Penyebab Penyakit Lupus, Gejala dan Pengobatan untuk Penderitanya

By

Sumbersehat.com – Penyebab penyakit lupus harus diketahui jika tidak ingin terkena penyakit ini. Sehingga, anda bisa melakukan upaya untuk menghindarinya. Penyakit lupus adalah jenis penyakit autoimun yang mengakibatkan peradangan kronis pada tubuh.

Persendian, kulit, sel darah dan masih banyak lagi organ tubuh lainnya dapat terpengaruh jika seseorang terkena lupus. Beberapa orang terkadang salah dalam mendiagnosis penyakit yang satu ini. Berikut penjelasan lengkapnya!

Inilah Penjelasan Tentang Penyebab, Gejala dan Pengobatan Penyakit Lupus

Jika ingin penjelasan lengkap tentang penyebab penyakit lupus, gejala dan pengobatan, simak yuk.

Baca juga : Ketahui 12 Manfaat Biji Nangka yang Jarang Diketahui

Penyebab Penyakit Lupus

Berikut ini merupakan pemicu penyakit lupus yang menyerang seseorang, meliputi:

  • Seseorang yang rentan terkena lupus, ketika terpapar sinar matahari akan menyebabkan terjadinya lesi kulit lupus.
  • Lingkungan yang di dalamnya terdapat orang-orang yang suka merokok, stres maupun terkena racun silika dapat menyebabkan potensial lupus.
  • Jika seseorang terkena infeksi, maka bisa jadi seseorang akan kambuh penyakit lupusnya.
  • Pemicu lupus pada orang yang rentan biasanya disebabkan oleh beberapa jenis obat seperti obat anti kejang dan obat tekanan darah.
  • Riwayat keluarga atau yang disebut dengan gen sangat mempengaruhi apakah seseorang rentan terkena lupus maupun tidak.
  • Kadar hormon yang abnormal juga dapat menjadi salah satu kontribusi pemicu terjadinya lupus.

Gejala Penyakit Lupus

Setelah membahas tentang penyebab penyakit lupus, perlu juga membahas tentang gejala penyakit lupus. Sehingga, anda bisa cepat curiga dan periksa ke dokter. Tanda-tanda penyakit lupus yang bisa Anda kenali dari awal yaitu munculnya ruam yang terdapat pada pipi menyerupai sayap kupu-kupu.

Gejala penyakit lupus yang paling umum terjadi pada seseorang yang terkena lupus di antaranya tubuh merasa kelelahan. Lalu, demam disertai nyeri sendi yang terasa kaku dan bengkak. Ruam pada pipi yang disebutkan di atas bahkan bisa jadi hingga ke pangkal hidung.

Selain itu, juga muncul lesi kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Sedangkan pada area kaki bisa berubah warna menjadi biru maupun putih jika berada di tempat yang cukup dingin. Masih banyak gejala lupus lainnya bahkan anda bisa mengalami sesak napas disertai nyeri di dada.

Mata terasa kering hingga sakit kepala yang menyebabkan seseorang menjadi bingung bahkan bisa hilang ingatan. Maka, jika anda mengalami beberapa gejala tersebut secara bersamaan, harus segera ke dokter.

Pengobatan Penyakit lupus

Setelah mengetahui gejala dan penyebab penyakit lupus, selanjutnya simak penjelasan tentang pengobatan penyakit lupus. Berikut ini pengobatan yang harus dilakukan untuk penderita penyakit lupus.

Meskipun sampai sekarang, obat penyakit lupus belum ditemukan oleh para pakar kesehatan. Tapi, penderita lupus masih bisa mendapatkan perawatan dan bisa hidup normal seperti orang sehat. Nah, berikut adalah faktor pengobatan untuk mengelola gejala-gejala penyakit lupus!

1. Mengobati Pasien dengan Mengobati Gejala Penyakit Lupus

Langkah terbaik dalam merawat pasien lupus adalah mengobati gejala lupus yang muncul. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah keadaan yang lebih buruk pada pasien yang karena biasanya pasien yang terkena lupus sangat rentan organ lain dan juga sendi akan ikut terserang.

Dokter biasanya, akan memberikan resep obat yang berfungsi untuk menenangkan sistem kekebalan tubuh. Hingga mengurangi peradangan maupun pembengkakan yang terjadi pada tubuh pasien.

Baca juga : 7 Manfaat Yodium yang Wajib Anda Ketahui!

Bagi pasien yang mengikuti semua prosedur pengobatan dokter maupun penyedia layanan kesehatan lainnya, maka dapat menjalani kehidupan dengan normal. Pengobatan gejala ini harus disertai dengan menghindari penyebab penyakit lupus.

2. Membantu Mengelola Gejala Lupus dengan Merubah Gaya Hidup

Penyakit lupus tidak cukup hanya ditangani oleh pengobatan dokter. Namun lebih dari itu harus diikhtiarkan melalui perubahan gaya hidup dan menghindari penyebab penyakit lupus. Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penderita lupus yaitu hindarilah paparan sinar matahari, konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi.

Selain itu, penderita lupus juga perlu sekali mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D, kalsium dan minyak ikan. Tak lupa pula untuk olahraga rutin setiap hari. Dan yang tidak kalah penting adalah hindari gaya hidup merokok. Ketika sudah menderita penyakit lupus, anda harus sering berkonsultasi kepada dokter anda.

Demikianlah gejala, penyebab penyakit lupus dan cara pengobatannya yang perlu Anda ketahui bersama. Dengan kita mengetahui hal ini, bisa jadi dapat membantu diri Anda sendiri maupun orang lain yang terkena lupus di sekitar Anda.

Jika Anda menemukan gejala penyakit lupus, maka sebaiknya segera ke dokter dan hindari penyebab penyakit lupus. Tetaplah di Sumber Sehat untuk mendapatkan informasi kesehatan lain yang tak kalah pentingnya.

Tinggalkan komentar