Inilah Gejala dan Faktor Penyebab Batuk Berdahak Tak Kunjung Sembuh

Sumbersehat.comDengan mengetahui faktor penyebab batuk berdahak tak kunjung sembuh, anda dapat terhindar dari penyakit ini. Batuk merupakan gangguan kesehatan yang menyebalkan. Tidak hanya suaranya yang mengganggu, melainkan juga rasa sakit yang ditimbulkannya.

Ada berbagai macam batuk yang dapat menyerang seseorang (batuk akut, batuk sub akut dan batuk kronik). Batuk yang terjadi dalam waktu kurang dari 3 minggu dinamakan batuk akut. Sementara batuk subakut biasanya terjadi dalam rentang waktu 3-8 minggu. Sementara batuk kronik yang biasanya terjadi lebih dari 8 minggu.

Gejala Batuk Berdahak

Berikut ini gejala batuk berdahak yang perlu anda perhatikan agar segera mendapatkan penanganan:

  • Demam yang tak kunjung sembuh lebih dari satu minggu.
  • Merasakan dada yang sesak atau biasa disebut nyeri dada.
  • Batuk yang disertai dengan keluarnya darah.
  • Biasanya akan muncul keringat di malam hari disertai dengan rasa terbakar di dada.

Setelah mengetahui gejala batuk berdahak, selanjutnya kita bahasa tentang faktor penyebab batuk berdahak.

Inilah Penyebab Batuk Berdahak Tak Kunjung Sembuh

Ada beberapa faktor penyebab batuk berdahak tak kunjung sembuh, entah itu dari makanan maupun kebiasaan, diantaranya:

Kecanduan Merokok maupun Menjadi Perokok Pasif

Seperti yang tertera di dalam bungkus rokok, bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit di dalam tubuh, salah satunya adalah batuk. Meski sudah diketahui, tapi faktor penyebab batuk berdahak tak kunjung sembuh ini masih saja diabaikan oleh banyak orang.

Baca juga : Berikut Ini 7 Kebiasaan untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Padahal efeknya sangat besar, tidak hanya perokok aktif, namun perokok pasif pun dapan terkena imbasnya dari para perokok aktif. Jadi, jika anda dan keluarga ingin terhindar dari batuk serta penyakit lainnya akibat, lebih baik berhenti merokok sekarang juga.

Terkena Polusi Udara

Paparan polusi udara juga menjadi faktor penyebab batuk berdahak tak kunjung sembuh. Tak dipungkiri bahwasanya saat ini banyak sekali kendaraan berlalu-lalang di jalanan, hal ini dikarenakan hampir setiap orang pasti memiliki kendaraan. Dengan merayapnya kendaraan, mengakibatkan polusi udara yang tak dapat dielakkan lagi.

Polusi ini tidak hanya mengandung zat karbondioksida saja yang tidak baik untuk tubuh, tapi juga mengandung kuman dan bakteri. Akibatnya, anda bisa menderita banyak penyakit bila terkena polusi udara terus-menerus, tak terkecuali batuk. Untuk menghindari faktor penyebab batuk berdahak ini, anda bisa menggunakan masker.

Saluran Pernapasan Terkena Infeksi Virus atau Bakteri

Adanya infeksi virus atau bakter pada saluran pernapasan membuat anda mengalami gejala-gejala batuk berdahak. Agar terhindar dari faktor penyebab batuk berdahak tak kunjung sembuh ini, lakukan vaksin dan upayakan hidup sehat setiap hari. Infeksi ini biasanya menyebabkan penyakit TBC, bronkhitis hingga batuk rejan.

Terlalu Banyak Dahak di Hidung dan Tenggorokan

Salah satu faktor penyebab batuk berdahak tak kunjung sembuh adalah karena adanya dahak yang berlebihan di hidung maupun tenggorokan. Jika volumenya melampaui batas, maka dapat menyebabkan terinfeksi sinus. Tidak hanya sinus saja, namun infeksi paru-paru basah juga menghantau anda.

Memiliki Riwayat Penyakit Asma

Salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan adalah asma. Penyakit ini merupakan faktor penyebab batuk berdahak tak kunjung sembuh. Meskipun gejala asma adalah mengalami kesulitan untuk bernapas dan sesak di bagian dada, tapi penderitanya rentan terkena batuk.

Baca juga : Ketahui 5 Cara Menghilangkan Benjolan di Kepala Belakang Sendiri di Rumah

Jika Anda memiliki asma dan disertai batuk tak kunjung sembuh, segeralah periksakan diri Anda ke dokter. Cek kondisi penyakit asma yang anda derita dan konsultasikan lebih lanjut kepada dokter tentang batuk yang anda rasakan itu.

Kurang Minum

Kurang konsumsi air putih juga bisa menyebabkan anda mengalami batuk berdahak maupun batuk kering. Air minum dapat melonggarkan saluran pernapasan dan membuat dahak keluar. Itu bisa membersihkan tenggorokan. Jika tenggorokan bersih, maka anda tidak akan batuk.

Oleh karena itu, kurang minum bisa menjadi faktor penyebab batuk berdahak tak kunjung sembuh. Selain air putih, anda bisa mengonsumsi jus buah dan beberapa minuman sehat lainnya. Hindari mengonsumsi kafein dan minuman bersoda terlalu banyak, terutama saat batuk.

Demikianlah gejala dan faktor penyebab batuk berdahak tak kunjung sembuh yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga menambah wawasan serta pengetahuan Anda dalam menangani dan mengenali gejala batuk berdahak tak kunjung sembuh.

Jika Anda merasakan batuk tak kunjung sembuh dan terus-menerus mengeluarkan dahak, segeralah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Nantikan info tentang kesehatan dan penyakit lainnya dengan selalu berkunjung di Sumber Sehat Website.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *