan waktu tahapannya, mulai dari pengerjaan data praklinik, masa klinik, serta mutu penanganannya, membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan. Meski sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu, tampaknya belum ada kejelasan pasti mengenai suksesnya program vaksin ini.

Opsi kedua yang dimiliki Indonesia yakni bekerja sama dengan pihak internasional. Perkembangan vaksin virus Corona ini harus bisa dilakukan dengan bantuan tangan ketiga. Indonesia melakukan kerja sama dengan PT. Sinovac dan PT. Biofarma. Tak cukup sampai di situ, kerja sama kedua dengan Sinopharm dan Grup 42 Kimia Farma dari Uni Emirat Arab. Kerja sama ketiga yakni antara Genexine dan PT Kalbe Farma.

Uji klinis pertama sudah dilakukan pada 11 Agustus 2020 oleh tim kedokteran Universitas Padjajaran kepada 1620 orang. Responden berasal dari berbagai kota yang bersedia sukarela membantu jalannya pengembangan vaksin Corona yang sedang dijalankan.

Dalam pelaksanaannya, BPOM turut serta dalam mengawal pemberian vaksin yang sesuai dengan protokol uji klinis. Kemudian, tim dari BPOM juga akan terus mengawasi hingga proses selesai dan memasuki tahap evaluasi, serta persiapan sarana produksinya. Support system yang baik akan sangat membantu jika vaksin ini akhirnya bisa diloloskan untuk diproduksi besar-besaran.

Pada perkembangan vaksin virus Corona tahap kedua antara Sinopharm G42 deng Uni Emirat Arab telah mendapat kesepakatan bahwa mereka akan memproduksi sebanyak 10 juta  vaksin untuk warga Indonesia. Harapannya, semua proses berjalan lancar dan segera bisa disebarluaskan pada akhir tahun 2020.

Tahapan baik sudah dilakukan dengan ribuan responden. Oleh karena itu, Uni Emirat Arab berani memproklamirkan diri sebagai salah satu negara produsen vaksin visus Corona yang cukup mumpuni. Setelah uji klinis ke tiga dengan Sinopharm, industri farmasi Indonesia melihat adanya peluang baik untuk bekerja sama dengan Uni Emirat Arab. Diharapkan, hal ini dapat menjadi sebuah simbiosis mutualisme untuk kedua belah pihak negara.

Dalam waktu dekat, BPOM Indonesia dan Kementrian Kesehatan Uni Emirat Arab dikabarkan akan segera bersepakat dan menerbitkan MoU dalam kemajuan perkembangan vaksin virus Corona. Hal ini dibutuhkan agar dapat memastikan tingkat kecepatan akses vaksin melalui regulasi yang benar, serta tidak menyalahi aturan standar produksi vaksin secara internasional.

Tahapan Pengujian Vaksin Corona

Di Indonesia, tahapan pengujian vaksin Corona ada 3 tahapan. Berikut ini akan dijabarkan secara lengkap, sesuai arahan Juru Bicara Penanganan Covid 19, Prof. Wiku Adisasmito:

Tahapan pertama adalah penelitian dasar. Pada sesi ini, peneliti akan menelusuri setiap sistem dan mekanisme yang potensial, sesuai dengan ilmu yang biasa digunakan yakni science dan bio medical. Tahapn ini akan fokus meneliti virus dan sel-sel turunannya. Hal ini bertujuan agar bisa melihat reaksi yang ditimbulkan jika diekstraksi dengan sel lain dal jumlah yang lebih banyak.

Selanjutnya tahapan kedua dalam proses perkembangan vaksin virus Corona yaitu uji praklinis. Yaitu sebuah tindakan pengujian vaksin kepada hewan atas sejumlah zat dan sel yang dikembangkan. Biasanya hal ini sering disebut studi envito dan envivo. Kadar yang diujikan merupakan tingkatan paling rendah, yang memungkinkan untuk dikonfirmasi keamanannya bila diujikan kepada manusia.

Selanjutnya tahapan ke tiga yakni uji klinis. Fase pertama dalam tahapan ketiga yakni menentukan dosis keamanan pengujian kepada manusia dan menilai farmaco kinetik dan farmaco dinamik. Dalam prosesnya, dibutuhkan sampel sebanyak 100-500 orang.

Fase uji klinis kedua yakni menentukan efektivitas dan rentan dosis optimal. Selain itu, dilihat juga frekuensi pemberian dosis optimal, serta pengujian efek sampingnya dalam jangka pendek. Setelah lulus uji klinis perkembangan vaksin virus Corona ini, maka sampel vaksin akan diberikan pada responden dalam jumlah yang lebih besar.

Dibutuhkan sekitar 1000 sampai 5000 sampel responden untuk mendapatkan konfirmasi keamanannya. Beberapa vaksin yang sudah meluncur ke Indonesia sudah melalui dua tahap sebelumnya, dan sedang dalam proses tahapan ketiga ini. Tingkat keamanan, efektivitas, dan keuntungannya masih diperhitungkan. Jika dalam tahapan ke tiga fase ke tiga ini dinyatakan lolos, maka hasil tersebut akan masuk fase persetujuan.

Sebagai masyarakat awam, perkembangan vaksin virus Corona yang sedang dikerjakan ini memberikan satu harapan baru agar pandemi segera berakhir. Banyaknya korban dan orang-orang yang terdampak karena virus ini bukanlah sebuah hal yang bisa diabaikan. Jika proses dalam mengembangkan vaksin segera bisa diselesaikan, tentu akan lebih banyak masyarakat yang merasa lebih aman dan nyaman untuk beraktivitas seperti sedia kala.

Selama menunggu kepastian vaksin virus corona ini, penting sekali kita tetap melaksanakan 3M plus 1 yaitu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga imunitas. Dalam menjaga imunitas tubuh, Anda memerlukan vitamin yang bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui aplikasi Halodoc. Bahkan masker juga Anda bisa dapatkan melalui Halodoc. Tak kalah pentingnya juga semua informasi tentang kesehatan pun bisa Anda peroleh di Halodoc.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *