5 Cara Mengobati Penyakit Benjolan pada Dubur secara Alami

Sumbersehat.com – Pada dasarnya, penyakit benjolan pada dubur bermacam-macam jenisnya. Penyakit yang umum terjadi adalah wasir atau ambeien. Benjolan daging yang tumbuh pada dubur ini terasa sakit terutama saat buang air besar.

Ketika Anda meraba bagian dubur, ada benjolan berukuran kecil dan lunak. Benjolan tersebut merupakan lapisan selaput lendir yang kendur sebagai akibat kebiasaan mengejaan saat buang air besar. Pembuluh darah bengkak dan robek sehingga terjadi pendarahan.

Apa Penyebab Benjolan pada Dubur?

Selain mengejan terlalu lama saat buang air besar, masih ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang memicu wasir atau ambeien atau hemoroid. Kita tidak sadar bahwa banyak dari kebiasan sehari-hari yang memicu terbentuknya benjolan daging pada dubur. Lantas, kebiasaan seperti apa yang menimbulkan penyakit wasir?

baca juga : 7 Gangguan Sistem Pencernaan, Hati-hati Jangan Sembarangan Makan

Kebiasaan yang memicu wasir antara lain duduk terlalu lama, kurang serat dan air, mengangkat beban berat, dan kelebihan berat badan. Kebiasaan tersebut dilakukan secara berulang yang sehingga terjadi peradangan. Aliran darah pada dubur menjadi terhambat sehingga saat buang besar terasa nyeri.   

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Benjolan pada Dubur?

Meskipun penyakit benjolan pada dubur bisa sembuh tanpa pengobatan, nyatanya sebagian besar orang merasa terganggu. Anda dapat mengobati benjolan daging ini secara alami di rumah, berikut cara mengobati penyakit benjolan pada dubur:

Kompres dengan Es Batu

Es batu diketahui dapat meredakan pembengkakan pembuluh darah pada dubur. Cara mengobati penyakit wasir yaitu dengan membungkus es batu dengan handuk bersih. Kompres benjolan daging selama 10 sampai 15 menit. Lakukan secara berulang-ulang sampai benjolan tidak terasa sakit.

Lidah Buaya

Lidah buaya menjadi obat penyakit benjolan pada dubur karena mengandung antiinflamasi. Antiinflasmi berperan meredakan peradangan sehingga mengurangi luka pada dubur. Selain itu, lidah buaya juga mengandung antibakteri yang meredakan infeksi dan rasa gatal pada dubur akibat wasir.

Gel lidah buaya yang sudah dipisahkan dari kulitnya ditempatkan dalam wadah bersih. Selanjutnya wadah tersebut dimasukkan ke dalam kulkas hingga dingin. Gel ditempelkan pada benjolan secara langsung sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.  

Mengoleskan Minyak Mineral

Minyak mineral dinilai bisa meredakan peradangan sekaligus pembengkakan akibat penyakit benjolan pada dubur. Ada banyak minyak mineral yang ada di sekitar kita sebagai obat ambeien, diantaranya minyak kelapa, petroleum jelly, dan minyak esensial.

Baca juga : Kenali 6 Penyakit pada Hati yang Patut Diwaspadai

Tidak semua jenis minyak esensial bisa Anda gunakan. Hanya minyak esensial yang mengandung ekstrak almond, chamomile, dan minyak ikan saja yang terbukti dapat meredakan penyakit wasir.  

Berendam Air Hangat

Ambeien membuat dubur Anda terasa gatal dan sakit bukan? Anda sebaiknya mencoba untuk berandam di dalam bak yang berisi air hangat selama 20 menit. Lakukan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari hingga dubur tidak terasa sakit. Setelah berendam, jangan lupa keringkan dubur dengan menggunakan handuk bersih.

Gaya Hidup Sehat

Penyebab utama penyakit benjolan pada dubur adalah kurangnya konsumsi serat dan air. Cara yang paling mudah adakah dengan mengganti kebiasaan lama dengan gaya hidup sehat. Konsumsi makanan berserat dalam sayur, buah, dan jenis makanan lain. Jangan lupa minum air putih minimal 2 liter per hari.

Berolahraga secara rutin juga bisa meredakan ambeien atau penyakit wasir. Hal ini karena olahraga datap merangsang gerakan usus pada proses pencernaan sehingga kotoran berjalan lancar menuju dubur. Olahraga yang dianjurkan adalah aerobic, terutama jalan kaki.

Apabila penyakit benjolan pada dubur terlanjur kronis, maka sebaiknya periksakan ke dokter keperecayaan Anda. Sebagai pertolongan pertama, Anda dapat praktekkan cara-cara di atas hingga rasa sakit hilang.

Jika penyakit wasir atau ambeien masih belum sembuh dengan beberapa prosedur pengobatan, maka kemungkinan dokter akan menyarankan operasi. Operasi pengangkatan penyakit benjolan pada dubur dilakukan untuk menghindari perkembangan penyakit yang semakin parah.

Oleh karena itu, kalau anda merasakan gejala-gejala wasir atau gejala ambeien, maka segera ke dokter. Pengecekan dokter sangat disarankan karena yang lebih tahu tentang penyakit. Sedangkan pengobatan alami penyakit benjolan pada dubur, bisa dilakukan sebagai pendukung pengobatan dokter.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang beragam penyakit dan langkah sehat, tetaplah di Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara mengatasi sakit kepala sebelah

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat, Coba Yuk!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penggunaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *