Pentingnya Untuk Dapat Melakukan Penjagaan Atas Kesehatan Jiwa Lansia

Pentingnya Untuk Dapat Melakukan Penjagaan Atas Kesehatan Jiwa Lansia! Pada dasarnya dalam kehidupan ini akan muncul beberapa tahapan perkembangan yang terjadi. Mulai dari tahapan perkembangan masa kanak kanak hingga lansia tentunya memiliki karakteristik yang berbeda beda satu dengan yang lainnya. Dalam hal ini tentunya seorang lansia telah mencapai masa dimana menjadi tahapan perkembangan yang terakhir didalam kehidupan yang di jalankannya. Dengan begitu maka tidak heran apabila di saat sudah memasuki masa tahap perkembangan lansia akan terjadi banyak hal yang di hadapi oleh seorang individu. Dan hal tersebut perlu kita pahami dan pelajari dengan tepat dalam upaya untuk menghadapi tahapan perkembangan lansia.

Lansia adalah singkatan dari tahapan perkembangan lanjut usia dimana pada masa tersebut banyak hal yang terjadi. Salah satu perubahan yang terjadi pada masa lanjut usia sendiri adalah menurunnya fungsi organ tubuh yang terus terjadi sehingga sering terjadi ketidakseimbangan. Selain itu tentunya juga terjadi berbagai macam masalah kesehatan lainnya seperti pikun atau masalah penyakit yang biasanya terjadi pada usia lanjut. Pada masa perkembangan lanjut usia sendiri tentunya menjadi sebuah hal yang penting untuk mendapatkan penjagaan yang tepat pada kesehatan jiwa yang dimiliki. Supaya lansia bisa tetap mendapatkan ketenangan dan kedamaian di sisa hidup yang di jalankannya di dunia ini.

kesehatan jiwa
kesehatan jiwa

Berbicara mengenai kesehatan pada jiwa lansia sendiri menjadi sebuah masalah yang cukup krusial untuk di bahas dan di pahami lebih jauh lagi. Karena pada dasarnya di masa lanjut usia sendiri menjadi sebuah masa yang sangat penting untuk mendapatkan dukungan sosial dari lingkungan di sekitarnya. Sehingga kemudian seorang lansia tidak merasakan berbagai macam tekanan psikologi yang mungkin saja akan terjadi dari tidak adanya dukungan dari lingkungan sekitar. Untuk itulah maka memang menjadi sebuah hal yang penting bagi kita semua sebagai orang yang berada di sekeliling lansia untuk berupaya menjaga kesehatan jiwa mereka. Sehingga kemudian akan didapatkan keseimbangan kesehatan pada jiwa lansia yang pada dasarnya dapat di jaga dan dirawat dengan baik tentunya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk upaya menjaga kesehatan pada jiwa lansia dengan baik dan benar. Seperti misalnya memberikan kehangatan didalam keluarga hingga melakukan aktivitas bersama dengan lansia yang akan membantu meningkatnya kesehatan pada jiwa mereka. Tentunya semua hal tersebut penting untuk dilakukan dalam upaya untuk menjaga kesehatan pada jiwa lansia yang pada dasarnya menjadi sangat penting saat ini. Nah, didalam pembahasan kali ini tentu akan di jelaskan dengan baik mengenai beberapa alasan mengapa penting untuk menjaga kesehatan pada jiwa lansia. Sehingga akan didapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai beragam alasan mengenai pentingnya untuk menjaga kesehatan pada jiwa lansia saat ini tentunya.

Dibawah Ini Adalah Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Jiwa Lansia

Lansia mudah merasakan kesepian

Salah satu alasan pentingnya mengapa lansia harus mendapatkan kesehatan jiwa yang terus terjaga dengan baik adalah karena mereka seringkali akan merasakan kesepian. Tentunya di masa tahapan perkembangan lansia sendiri memang seringkali terjadi permasalahan kondisi psikologis yang di hadapi oleh mereka. Dimana pada dasarnya dengan adanya kesepian yang seringkali dirasakan nantinya akan menyebabkan berbagai macam persoalan. Adanya rasa kesepian yang terus menerus dirasakan akan menyebabkan adanya pemikiran yang salah didalam kehidupannya. Sehingga hal tersebut secara tidak langsung akan sangat berpengaruh pada semakin menurunnya kondisi fisik yang bisa saja akan dialami oleh seorang lansia.

Lansia sering merasakan tidak di pedulikan

Selain itu perlu untuk di pahami bersama bahwa pada tahapan perkembangan lanjut usia sendiri menjadi sebuah masa yang sangat sensitive. Dimana pada masa lansia sendiri mereka akan seringkali merasakan tidak di perdulikan oleh lingkungan yang ada di sekitar. Sehingga hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh pada adanya kesehatan pada jiwa yang akan di hadapi oleh lansia. Dengan begitu maka kemudian adanya perasaan tidak di perdulikan oleh lingkungan sekitar akan menyebabkan munculnya keputusasaan yang terjadi pada lansia. Dan itu akan sangat berbahaya bagi penurunan sistem organ yang akan dialami oleh lansia dan menyebabkan mereka mudah terserang penyakit. Untuk itu maka lingkungan sekitar memiliki fungsi yang sangat besar untuk terus menjaga dan merawat kesehatan pada jiwa lansia sehingga mereka tidak merasa sendiri lagi.

Lansia mudah mengalami kecemasan

Pada dasarnya saat seseorang sudah masuk pada tahapan perkembangan lanjut usia tentunya akan terjadi banyak sekali permasalahan yang terjadi. Munculnya kecemasan yang di hadapi oleh lansia terjadi sebagai bentuk adanya permasalahan kesehatan jiwa yang seringkali akan terjadi padan masa lanjut usia. Dimana memang semestinya akan muncul berbagai macam permasalahan psikologis yang nantinya akan dirasakan oleh lansia seperti misalnya adanya kecemasan didalam diri. Dengan begitu maka memang menjadi seniah hal yang sangatlah penting untuk dilakukan oleh lingkungan sekitar untuk bersama sama berusaha menjaga kesehatan jiwa. Sehingga kemudian akan didapatkan keseimbangan psikologis yang bisa dirasakan oleh lansia dan itu akan sangat baik pada penjagaan kondisi fisik mereka.

Lansia seringkali mengalami ketakutan dalam menghadapi kematian

Saat seseorang sudah masuk dalam tahapan perkembangan lanjut usia sendiri maka nantinya akan terjadi berbagai macam bentuk permasalahan yang biasanya akan terjadi. Seperti misalnya adanya perasaan takut akan menghadapi kematian yang akan selalu muncul didalam benak mereka. Dimana mereka akan selalu merasakan ketakutan untuk menunggu kapan waktu umurnya sudah tutup usia dan itu menjadi sebuah hal yang wajar terjadi. Sehingga memang di perlukan adanya dukungan yang diberikan oleh lingkungan sekitar seperti keluarga untuk dapat membantu mereka mengatasi masalah tersebut. Sehingga kemudian mereka tidak akan berfikir tentang kematian melainkan merasakan kebahagiaan bisa mendapatkan kasih sayang dari orang terdekatnya.

Lansia mudah mengalami depresi

Pada masa lansia akan seringkali terjadi berbagai macam permasalahan yang muncul dan mengganggu sistem kekebalan tubuh mereka. Salah satunya adalah bahwa pada dasarnya lansia sendiri akan sangat sering mengalami yang namanya depresi dalam menghadapi berbagai macam kondisi fisik yang terjadi. Dalam hal ini tentunya munculnya depresi di sebabkan karena adanya ketidakmampuan lansia dalam menghadapi masalah yang berkaitan dengan kondisi fisik yang semakin melemah. Dan pastinya hal tersebut akan menyebabkan lansia nantinya akan mengalami berbagai macam permasalahan psikologi yang akan mengganggu kesehatannya secara otomatis. Sehingga memang sangatlah di perlukan adanya dukungan sosial bagi lansia untuk dapat menjaga kesehatan jiwa mereka dengan baik dan benar.

Saat ada dukungan sosial yang diberikan dengan utuh oleh orang yang ada di sekitar mereka maka lansia akan merasakan adanya keseimbangan kesehatan jiwa dengan baik. Mungkin itu  yang bisa di uraikan mengenai alasan pentingnya lansia mendapatkan dukungan sosial untuk menjaga kesehatan jiwanya dan semoga bermanfaat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

3 Cara Makan Tauge Untuk Kesuburan

Banyak Kandungan Gizinya! Yuk Simak 3 Cara Makan Tauge Untuk Kesuburan

Sayuran yang lebih banyak dikenal sebagai kecambah ini memiliki manfaat yang sangat kaya apabila dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *