Ini Dia 9 Hal Penyebab Sering Masuk Angin, Anda harus tahu!

Penyebab Sering Masuk Angin РSebagai orang Indonesia, pasti Anda sudah tak asing lagi dengan penyakit masuk angin. Masuk angin menjadi penyakit yang dikaitkan dengan kondisi tidak enak badan, sepeti badan terasa pegal-pegal, meriang, pusing kepala, serta perut yang terasa kembung dan mual. Penyebab sering masuk angin adalah  disebabkan oleh masukanya angin secara berlebih ke dalam tubuh. Mungkin salah satu dari Anda sudah sering sekali mengalami masuk angin.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa masuk angin disebabkan oleh masuknya angin secara berlebihan ke dalam tubuh, lantas hal apa saja yang dapat menyebabkan tubuh Anda sering masuk angin? Nah, pada ulasan kali ini akan membahas mengenai penyebab sering masuk angin.

Penyebab Sering Masuk Angin

Saat masuk angin, jelas mengakibatkan Anda akan kesusahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk itu sebisa mungkin Anda harus menjaga kondisi badan Anda supaya tetap fit dan tak terkena penyakit masuk Angin. Nah, agar dapat menjaga tubuh Anda dari penyakit masuk angina, maka Anda perlu tahu beberapa hal yang menjadi penyebab sering masuk angin.

1. Terlalu Sering Berkatifitas di Luar Ruangan

Saat berkatifitas di laur ruangan, jelas menjadikan Anda harus lebih ekstra hati-hati dalam menjaga kebugaran tubuh Anda. Sebab saat berkatifitas di luar ruangan, tentunya mengakibatkan Anda akan rentang terkena berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit masuk angin. ya, udara di luar ruangan jelas dapat masuk secara berlebih ke dalam tubuh Anda, jika kondisi badan Anda sedang tidak fit, maka akan lebih mudah lagi Anda merasa tidak enak badan. Untuk itu, saat beraktivitas di luar ruangan, sebisa mungkin Anda menggunakan pakaian yang cukup tebal, terlebih jika hari sedang dingin. Selain itu, untuk menjaga kekebalan daya tahan tubuh, Anda bisa saja meminum suplemen kesehatan.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur juga bisa menjadi salah satu penyebab sering masuk angin. Ya, saat kondisi tubuh lelah, tetapi Anda memaksakan tubuh untuk melakukan kegiatan secara normal, maka tentunya saja akan menyebabkan rasa yang tidak enak di tubuh. Seperti, pusing, sakit teenggorokan, serat badan akan terasa pegal. Untuk itu, orang dewasa memang dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam perhari. Hal ini agar tubuh tidak merasa kelelahan. Untuk itu, jika Anda sudah mulai merasakan gejala masuk angin, maka segeralah tinggalkanlah berbagai aktivitas yangs edang Anda kerjakan, dan istirahatlah. Ingat jangan pernah paksakan tubuh Anda beraktivitas, ketika tubuh Anda mulai kelelahan. Sebab selain berbahaya bagi tubuh, tentunya apapun yang dipaksakan malah justru akan menghambat pekerjaan Anda nantinya.

3. Kehujanan

Kehujanan juga menjadi salah satu penyebab sering masuk angin. Saat hujan memang identik dangan udara yang dingin, udara yang dingin inilah yang menyebabkan tubuh akan menjadi tidak enak. Selain itu, terlalu lama terpapar air hujan juga akan membuat Anda merasa kedinginan. Maka dari itu, ketika hujan sebaiknya Anda mencari tempat untuk berteduh. Jangan pernah menerjang hujan, jika Anda tak ingin sakit. Meskipun di dalam rumah, sebisa mungkin Anda harus menghangatkan diri Anda ketika hujan datang.

4. Mabuk Perjalanan

Selanjtunya, mabuk perjalanan juga dapat mengakibatkan Anda masuk angin. saat melakuakn perjalanan, tentunya tekanan angin yang menerpa Anda akan jauh lebih besar dan banyak. Hal inilah yang dapat mengakibatkan angin masuk secara berlebihan ke dalam tubuh Anda. mabuk perjalanan, tentunya akan membuat kondisi tubuh Anda memburuk, seperti perut terasa mual dan ingin muntah, lemas, serta kepala terasa pusing. Nah, untuk meminimalisasi angin yang masuk ke dalam tubuh ketika mabuk perjalanan, maka Anda bisa saja menggunakan pakaian yang tebal dan tentunya menutupi semua bagian tubuh Anda, seperti jaket atau sweater.

5. Salah Makan

Siapa sangka ternyata salah makan juga menjadi penyebab seringnya terjadi masuk angin. Ya, terkadang karena terlalu asyik menikmati suatu makanan atau minuman, Anda malah memakan makanan atau minuman yang dapat memicu masuk angin. Terlalu banyak minum minuman dingin salah satunya. Jika Anda terlalu banyak minum minuman dingin, maka bisa saja pertu Anda akan terasa tak nyaman, seperti merasa mual dan kembung. Selain itu, minuman dingin juga dapat memicu rasa sakit pada kepala. Untuk itu, sebisa mungkin Anda harus bisa mengkontrol makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh Anda. makanlah dan minumlah sesuatu yang menyehatkan tubuh Anda.

6. Terkena Papran Udara Malam

Udara malam memang dingin, untuk itu saat beraktivitas di malam hari, sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang tebal. Hal ini agar nantinya Anda tak terkena penyakit masuk angin. saat terkena udara malam hari, bisa saja Anda akan merasakan pusing, menggigil, serat tenggorkan Anda terasa sakit. Jika sudah merasakan gejalan masuk angin tersebut, maka sebaiknya Anda menghangatkan diri Anda, atau sebisa mungkin Anda masuk ke dalam ruangan yang hangat.

7. Stress

Stres juga menjadi penyebab sering masuk angin. Hal ini disebakan karena  stres dapat mempengaruhi kerja hormon kartisol. Hormon inilah yang mengatur peradangan dalam tubuh. nah, saat stres hormone tidak dapat bekerja secara efektif dalam peradangan tubuh terhadap virus flu. Sehingga dapat dipastikan ketika stress Anda akan gampang terkena penyakit flu yang sering dianggap sebagai penyakit masuk angin. untuk itu, sebisa mungkin Anda harus dapat mengelola stres dengan baik. Cukup tidur menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres.

8. Terlalu Lama di Ruangan Ber-AC

Bagi Anda yang bekerja di perkantoran, khusunya di gedung, tentunya Anda sudah sering terpapar oleh AC. ya, udara sejuk yang dihasilkan oleh AC, ternyata juga dapat menyebakan tubuh Anda mudah merasa tidak enak badan, seperti perut yang akan terasa kembung, atau kepala akan terasa pusing jika Anda terlalu lama di ruangan ber-AC. jika tak memungkinkan mematikan AC ketika di kantor, maka tak ada salahnya mengecilkan volume AC supaya ruangan tak begitu dingin.

9. Makan Terlambat

Apakah Anda memiliki kebiasaan buruk makan terlambat? Jika iya, maka sebaikanya mulai dari sekarang hindarilah kebiasaan buruk tersebut. Ya, ternyata kebiasaan buruk tersebut dapat membuat perut Anda terasa kembung. karena saat perut kosong, maka perut akan menyimpan lebih banyak gas.  Hal inilah yang menyebabkan Anda masuk angin. makanlah secara teratur serta jangan membiarkan perut Anda dalam kondisi kosong cukup lama. Makan teratur juga dapat mencegah Anda terkena gangguan kesehatan yang lebih berat.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab sering masuk angin. sebisa mungkin mulai dari sekarang Anda harus bisa menjaga tubuh Anda dari berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit masuk angin. Ketika tubuh sehat, maka menjalankan aktivitas pun akan lebih senang dan tenang.

About Alvindayu

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *