8 Gejala Utama Penyakit Gusi yang Wajib Anda Ketahui!

Sumbersehat.com – Kesehatan gigi dan mulut itu penting sekali dijaga karena berkaitan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sehingga, penting sekali mendeteksi gejala penyakit gusi sejak dini. Gusi yang sakit dapat menyebabkan berbagai masalah mulut juga.

Perlu anda ketahui bahwa sakit gusi atau penyakit periodontal bisa muncul karena adanya bakteri pada mulut anda. Kemudian, membentuk plak dan akhirnya mengeras membentuk karang gigi.

Jika karang gigi ini tidak diatas, maka bisa membuat gusi membengkak dan kalau dibiarkan bisa mengeluarkan nanah. Tentunya, anda tidak mau bukan mengalami masalah dengan gusi? Untuk itu, simak ulasan tanda-tanda penyakit gusi di bawah ini!

Inilah Gejala Penyakit Gusi yang Utama

Ada beberapa tanda-tanda awal munculnya penyakit gusi yang perlu anda ketahui, diantaranya:

Gusi berdarah

Gusi Anda mudah berdarah selama aktivitas normal seperti menyikat gigi atau flossing. Ini adalah salah satu tanda pertama penyakit gusi. Apabila membiarkan gusi sensitive ini, maka akan menimbulkan masalah lain seperti radang gusi atau gusi bernanah.

Untuk bisa mengatasi masalah periodontal ini, selain obat alami gusi berdarah, anda harus tahu penyebab gusi berdarah. Dengan begitu, anda dapat menghindari penyebabnya itu. Sehingga, proses penyembuhan gusi berdarah dapat berjalan maksimal.

Gusi tampak menjauh dari gigi

Gejala penyakit gusi berikutnya adalah gusi tampak menjauh dari gigi atau gusi dengan gigi tidak rapat. Mungkin ketika anda tersenyum ke cermin dan melihat gusi anda tampak tidak rapat pangkal gigi Anda, maka pertanda ini peringatan.

Terkadang, ini juga terasa saat anda menggerakkan lidah di sekitar mulut. Gusi yang seperti ini biasanya terasa agak sakit dan menegang. Jadi, di saat gusi anda seperti ini, anda perlu lebih insentif dalam merawat mulut anda gigi anda.

Gunakan pasta gigi yang dapat membunuh kuman dan bakteri di mulut. Sebaiknya juga, anda memeriksakan ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali.

Munculnya radang gusi atau gusi bengkak

Jika anda merasakan gusi membengkak atau radang gusi, berarti ada masalah pada mulut dan gigi anda. Anda harus lebih berhati-hati saat menggosok gigi, pastikan anda menggosok gigi secara perlahan saat di bagian gusi yang bengkak. Sehingga, tidak menjadi penyebab gusi berdarah.

Terkadang gusi bengkak ini disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, terkena gosokan sikat, dan lain-lain. Kalau hanya terkena sikat gigi, mungkin tidak menandakan penyakit gusi yang parah. Asalkan anda memperlakukan perawatan dengan baik, maka gusi akan kembali normal. Tapi jika selain itu, anda perlu waspada.

Muncul nanah di sela-sela gigi

Apabila sudah muncul nanah di sela-sela gigi, itu berarti gejala penyakit gusi sudah cukup parah. Ini juga cukup menjijikkan, meskipun keluar dari gigi sendiri. Anda perlu datang ke dokter dan mendapatkan perawatan khusus. Munculnya nanah bisa bertambah banyak saat anda menekan antara gusi dan gigi.

Atur makan anda dan pastikan menjaga kebersihan gigi maupun mulut selama gangguan ini belum diatasi. Sisa-sisa makanan, bisa menambah parah gejala infeksi gusi.

Aroma mulut tak sedap

Bau mulut tak sedap juga termasuk tanda-tanda penyakit gusi yang harus segera diatasi. Sebab, tidak hanya menjadi gejala penyakit gigi dan mulut, melainkan juga tanda penyakit lain serta bisa memalukan anda saat bersosialisasi. Periksakan kondisi ini pada dokter gigi dan ikuti semua anjuran dokter.

Terjadi perubahan susunan gigi

Apakah anda mengalami perubahan susunan gigi atau gigi anda sudah tampak berbeda dari sebelum-sebelumnya? Jika memang begitu, berarti ada masalah. Entah itu karena penggunaan gigi palsu atau karena penyebab penyakit gusi lainnya.

Muncul rasa tidak enak di mulut

Pernahkan anda merasakan mulut tidak enak, walaupun makan-makanan yang lezat? Maka, anda mesti memeriksakan ke dokter. Kondisi ini bisa terjadi karena nanah yang bercampur dengan air liur.

Baca Juga : Ketahui 17 Cara Menyehatkan Jantung untuk Hidup Panjang!

Terasa sakit saat mengunyah

Kalau anda merasakan sakit atau nyeri ketika mengunyah makanan, sementara tidak ada gigi berlubang, bisa jadi tanda penyakit gusi. Kemungkinan, mengalami gingivitis ataupun periodontitis.

Jika mengalami gejala seperti ini, anda harus segera membuat janji dengan dokter gigi. Dokter yang lebih tahu tentang jenis penyakit gusi yang anda derita. Dengan pengobatan cepat, gejala-gejala ini dapat reda dengan cepat dan anda dapat melawan penyakit gusi yang berbahaya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *