9 Penyebab Kelainan Otot Leher Kaku dan Penanganannya yang Tepat

sumbersehat.com – Mengalami sakit leher susah menoleh, umumnya dialami oleh setiap orang dan Anda perlu tahu penyebab kelainan otot leher kaku ini. Bagian leher terdiri dari tulang belakang (tengkorak sampai tengkuk), ligamen serta otot leher. Jika Anda mengalami rasa sakit atau kaku pada leher, maka terjadi kelainan pada salah satu dari tiga bagian tersebut.

Seringkali kasus leher kaku terjadi karena hal biasa seperti posisi tidur yang salah, postur tubuh yang buruk, atau bisa jadi karena otot terkilir. Namun, jika terjadi gejala-gejala serius terjadi seiring dengan otot leher kaku atau terjadi karena kecelakaan, maka perlu penanganan serius. Anda tidak boleh anggap sepele dan perlu tahu pencegahan dan penyebab kelainan otot leher kaku. Simak ulasannya di bawah!

Penyebab Kelainan Otot Leher Kaku

Kenali Apa Saja Penyebab Kelainan Otot Leher Kaku

Jika Anda mengalami rasa sakit leher susah menoleh, ada beberapa jenis penyebab ketegangan pada otot leher tersebut. Ada penyebab gejala yang tidak serius dan gejala yang serius. Berikut akan diuraikan apa saja penyebab kelainan otot leher kaku agar Anda bisa sekaligus melakukan pencegahannya:

Penyebab Kelainan Otot Leher Kaku Dalam Kondisi Tidak Serius

Adapun penyebab kelainan otot leher kaku yang tidak serius adalah:

  1. Mengalami gejala stres dapat memicu terjadinya ketegangan otot pada leher. Rasa sakit ini bermula dari bagian belakang kepala, lalu menjalar ke bagian belakang bahu. Terjadinya gejala psikologis seperti ini jika terjadi secara berkepanjangan, akan berakibat serius. Anda perlu hindari hal ini, karena akan menimbulkan berbagai macam penyakit nantinya.
  2. Menggerakkan leher secara spontan, ini akan membuat otot dan ligamen leher mengalami cedera. Ketika leher Anda sakit, jangan terlalu kencang menyentakan leher. Anda bisa melakukan pijat leher secara mandiri dengan pelan-pelan.
  3. Terlalu lama menggunakan komputer dengan posisi duduk yang buruk. Jika melakukan posisi duduk yang salah, akan menyebabkan badan membungkuk atau lordosis. Kiat duduk yang benar bisa Anda lakukan, yaitu sejajarkan mata dengan monitor serta duduk yang tegak. Jarak mata dengan layar komputer sekitar 40-75 cm.
  4. Tidur dengan posisi salah dan menggunakan bantal yang terlalu rendah. Ini bisa membuat badan menjadi tidak nyaman dan leher terasa menjadi sakit. Lakukan posisi tidur yang baik, hindari tidur dengan posisi tengkurap. Gunakan bantal yang baik untuk menopang kepala dan leher Anda dengan benar.
  5. Membawa beban yang terlalu berat pada pundak, ini bisa menyebabkan leher terasa kaku dan sakit. Hindari penggunaan tas selempang yang berat di satu sisi. Jika merasakan sakit, Anda bisa lakukan memutar bahu, menoleh ke kiri dan kanan, lalu menekuk kepala Anda ke depan dan ke belakang secara perlahan. Ini bisa mengurangi sakit leher perlahan.

Cara Mengatasi Kelainan Otot Leher Kaku Jika Mengalami Gejala Tortikolis

Penyebab kelainan otot leher kaku di atas jika mengalami gejala tortikolis, maka Anda harus melakukan penanganan agar bisa sembuh. Tortikolis adalah gangguan yang terjadi pada otot leher yang mengakibatkan kepala miring. Gejala ini akan terasa nyeri dan penderita sulit melakukan aktivitas normal. Tortikolis bisa sembuh dan ditangani dengan beberapa cara seperti berikut :

  • Lakukan posisi tidur yang benar, dan gunakan bantal yang pas dan sesuai dengan kepala dan leher Anda.
  • Untuk meredakan rasa nyeri, Anda bisa mengompres leher dengan air dingin selama 2-3 hari pertama ketika kondisi leher kaku. Setelah itu, bisa digantikan dengan kompres menggunakan air hangat.
  • Lakukan olahraga leher secara perlahan-lahan, seperti menunduk dan mendongak. Tengokkan kepala ke kanan dan kiri, lakukan gerakan memutar ke kanan dan kiri sebaliknya.
  • Anda bisa menggunakan gel ibuprofen sebagai obat pereda anti nyeri dan cocok untuk obat sakit tulang belakang. Gunakan obat dalam bentuk gel, ini lebih disarankan daripada berbentuk tablet. Pakai obat sesuai anjuran dokter.

Jika Anda telah mencoba penanganan seperti di atas, tetapi tak kunjung sembuh maka periksakan ke dokter. Jika menggunakan penanganan medis, maka akan mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan latar belakang penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab kelainan otot leher kaku jika berada pada kondisi yang serius beserta pencegahannya.

Penyebab Kelainan Otot Leher Kaku Dalam Kondisi Serius

Kenali gejala-gejala ini jika mengalami rasa sakit yang berkepanjangan pada leher Anda. Hal ini bisa jadi mengalami penyebab kelainan otot leher kaku dalam kondisi yang serius. Berikut gejala-gejala yang harus dijadikan penanganan lebih lanjut :

  • Gejala demam tinggi
  • Berat badan tiba-tiba menurun sangat drastis
  • Menurunnya fungsi kinerja syaraf, contohnya sulit berjalan seperti normal
  • Penyakit pada pencernaan, seperti buang air terus menerus.

Jika Anda mengalami leher kaku disertai gejala seperti poin-poin di atas, maka Anda mengalami penyakit meningitis. Meningitis merupakan penyakit radang pada selaput otak serta saraf tulang belakang diakibatkan karena adanya infeksi virus, jamur dan bakteri. Gejala yang biasa dialami berupa leher terasa kaku, demam, sukar berkonsentrasi, mual dan muntah, nafsu makan menurun, dan cepat mengantuk. 

Untuk melakukan penanganan ini, dilakukan tenaga medis dengan pemeriksaan mencakup tes darah, CT Scan, dan cairan serebrospinal. Adapun gejala serupa yang menjadi penyebab kelainan otot leher dan kaku, yaitu Rheumatoid arthritis. Penyakit tersebut merupakan peradangan kronis pada sendi kecil dan dapat menyerang kulit, mata, paru-paru hingga jantung. Tangani dengan istirahat cukup serta berobat sesuai resep dokter.

Cara Alami dan Mudah Meredakan Otot Leher Kaku

Selain menggunakan cara seperti di atas untuk mengatasi penyebab kelainan otot leher kaku, ternyata bisa lakukan satu hal ini, lho. Bahan-bahan alami di dapur, bisa digunakan jalan alternatif paling mudah dan aman untuk Anda lakukan. Mau tahu apa saja obat alami untuk meredakan nyeri leher? Yuk simak uraian di bawah ini!

Jahe

Manfaatkan bumbu dapur yang biasa dibuat jamu ini sebagai obat alternatif Anda. Sejak dahulu dipercaya sebagai obat anti inflamasi karena mampu meningkatkan sirkulasi darah di leher. Anda hanya mengonsumsi sepotong jahe disertai secangkir air mendidih, lalu tambahkan madu sebagai pemanis. Minum teh jahe selama beberapa hari sampai kondisi Anda pulih.

Kunyit

Tak hanya jahe, kunyit pun memiliki fungsi dan kandungan yang sama. Kunyit dapat melawan peradangan dan mengurangi adanya pembengkakan. Cara membuat obat pereda nyeri ini hanya dengan mencampur satu sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu. Anda bisa tambahkan beberapa tetes madu dan konsumsi selama 2 kali sehari.

Es Batu

Bahan yang sangat mudah ditemukan di rumah? Ya, es batu. Es batu bisa Anda gunakan untuk meredakan nyeri leher dengan menumbuk es tersebut lalu diselimuti dengan handuk. Tempelkan pada area yang sakit selama 15 menit agar rasa nyeri menghilang. Baca juga 10 Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Otot dan Tulang, Lakukan Yuk!

Minyak Esensial dan Minyak Kelapa Hangat

Siapa sangka? Minyak esensial telah dipercaya mampu meredakan nyeri leher. Beberapa contoh seperti minyak peppermint, zaitun dan lavender dipercaya efektif melawan otot kaku. Cara mengobati sakit leher ini, Anda hanya mencampurkan ketiga minyak tersebut lalu pijat pada leher secara perlahan.

Minyak kelapa biasa pun mengobati leher kaku, lho. Memijat area leher yang sakit dengan minyak ini dapat memperbaiki aliran darah serta mengurangi rasa sakit. Caranya, Anda hanya menyiapkan satu sendok minyak kelapa yang hangat, lalu gunakan untuk memijat leher Anda.

Nah, itulah beberapa cara penanganan dari penyebab kelainan otot leher kaku. Mudah sekali bukan diaplikasikan dalam sehari-hari? Penting sekali untuk mencegah adanya penyakit leher kaku. Anda juga harus melakukan olahraga agar kesehatan persendian tetap sehat dan terjaga.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara mengatasi sakit kepala sebelah

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat, Coba Yuk!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penggunaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *