Ini 6 Penyebab Sakit Kepala Setiap Hari yang Anda Alami

Sumbersehat.com – Penyebab sakit kepala setiap hari beragam dan masih banyak yang belum memahaminya. Sakit kepala menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering diabaikan. Terkadang, untuk mengatasinya hanya butuh tidur dan mengonsumsi obat pereda nyeri.

Namun, bagaimana kalau rasa sakit itu berlangsung setiap hari? Kira-kira apa penyebab sakit kepala setiap hari yang selalu mengganggu anda? Nah, kami akan membahas penyebab sakit kepala setiap hari yang anda alami sekaligus memberikan solusi mudahnya.

Penyebab Sakit Kepala Setiap Hari yang Anda Alami

Berikut adalah 6 penyebab sakit kepala setiap hari yang mungkin sedang anda rasakan:

Meningitis

Penyebab sakit kepala setiap hari yang pertama adalah akibat gejala meningitis. Apa itu? Meningitis merupakan infeksi yang mengakibatkan terjadinya radang pada selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. Penyebab meningitis adalah karena serangan jamur, virus, dan bakteri.

Gejala yang menyertai terjadinya meningitis yaitu demam, mual dan muntah, sakit kepala parah, hingga dorongan untuk pingsan. Meningitis akibat virus ringan dapat disembuhkan sendiri dalam 7-10 hari.

Baca juga : 8 Cara Pengobatan Osteoarthritis yang Dapat Anda Terapkan!

Namun, jika meningitis disebabkan oleh bakteri, maka biasanya dokter akan menyarankan untuk rawat inap. Dokter akan memberikan antibiotik untuk membunuh bakteri. Anda perlu waspada terhadap penyebab sakit kepala tiap hari ini.

Adanya penggumpalan darah dalam otak

Penggumpalan darah dalam otak bisa menjadi penyebab sakit kepala setiap hari selanjutnya. Ketika darah menggumpal pada pembuluh darah, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius. Hal ini karena darah tidak dapat mengalir dengan baik lewat pembuluh darah.

Untuk memastikan apakah anda penggumpalan darah pada otak, anda harus memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan memberlakukan serangkaian tes untuk mendiagnosis penyakit tersebut.

Apabila anda positif mengalami pembekuan darah dalam otak, maka dokter akan memberikan obat-obatan pengencer darah. Pada kasus yang lebih serius, dokter akan menyarankan untuk melakukan operasi. Penyebab sakit kepala tiap hari ini harus ditangani sejak dini dan secara tepat.

Mengalami cedera di bagian kepala

Coba ingat-ingat kembali. Apakah anda pernah mengalami insiden yang mengakibatkan cidera pada daerah kepala? Mungkin anda pernah terjatuh, terpeleset, atau terantuk benda dengan keras? Apabila iya, bisa jadi penyebab sakit kepala setiap hari anda adalah akibat cedera pada bagian kepala.

Cedera kepala biasanya juga disebut dengan trauma kepala. Trauma kepala adalah cedera fisik pada tulang kepala, dahi, dan otak. Salah satu gejala cedera kepala adalah rasa sakit kepala yang tidak kunjung sembuh. Untuk mengatasinya, anda disarankan untuk segera datang ke fasilitas kesehatan dan cek kesehatan lebih lanjut.

Tumor otak

Apabila sakit kepala tiap hari yang anda alami tidak kunjung membaik, anda harus waspada terhadap kemungkinan mengalami tumor otak.Tumor otak disebabkan adanya jaringan tidak normal yang tumbuh pada otak atau daerah sekitarnya. Sehingga, itulah yang menjadi penyebab sakit kepala setiap hari.

Sampai saat ini, penyebab pasti terjadinya tumor otak belum diketahui. Gejala tumor otak beragam, antara lain munculnya sakit kepala dari ringan hingga parah, penglihatan kabur, sulit bicara, sampai mati rasa. Faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker otak ialah faktor usia dan riwayat keluarga.

Prosedur operasi biasanya dilakukan sebagai cara utama dalam pengobatan tumor otak. Penting untuk memeriksakan sejak dini agar dokter dapat memberikan penanganan yang terbaik.

Migrain kronis

Jika sering mengalami migrain sebelumnya, maka penyebab sakit kepala setiap hari yang anda rasakan bisa disebabkan migrain kronis. Gejala migrain kronis yakni serangan rasa sakit kepala pada satu atau dua sisi bagian, sensasi berdenyut, hingga nyeri kepala yang luar biasa.

Baca juga : Ketahui 5 Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi!

Efek samping lain dari penyakit ini adalah sensasi mual, muntah, dan sensitif jika terkena cahaya yang menyilaukan atau suara yang bising. Penyakit ini dapat terjadi akibat aktivitas fisik yang memberatkan.

Obat-obatan seperti antidepresan dan beta blockers dapat direkomendasikan untuk penderita migrain akut. Selain itu, anda juga bisa menjalani pengobatan di rumah dengan melakukan pemijatan atau akupuntur.

Tingkat stres yang tinggi

Jangan meremehkan kondisi mental anda, ya. Faktanya, tingkat stres yang tinggi dapat menjadi penyebab sakit kepala tiap hari. Stres ini membuat otot-otot kepala tegang. Sakit kepala ini menyebabkan ketegangan di bagian kulit kepala dan leher.

Untuk mengatasinya, anda perlu menenangkan diri atau berbicara dengan ahlinya agar stres yang sedang anda alami bisa berkurang. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu mengompres daerah yang sakit dengan kompres hangat.

Nah, itu tadi ulasan mengenai penyebab sakit kepala setiap hari dan bagaimana cara mengetasinya. Jangan remehkan sakit kepala yang anda alami dan segeralah mencari pertolongan, ya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *