Selain Corona, Ini Dia 5 Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus dan Cara Penanganannya!

Tak hanya corona, sebenarnya ada banyak penyakit yang disebabkan oleh virus dan lebih berbahaya. Oleh karena itu, anda harus waspada ketika sedang tidak enak badan?

Kepala pusing, otot nyeri, dan suhu tubuh meningkat? Jika anda mengalaminya, mungkin anda sedang merasakan tanda-tanda adanya serangan virus dalam tubuh.

Terkadang orang awam salah membedakan antara penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri, sehingga penanganannya kurang tepat. Saat ini seluruh dunia sedang berjuang melawan COVID-19 atau Virus Corona.

Namun, tahukah Anda bahwa selain Virus Corona, terdapat beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus-virus lain, lho. Berikut 5 jenis penyakit yang ditimbulkan virus dan bagaimana cara penanganannya!

Inilah 5 Jenis Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus

 

Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus selain Covid-19 dan itu perlu anda ketahui, diantaranya:

Pilek dan flu

 

Anda pasti pernah terserang pilek dan flu, bukan? Kedua penyakit yang paling umum (dan paling menjengkelkan) ini terjadi akibat virus. Ketika virus masuk dan menginfeksi hidung, tenggorokan, dan sinus, maka hidung akan terus-menerus mengeluarkan lendir.

Selain itu, gejala penyakit pilek adalah demam, batuk, dan sakit tenggorokan biasanya juga akan menyertai. Nah, hampir sama dengan pilek, flu juga menyerang daerah hidung, tenggorokan, dan bahkan paru-paru. Gejala yang ditimbulkan pun sama.

Yang membedakan yaitu flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Serangan flu biasanya mendadak dan cepat. Penularannya pun juga sangat mudah.

Lalu, cara penanganan penyakit pilek dan flu adalah dengan istirahat yang cukup karena sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jikalau ingin mempercepat penyembuhannya, anda dapat mengonsumsi obat.

Obat pilek dan flu dapat ditemukan dengan mudah dan dijual bebas di apotek. Jangan lupa juga minum air hangat serta konsumsi vitamin C.

Hepatitis A

 

Berikutnya, penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu hepatitis A. Virus Hepatitis A menginfeksi organ hati. Salah satu penyebab penyakit hepatitis A yakni sering jajan sembarangan atau tidak menjaga kebersihan.

Lingkungan yang tidak higienis bisa menjadi salah satu sarana penularan virus Hepatitis A. Gejala penyakit hepatitis A antara lain pusing, diare, mual, ingin muntah, hingga kehilangan nafsu makan disertai nyeri pada otot.

Cara penanganan penyakit hepatitis A dilakukan dengan pemeriksaan ke dokter. Tapi umumnya, penyakit ini bisa hilang sendiri dengan seiring dengan peningkatan kekebalan tubuh.

Obat-obatan hanya akan membantu meringankan gejalanya saja. Yang terpenting yaitu selalu menjaga kebersihan lingkungan, tidak mengonsumsi alkohol,serta melakukan vaksinasi virus Hepatitis A.

Hepatitis B

 

Tidak hanya hepatitis A saja yang menyerang organ hati, tapi penyakit hepatitis B juga sama. Hepatitis B merupakan penyakit disebabkan oleh virus Hepatitis B. Penularan bisa terjadi apabila Anda melakukan kontak dengan pasien terjangkit melalui cairan tubuh.

Bisa pula akibat hubungan seks atau pemakaian jarum yang tidak steril. Gejala penyakit hepatitis B, antara lain munculnya ruam disertai nyeri sendi, kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, dan lain-lain.

Kemudian, cara penanganan penyakit hepatitis B antara satu pasien dengan pasien lain tidak selalu sama. Pada beberapa kasus hepatitis akut, pemberian obat pada pasien, mesti dipertimbangkan hati-hati supaya tidak memberikan efek buruk pada fungsi hati.

Sehingga, ketika sudah merasakan adanya tanda-tanda atau gejala hepatitis B, segeralah konsultasi ke dokter. Karena jika dibiarkan bisa berakibat fatal pada organ hati dan pastinya berpengaruh juga pada fungsi organ lain.

Rubella

 

Virus Rubella bisa menginfeksi seseorang melalui udara lalu masuk ke saluran pernapasan. Meskipun pada banyak kasus Rubella menyerang anak-anak dan remaja, tetapi virus ini juga bisa menyerang orang dewasa.

Bahkan bilsa virus Rubella menjangkiti ibu hamil, dapat berdampak fatal pada janin yang dikandung. Cara penanganan penyakit rubella, mulai dengan Istirahat yang cukup.

Lalu, mengonsumsi obat penurun demam dapat dilakukan untuk mengurangi gejala penyakitnya. Vaksinasi pada bayi dan anak-anak juga diperlukan sebagai cara pencegahan terbaik.

Virus zika

 

Terakhir, ada penyakit virus zika yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus zika dan ditularkan nyamuk Aedes aegypti. Jadi, nyamuk ini tidak hanya menularkan demam berdarah saja, maka anda harus berhati-hati. Infeksi virus zika pada manusia lewat gigitan nyamuk.

Adapun gejala penyakit virus zika adalah demam, sakit kepala, keletihan, serta nyeri otot dan sendi. Penyakit ini juga bisa diturunkan dari ibu kepada janinnya. Cara penanganan penyakit virus zika, saat ini belum ada obat spesifik.

Pasien diimbau untuk beristirahat cukup dan mengonsumsi obat-obatan yang mengandung paracetamol guna meredakan demam. Kalau anda atau keluarga mengalami gejala di atas, maka harus segera dibawa ke dokter.

Yuk, cegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus dengan kesadaran pribadi. Saat in, kita semua sedang berperang melawan virus COVID-19 dan berbagai penyakit lainnya.

Baca juga : Virus Corona, Kenali Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Anda tentu ingin keluarga dan orang-orang tercinta tetap sehat dan bisa beraktivitas seperti biasa, ‘kan? Untuk memerangi serangan virus, tidak hanya dibutuhkan obat-obatan dan penanganan medis, tetapi juga kesadaran kita semua sebagai langkah pencegahan.

Segera periksakan ke dokter apabila terjadi gejala-gejala penyakit yang disebabkan oleh virus atau terdapat gejala aneh pada tubuh. Beristirahatlah di rumah untuk menghindari risiko penularan, olahraga dan saling mengingatkan untuk mulai hidup sehat dari sekarang.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *