7 Jenis Penyakit Gangguan Jiwa yang Paling Banyak Diderita

Sumbersehat.com – Penyakit gangguan jiwa atau gangguan mental merupakan penyakit yang membuat penderitanya mengalami ketidakstabilan pola pikir, perilaku, dan emosi. Ada banyak jenis penyakit mental yang mungkin dialami seseorang.

Mengonsumsi obat-obatan dan melakukan psikoterapi bisa mengobati gangguannya. Biasanya dokter juga menyarankan agar si penderita melakukan gaya hidup sehat untuk mengimbangi obat dan psikoterapi. Gejala penyakit gangguan jiwa bermacam-macam, tergantung jenis penyakit mental yang di derita. Berikut ulasannya!

Gejala-gejala Penyakit Gangguan Jiwa

Ada beberapa gejala gangguan mental untuk mengetahui apakah yang di derita terganggu mentalnya atau tidak, antara lain:

  • Perasaan cemas dan sedih berlebihan
  • Halusinasi dan delusi
  • Gangguan pada nafsu makan
  • Pola tidur yang berubah
  • Melakukan perilaku-perilaku yang tidak biasanya dilakukan

Baca juga : Penyebab, Gejala dan Pengobatan Gangguan Jiwa, Simak Yuk!

Nah, anda perlu mengetahui dulu apa saja jenis-jenis penyakit gangguan jiwa sebelum memilih pengobatan yang tepat.

Inilah Jenis-jenis Penyakit Gangguan Jiwa

Berikut kami jabarkan mengenai 7 jenis penyakit gangguan mental yang paling sering dijumpai. Silakan disimak!

1. Gangguan kecemasan/ Anxiety disorder

Jenis penyakit gangguan jiwa yang pertama adalah gangguan kecemasan/Anxiety disorder. Penderita gangguan ini mudah merasa cemas saat dihadapkan pada situasi atau objek tertentu. Umumnya, rasa cemas yang timbul akan disertai dengan ketakutan hebat, detak jantung semakin cepat, muncul keringat, dan susah konsentrasi.

Jika sudah parah, penderita penyakit gangguan mental ini berisiko mengalami panic attack atau serangan rasa panik yang mendadak. Serangan ini dapat berlangsung lama, cenderung sukar dikendalikan, dan mengganggu aktivitas.

2. Gangguan makan/ Eating disorder

Nah, penyakit gangguan jiwa yang kedua yaitu gangguan makan atau eating disorder. Meskipun tampaknya sepele dan kadang luput dari perhatian, gangguan ini dapat berakibat fatal. Gangguan yang kerap menimpa penderita eating disorder  yaitu timbulnya anoreksia.

Anoreksia merupakan kecenderungan untuk menganggap diri sendiri gendut, sehingga menyebabkan anda takut untuk makan.Gangguan lain yang juga mungkin dialami adalah bulimia nervosa dan binge-eating.

Bulimia nervosa adalah keinginan untuk makan dalam jumlah banyak lalu memuntahkannya kembali. Sedangkan binge-eating adalah hasrat makan yang berlebihan dan susah untuk dikontrol.

3. Gangguan obsesif-kompulsif/ OCD

Barangkali jenis penyakit gangguan mental yang satu ini sudah sering anda dengar atau jumpai. Yap, OCD merupakan gangguan mental yang membuat seseorang terobsesi pada standar tertentu. Misalnya semua peralatan rumah harus bersih, jumlah alat tulis di laci kantor harus genap, atau kebiasaan mencuci tangan terus-menerus.

Apabila standar tersebut tidak dilakukan, maka akan membuat si penderita OCD merasa tidak nyaman dan uring-uringan. Sebenarnya, gangguan OCD tidak berbahaya. Banyak penderita OCD yang bisa hidup normal seperti kebanyakan orang biasa.

4. Gangguan stres pascatrauma/ Post-traumatic stress disorder

Bagi yang pernah mengalami trauma, bisa saja mengalami penyakit gangguan jiwa post traumatic stres. Gangguan ini dapat terjadi pada seseorang yang punya pengalaman traumatis di masa lalu, seperti pelecehan atau kekerasan.

Umumnya, mereka tidak bisa berdamai dengan kejadian masa lalu dan terus menyalahkan diri sendiri atas keadaan tersebut. Penderita gangguan ini cenderung menghindar kondisi yang dapat memicu timbulnya kenangan masa lalu.

Selain itu, mereka kadang memiliki prasangka buruk terhadap orang-orang yang punya kesamaan dengan orang di masa lalunya. Jadi, ketika ada yang mengalami trauma di masa lalu, sebaiknya ada pendampingan dari orang terdekat.

5. Gangguan mood

Jenis penyakit gangguan mental berikutnya adalah gangguan mood. Orang yang menderita gangguan ini akan mengalami mood swing atau perubahan emosi. Emosi bisa berubah-ubah secara cepat dan drastis, seperti mudah senang dan kemudian mudah sedih.

Terdapat beberapa jenis gangguan mood, seperti bipolar, gangguan depresi mayor, dysthymia, dan seasonal affective disorder.

Baca juga : 5 Kiat Mencari Tahu Arti Keras Kepala dan Cara Mengelolanya

6. Gangguan Psikosis

Terakhir adalah gangguan psikosis. Gangguan ini membuat penderitanya mengalami delusi dan halusinasi. Penderitanya akan seperti melihat, mendengar dan merasakan sesuatu seolah-olah nyata, tapi sebetulnya itu tidak nyata. Contoh gangguan psikosis adalah skizofrenia.

7. Penyakit tidak bisa mengontrol kemauan

Salah satu penyakit gangguan jiwa yang paling umum dialami banyak orang adalah penyakit tidak bisa menolak keinginannya. Bahkan banyak penderitanya tidak sadar kalau keinginannya itu bisa membahayakan dirinya maupun orang lain.

Saat penderita menginginkan sesuatu, maka dia akan melakukan atau menuruti kemauannya itu. Penyakit jiwa yang tergolong dalam kategori ini adalah kleptomania, piromania dan lain-lain.

Itulah tadi 7 jenis penyakit gangguan jiwa yang perlu anda tahu. Penderita penyakit gangguan mental memerlukan penanganan intensif serta dukungan dari orang-orang di sekitaragar bisa segera sembuh.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan pihak profesional guna mendapatkan penanganan terbaik. Selain itu, hindari melakukan diagnosa sendiri, ya. Yuk, tetap semangat untuk menjadi lebih sehat!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *