Kenali 6 Penyakit pada Hati yang Patut Diwaspadai

Sumbersehat.com – Penyakit pada hati harus di deteksi sejak dini karena hati atau lever termasuk organ tubuh manusia yang paling penting. Hati bertugas untuk membersihkan darah, menyimpan nutrisi, hingga membantu proses pencernaan.

Penyakit pada hati muncul ketika fungsi hati menurun. Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari infeksi virus, kebiasaan meminum alkohol secara berlebihan, hingga penerapan gaya hidup yang tidak sehat. Berikut adalah penyakit pada hati yang mungkin belum anda tahu!

Inilah 6 Penyakit pada Hati yang Jarang Diketahui

Untuk menambah pengetahuan anda, ini dia penyakit pada hati yang tidak banyak orang tahu:

Hepatitis

Penyakit pada hati yang pertama adalah hepatitis. Penyakit ini menyebabkan timbulnya peradangan pada organ hati. Terdapat beberapa jenis hepatitis yang membedakannya satu sama lain yaitu Hepatitis A, B, C, D, E dan autoimun. Penyebab keenam jenis penyakit tersebut adalah serangan infeksi virus.

Baca juga : Ini 6 Penyebab Sakit Kepala Setiap Hari yang Anda Alami

Seseorang yang mengalami penyakit hepatitis akan merasakan serangkaian gejala. Gejala hepatitis yang timbul antara lain munculnya demam, perasaan mual dan muntah, badan lemas, hingga nyeri perut.

Sirosis

Kedua, ada penyakit hati yang dinamakan Sirosis. Penyakit Sirosis adalah keadaan ketika terbentuknya jaringan parut dan menyebabkan rusaknya organ hati. Penyakit pada hati ini terjadi akibat terjangkit virus hepatitis. Selain itu, pecandu alkohol juga rawan terjangkit Sirosis.

Degradasi pada organ hati terjadi dengan perlahan. Akan muncul cedera pada hati, yang mana kondisi ini mendorong terbentuknya jaringan parut. Jaringan parut yang terbentuk inilah yang nantinya bisa mengganggu fungsi hati apabila sudah tumbuh terlalu banyak.

Hemokromatosis

Selanjutnya, dinamakan hemokromatosis yang merupakan salah satu penyakit hati yang timbul akibat tubuh kelebihan kadar zat besi. Zat besi yang tertumpuk dalam organ tubuh dapat memicu munculnya penyakit serius seperti gagal jantung.

Gejala hemokrotosis ada beberapa macam. Mulai dari nyeri pada sendi, sakit perut, tubuh lemas, turunnya berat badan, hingga warna kulit berubah keabuan. Penanganan yang cepat dan tepat merupakan kunci utama untuk mengatasi penyakit ini.

Apabila tidak segera ditindaklanjuti, penderita penyakit pada hati ini akan mengalami risiko terjangkit penyakit lain. Penyakit yang dimaksud yaitu diabetes, impotensi, radang sendi, hingga gagal jantung.

Kanker Hati

Biasanya, kanker hati terjadi setelah sel kanker yang lebih dulu menyerang organ tubuh lain menyebar ke hati. Indikasi kanker hati bisa dilihat dari tanda-tanda seperti gatal-gatal, hilang nafsu makan, mudah lelah, hingga munculnya memar.

Baca juga : 8 Cara Pengobatan Osteoarthritis yang Dapat Anda Terapkan!

Jika semakin parah, penderita penyakit kanker hati akan mengalami pembengkakan pada hati yang membuatnya merasa sensasi kembung setiap saat. Anda harus menerapkan gaya hidup sehat, jika ingin menghindari penyakit pada hati ini.

Abses Hati

Abses hati termasuk penyakit hati yang ditandai dengan adanya lubang-lubang kecil berisi nanah yang bermunculan. Penyebab abses hati bisa karena infeksi bakteri atau parasit. Di dunia kedokteran, abses yang dikarenakan infeksi bakteri disebut abses hepar.

Adapun gejala abses hati antara lain panas dingin, nyeri perut di bagian kanan atas, muntah, hingga urin berwarna gelap. Sementara abses yang dikarenakan parasit disebut abses hepar piogenik. Gejalanya antara lain nyeri perut bagian atas kanan, nyeri dada bagian kanan bawah, hingga feses berwarna abu-abu.

Fatty Liver (Perlemakan Hati)

Penyakit fatty liver adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyak penumpukan lemak di organ hati, sehingga fungsi hati terganggu. Penyakit hati ini disebut juga steatohepatitis dan jika tidak diobati, bisa menjadi penyebab peradangan hati.

Salah satu penyebab fatty liver ini akibat konsumsi alkohol berlebihan. Sehingga, cara untuk menghindari penyakit pada hati ini adalah menghindari alkohol, lindungi diri dari paparan bahan kimia berbahaya dan lainnya.

Kelima penyakit pada hati yang telah disebutkan di atas dapat sangat berbahaya dan perlu segera diatasi. Hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut jika anda mengalami satu atau lebih gejala dari penyakit pada hati yang sudah diulas. Sebagai pencegahan, anda bisa mengurangi alkohol dan menjaga gaya hidup sehat.

Simak terus Sumber Sehat untuk mendapatkan informasi lebih banyak lagi tentang kesehatan dan penyakit.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

Pantangan Makanan untuk Penderita Diabetes

8 Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes, Hindari Ini Ya!

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes – Bagi penderita diabetes tentunya terdapat beberapa makanan yang harus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.