12 Penyakit Pada Bayi Usia 0 6 Bulan yang Harus Para Ibu Tahu

Saat bayi baru lahir, utamanya saat ia berusia 0 hingga 6 bulan. Biasanya orang tua akan sangat merasa khawatir dengan kesehatannya. Karena pada usia ini, bayi akan mudah sekali terkontaminasi berbagai penyakit. Jika orang tua tidak sigap maka akan sangat berbahaya bagi kelangsungan nya di masa depan. Ada beberapa jenis penyakit pada bayi usia 0 6 bulan yang sering terjadi, apa saja itu?

1. Distensi Perut

Distensi perut atau perut kembung merupakan salah satu jenis penyakit yang paling sering sekali dialami oleh bayi pada usia 0 hingga 6 bulan. Penyakit ini biasanya adalah karena adanya angin d dalam perut di bayi.

Namun dalam kondisi tertentu perut kembung ini bisa berbahaya bagi kesehatan si bayi. Jika perut bayi kembung dan keras, segera hubungi dan lakukan konsultasi dengan dokter. Di khawatirkan ada hal serius lain yang di derita si bayi.

2. Penyakit Kuning

Bayi yang baru lahir memiliki kadar biliruin yang tinggi sedangkan organ hati bayi masih belum  berkembang dengan baik. Efeknya kulit bayi akan ke Kuning-kuningan. Ini adalah jenis penyakit pada bayi usia 0 6 bulan saat ia pertama dilahirkan.

Salah satu cara paling sederhana yang dapat digunakan untuk atasi hal ini adalah dengan menjemur bayi di pagi hari melalui sinar matahari. Sebenarnya penyakit ini dapat hilang dengan sendirinya pada usia 10 hari sejak dilahirkan.

3. Muntah Hijau

Muntah adalah salah satu penyakit yang juga sering kali dialami bayi yang baru lahir. Bahkan hampir setiap bayi mengalami hal tersebut. Hal ini dikarenakan penyesuaian susu yang  baru ia minum dari ibunya ketika pertama kali ia lahir.

Namun hal tersebut bisa menjadi tidak wajar apabila terjadi dalam frekuensi yang lebih sering dan lebih tinggi. Apalagi jika berwarna hijau, hal ini biasanya terjadi karena ada infeksi. Jika terjadi demikian maka konsultasi-kan dengan dokter anak.

4. Pilek atau Flu

Salah satu jenis penyakit pada bayi usia 0 6 bulan yang juga sering terjadi adalah pilek dan flu. Kedua jenis penyakit ini memang sering sekali dialami oleh bayi. Hal ini terjadi karena produksi lendir berlebih akibat terjadi infeksi pada saluran pernafasan bayi.

Pada gejala lebih lanjut bayi akan mengalami demam dan sulit untuk tidur. Hal ini karena tidak nyaman pernafasan nya yang tersengal dan terganggu.  Bayi tidak akan nyaman dalam keadaan itu, biasanya ia akan menangis.

5. Respirator Syncytial Virus (RSV)

Respirator Syncytial Virus atau RSV ini merupakan sebuah jenis virus yang menyerang bayi saat pertama kali ia lahir. Masalah ini jangan anda anggap sepele, karena virus ini bisa menjadi sangat serius sekali.

Gejala yang sering muncul pada bayi yang mengalami Respirator Syncytial Virus  ini adalah seperti pilek, demam, batuk dan juga sesak. Gejala-gejala ini biasanya akan berlangsung selama 1 Minggu. Bahayanya jika penyakit ini menyerang saluran bronkus maka bisa mengakibatkan bronkitis pada bayi.

6. Diare

Bukan hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami diare. Bahkan penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang sering dialami bayi. Bayi yang mengalami hal ini biasanya akan sering sekali pup dan bentuknya encer tidak padat.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh infeksi terhadap virus, bakteri ataupun jenis obat-obatan. Risiko tertinggi dari penyakit ini untuk bayi adalah dehidrasi yang membuatnya kehilangan banyak cairan dari tubuhnya.

7. Infeksi Telinga

Selain beberapa jenis penyakit diatas, salah satu jenis penyakit pada bayi usia 0 6 bulan adalah infeksi pada saluran telinganya. Hal ini berawal dari sakit flu yang sering sekali dialami oleh bayi. Cairan lendir akan menumpuk dibagian telinga tengah, kemudian akan di jadikan sebagai sarang bakteri untuk menginfeksi saluran telinga.

Efeknya akan bayi akan merasa sakit yang lumayan, hingga membuatnya merasa rewel dan menangis dalam waktu yang lama. Tanda paling mudah dikenali adalah munculnya cairan kuning dari telinga bayi. Jika demikian, maka segera konsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan penanganan yang intensif.

8. Demam

Demam adalah jenis penyakit pada bayi usia 0 6 bulan yang juga paling umum terjadi. Bayi dinyatakan demam apabila suhu tubuhnya mencapai 37 derajat celsius. Hal ini kadang membuat banyak orang tua merasa cemas dan khawatir.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh terjadinya infeksi bakteri atau virus. Umumnya, bayi akan batuk atau pilek. Kemudian pada tingkatan yang lebih tinggi bayi akan mengalami demam tinggi. segera bawa bayi ke klinik atau ke dokter terdekat.

9. Sulit BAB

Sulit BAB juga merupakan salah satu penyakit pada bayi usia 0 6 bulan. Peses yang keras membuat bayi sulit untuk mengeluarkannya. Sulit BAB ini biasanya dialami oleh bayi karena kekurangan cairan dalam tubuhnya. Konsultasi dengan dokter adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini dengan tepat dan cepat.

10. GERD

Penyakit yang satu ini juga kerap kali membuat orang tua bayi merasa cemas dan kebingungan dibuatnya. Pasalnya, ketika bayi mengalami masalah GERD ini ia akan sangat rewel dan menangis sejadi-jadinya.

Masalah ini terjadi karena asam lambung bayi naik ke esofagus yang dapat menimbulkan rasa sakit dan perih. Biasanya bayi akan mual dan muntah-muntah. Jika bayi anda mengalami hal ini maka lakukan penanganan yang tepat dengan membawanya ke dokter atau klinik terdekat di rumah anda.

11. Tersedak

Penyakit pada bayi usia 0 6 bulan yang satu ini juga sering kali terjadi pada bayi. Hal ini wajar saja terjadi karena perkembangan syaraf sensorik yang  dimiliki bayi belum berkembang dengan baik. Sehingga bayi kadang terburu-buru ketika  menyedot ASI dari ibunya.

Jika bayi mengalami tersedak seperti ini maka cukup telungkupkan ia dan tepuk-tepuk pundaknya agar air keluar. Jika bayi masih mengalami susah nafas, maka segera bawa ke dokter agar mendapat penanganan intensif dan tidak menimbulkan masalah yang lebih serius lagi.

12. Keracunan

Balita biasanya memiliki rasa penasaran yang tinggi dan serba ingin coba apapun itu tanpa pikir risiko. Wajar saja, karena dia belum memiliki pikiran normal layaknya orang dewasa yang sudah bisa mengidentifikasi bahaya dari risiko dari sesuatu yang dicoba dan dilakukannya.

Balita biasanya ketika melihat apapun akan selalu dimasukkan kedalam mulutnya, tidak peduli apakah itu bahaya atau tidak, bahkan dia tidak tahu apakah itu beracun atau tidak. Hal ini sering kali menyebabkan balita mengalami keracunan. Maka dari itu penting sekali mengawasi balita saat balita bermain, karena apapun yang dipegangnya pasti akan dimasukkan ke dalam mulutnya.

Itulah beberapa jenis penyakit pada bayi usia 0 6 bulan yang paling sering kali dialami. Hati-hati saat melakukan penanganan, lebih baik konsultasi-kan dengan baik bersama dokter agar tidak salah menangani masalahnya. Dengan demikian maka bayi akan tertangani dengan baik dan tidak akan menimbulkan masalah lain yang mungkin akan jauh lebih berisiko dan bisa membahayakan keselamatan si balita.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *