9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan cairan dalam telapak tangan, pembesaran otot, ataupun karena cedera.  Kondisi pembengkakan pada telapak tangan ini umum dialami oleh setiap orang, karena telapak tangan itu merupakan organ tubuh yang paling sering digunakan untuk melakukan kegiatan.

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak

Permasalahn tepakan tangan yang bengkak bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan tanpa menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasi masalah ini ada banyak cara, namun harus juga disesuakin dengan penyebabnya. Berikut akan di ulas lebih lengkap penyebabnya

1. Asam Urat

Penyebab telapak tangan bengkak yang pertama bisa menjadi pertanda kamu mengalami gejala asam urat. Biasanya jika sudah mengalami permasalahn seperti ini, akan ada rasa nyeri yang mendadak pada bagian persendian.

Permasalahan kesehatan asam urat bisa menyerang semua persendian dalam tubuhmu. Namun sendi yang paling sering diserang adalah sendi pada tangan, lutut, jari kaki, dan pergelangan kaki. Penumpukan Kristal dan pembentukan kristal asam urat pada bagian sendi yang menyebabkan terjadinya rasa nyeri dan pembengkakan.

2. Penumpukan Cairan Dalam Tubuh yang Berlebihan

Penumpukan cairan tubuh yang berlebihan dalam tubuh kamu bisa menjadi penyebab kenapa kamu mengalami telapak tangan yang bengkak. Ini terjadi karena ada beberapa cairan yang menumpuk pada bagian tubuh seperti, perut, jari tangan, kaki, dan juga telapak tangan.

Terjadinya penumpukan cairan ini disebabkan oleh beberapa faktor. Ada diantarnya seperti, memakan kadar garam yang terlalu tinggi secara berlebihan, memiliki penyakit jantung dan pembuluh darah, dan juga karena memiliki riwayat penyakit ginjal yang sudah kronis. Jika kamu mengalami gejala ini, alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penangan yang lebih serius.

3. Infeksi

Keadaan infeksi juga menjadi penyebab telapak tangan bengkak dan kasus ini paling sering dialami oleh banyak orang. Biasanya penyebab telapak tangan ini disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus dan Streptococcus.

Biasanya bakteri tersebut akan tumbuh pada bagian telapak tangan atau jari tangan yang terluka yang disebabkan oleh berbagai faktor. Ada yang terluka karena sengatan serangga, ada yang terluka karena terkena benda tumpul, dan yang lainnya. Apabila kondisi ini tidak segera teratasi, maka akan menyebar ke bagaian tubuh yang lain dan mengakibatkan masalah kesehatan baru lagi.

4. Efek Samping Obat-Obatan

Akibat efek samping obat-obatan tertentu bisa menjadi penyebab masalah kenapa telapak tangan kamu mengalami pembengkakan. Biasanya beberapa jenis obat tersebut seperti steroid, obat antinyeri, obat terapi hormone, obat nyeri saraf, obat diabetes, dan obat hipertensi. Apabila setelah kamu mengkonsumsi obat-obatan tersebut mengalami pembengkakan pada tangan, sesegera mungkinlah untuk melakukan konsultasi kepada dokter yang menanganimu. Jika memang benar karena masalah efek samping obat, bisa saja obat yang telah diberikan itu diganti atau dosisisnya yang dikurangi.

5. Cedera Pada Telapak Tangan

Penyebab telapak tangan bengkak bisa diakibatkan oleh cedera pada telapak tangan yang tidak diobati. Biasanya luka ini terjadi akibat tertusuk benda tajam, tersayat oleh benda tajam, atau masalah lainnya. Bisanya kondisi pembangkakan telapak tangan ini disertai dengan rasa sakit dan nyeri saat atau tidak disentuh, lebam, dan tampak luka terbuka. jika sudah demikian, segeralah untuk melakukan pengobatan agar tidak terjadi masalah yang lebih serius lagi.

6. Skleroderma

Skleroderma itu sendiri merupakan permasalahan yang berkaitan dengan sistem imun seseorang yang mana mengakibatkan kondisi tubuh yang secara berlebihan dalam memproduksi protein kolagen. Sehingga dengan masalah ini dapat mengakibatkan penebalan pada kulit, dan termasuk juga pembengkakan pada  bagian telapak tangan.

7. Penyakit Sel Sabit

Penyebab telapak tangan bengkak bisa diakibatkan karena kondisi penyakit sel sabit yang diderita oleh seseorang. Yang di mana penyakit sel sabit ini mampu mengakibatkan sel darah merah memiliki bentuk seperti bulan sabit yang kaku dan juga mampu mengalangi peredaran darah di tangan dan kaki yang memicu lengan, dan juga mengakibatkan pembengkakan pada bagian telapak tangan.

8. Tuberkulosis

Tuberkulosis dikenal sebagai penyakit yang dapat mengkibatkan kerusakan pada paru-paru penderitanya. Namun, tahukah kamu jika penyakit tuberkulosis ini mampu mengakibatkan kerusakan pada kulit, otak, dan tulang?

Kendatipun kerusakan tersebut jarang terjadi pada penderita, namun penyakit tuberkulosis yang diderita oleh seseorang dapat mengakibatkan bengkak pada telapak tangan. Bukan bengkak saja, melainkan rasa sakit dan nyeri juga bisa terjadi.

9. Kehamilan

Jika kamu sedang menjalani masa kehamilan, juga bisa mengalami kondisi telapak tangan yang bengkak. Bukan telapak tangan saja, melainkan pada jari tangan, jari kaki, penggung kaki, hingga betis juga bisa mengalami pembengkakan.

Ketika kamu menjalani masa kehamilan, sangat penting untuk selalu rutin dalam melakukan pemeriksaan diri ke dokter. Entah itu pemeriksaan pada kesehatan pribadi si ibu atau pemeriksaan pada janin yang sedang di kandungnya.

Apabila seorang ibu mengalami masalah pembengkakan ini ketika masa kehamilan dan tidak mendapatkan penanganan, maka bisa berakit fatal. Yang mana dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau preeklampsia yang mengharuskan penderitanya melakukan penanganan medis.

Apakah Telapak Tangan yang Bengkak Bisa Diatasi Di Rumah?

Ketika kamu sudah mengetahui beberapa penyebab telapak tangan bengkak, tentu kamu akan bertanya –tanya dalam hati. Apakah telapak tangan yang sudah bengkak bisa diatasi dengan cara rumahan?

Jawabannya adalah bisa. Karena setiap masalah itu pasti ada jalannya, sama halnya dengan permasalahan kesehatan telapak tangan yang bengkak tentu ada cara mengatasinya. Berikut penjelasan lengkapnya

1. Melakukan Kompres

Melakukan kompres dingin bisa mengatasi masalah pembengkakan pada telapak tangan. Caranya pun sangat mudah untuk kamu terapkan, berikut penjelasannya

  • Siapkan es batu dan lap kain
  • Bungkus es batu dengan lap kain
  • Tempelkan pada bagian telapak tangan yang bengkak
  • Lakukan secara berulang beberapa menit
  • Selesai

Selain mengatasi pembengkakan pada telapak tangan, juga bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri dan sakit yang kamu alami.

2. Membersihkan Telapak Tangan dengan Air Hangat

Cara kedua yang bisa dilakukan di rumah adalah dengan rutin membersihkan telapak tangan dengan air hangat. Terlebih lagi jika penyebab telapak tangan bengkak oleh infeksi. Berikut cara pengaplikasiannya

  • Siapkan air hangat dan lap yang bersih
  • Masukkan lap ke air hangat
  • Tempelkan pada bagian tangan yang bengkak
  • Ulangi beberapa kali

Ketika memutuskan menggunakan air hangat untuk mengatasi masalah kamu, maka harus dipastikan air yang digunakan jangan terlalu panas. Melainkan air yang ruam-ruam kuku.

3. Membersikan Luka dan Menutupnya

Langkah ini kamu lakukan apabila penyebab telapak tangan bengkak karena luka terbuka dan terjadi pendarahan. Bukan membersihkan dan menutup luka saja, melainkan juga dilakukan pengobatan terhadap luka kamu. Dengan cara ini, mampu meminimalisir kemungkinan bakteri penyebab bengkak yang masuk dan bersarang pada lukamu.

Kapan Harus Ke Dokter?

Apabila cara-cara yang telah disebutkan di atas tidak bisa mengatasi masalah telapak tangan kamu yang bengkak, maka kamu harus melakukan tindakan lain. Ya, melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter. Dengan menempuh cara ini kamu akan mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat. Jika langkah ini tidak kamu lakukan saat masalah pembengkakan pada telapak tangan semakin buruk, bisa jadi menimbulkan masalah kesehatan yang lain dan lebih fatal lagi.

Itulah 9 penyebab telapak tangan bengkak dan cara mengatasinya. Semoga ini bisa menjadi solusi permasalahan yang sedang dialami!

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *