Pentingnya Udara Bersih Bagi Kesehatan Manusia, Baik Dari Segi Fisik Atau Mental dan inilah 5 manfaatnya

Pentingnya Udara Bersih Bagi Kesehatan Manusia, Baik Dari Segi Fisik Atau Mental dan inilah 5 manfaatnya. Menghirup udara yang segar dan bersih bukan hanya menyegarkan sistem pernafasan saja. Namun lebih dari itu, manfaatnya untuk kesehatan mental dan fisik juga sangat terasa. Jadi tidak heran mulai sekarang Anda harus melakukan perubahan untuk memperbaiki kualitas udara yang ada di lingkungan sekitar Anda.

Umumnya, udara yang ada di atmosfer memang tidak sebersih yang dibayangkan karena ada polutan pastinya. Jenis gas lain seperti sulfur dioksida, karbon monoksida dan juga gas lainnya pasti ada di atmosfer. Pasalnya ada banyak proses alam yang bisa mengotori atmosfer. Misalnya meletusnya gunung berapi atau sebagainya.

Hanya saja kandungan tersebut tidak terlalu banyak ditemui di udara bersih. Jadi cukup aman untuk dihirup oleh manusia. Lain halnya jika disebabkan karena aktivitas manusia seperti bahan bakar bermotor atau masalah lainnya. Lantas apa sih pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia? Bagi yang penasaran bisa langsung simak ulasan  berikut.

pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia
pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia

Berikut Pentingnya Udara Bersih Bagi Kesehatan Manusia, Baik Dari Sisi Fisik Maupun Mental

Kini banyak negara yang berkampanye udara bersih demi kesehatan manusia. Bahkan kampanye yang dimaksud juga dilakukan oleh organisasi kesehatan dunia seperti World Health Organization (WHO) yang kala itu mencanangkan BreathLife untuk mewujudkan udara bersih di seluruh dunia tahun 2030 mendatang.

Kampanye ini sejalan dengan hasil penelitian yang menyebutkan jika pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia benar-benar sangat terasa. Lantas kenapa udara bersih itu penting untuk manusia? Bagi yang penasaran bisa langsung simak ulasannya berikut;

Menyehatkan sistem pernapasan manusia

Polusi udara menjadi salah satu biang kerok utama masalah kesehatan yang menyebabkan gangguan pernafasan pada manusia. Dalam skala kecil, udara yang kotor bisa menyebabkan masalah sepeti batuk, sesak napas, menumpuknya lendir pada saluran  nafas hingga radang tenggorokan. Untuk skala besar, bahkan udara kotor bisa menyebabkan kanker hingga kematian.

Jika udara di sekitar lingkungan bersih tentu saja sistem pernapasan akan terjaga dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan tersebut. Tidak heran, jika kesehatan manusia bisa lebih terjaga. Ini adalah salah satu pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia yang sangat penting untuk Anda tahu.

Risiko terserang penyakit kronis bisa turun

Penyakit kronis seperti kanker dan lainnya adalah hal yang paling dihindari oleh sebagian besar manusia. Nah, untuk menghindari hal tersebut, udara bersih di lingkungan sekitar memiliki peran yang amat penting. Pasalnya penyakit kronis bisa disebabkan karena udara bersih yang dihirup tidak sehat atau kualitasnya buruk.

Apa saja penyakit kronis yang disebabkan karena udara kotor? Misalnya seperti penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung dan stroke. Selain itu, kanker pernapasan juga disebabkan oleh udara yang kotor. Pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia bisa membuat tubuh terhindar dari penyakit dan membuat Anda tidak mudah sakit-sakitan./

Bisa memperpanjang umur

Siapapun orangnya pasti ingin umurnya panjang bukan? Sayangnya, masalah udara juga mempengaruhi hal tersebut./ WHO bahkan menyebutkan jika kurang dari ada 7 orang meninggal setiap tahun karena mengjidup udara yang tidak sehat alias sudah tercemat. Biasanya orang tersebut tinggal di lingkungan udara yang kotor.

Namun tingkat kematian tersebut bisa dicegah dengan memastikan udara yang Anda hirup bersih dan sehat. Pastikan udara yang Anda hirup juga terhindar dari paparan gas beracun. Ini adalah pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia yang kerap dianggap enteng oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Meningkatkan fokus dan stamina

Bagi yang sudah terbiasa menghirup udara bersih umumnya bakal merasakan tubuh yang lebih berenergi dan juga sehat. Jadi tidak heran mereka bisa beraktivitas dengan tubuh yang lebih prima. Tidak heran jika masyarakat yang tinggal di udara bersih cenderung tidak mudah sakit dan tiddak mudah loyo/.

Selain itu, pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia juga mempengaruhi sistem saraf otak manusia. Pasalnya tinggal di tempat udara yang bersih cenderung membuat otak manusia lebih encer serta bisa bekerja dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus nantinya. Buktikan saja sendiri dengan sering berkunjung ke pegunungan dan bandingkan dengan udara di perkotaan.

Memperbaiki mood yang rusak

Pentingnya udara bersih untuk kesehatan manusia juga bisa dirasakan dari sisi kesehatan mental. Dimana menghirup udara bersih cenderung membuat seseorang bisa lebih bahagia dan juga tidak mudah stress. Bahkan berbagai penelitian sudah mencari jawaban atas hal ini. Banyak yang menyimpulkan jika hal tersebut benar adanya.

Bagi yang mulai jenuh di suatu ruangan, coba saja berjalan di taman yang jauh dari keramaian dan rindang. Jangan lupa untuk menarik nafas yang panjang supaya tubuh kembali rileks. Ini adalah salah satu pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia yang sangat terasa. Tidak heran cocok untuk terapi/

Selain penting untuk kesehatan manusia, udara yang bersih juga bisa dirasakan oleh bumi dan juga global. Kemampuan penglihatan seseorang bisa meningkat jika lingkungan sekitarnya terbebas dari polusi udara. Salah satu penyebabnya karen a tidak adanya material partikulat yang berterbangan di udara bebas.

Tak hanya itu saja, efek rumah kaca juga terus berkurang dan bisa menghindari global dari pemanasan global. Anda bisa ikut serta dengan menjaga kebersihan udara. Artinya, manfaat dan pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia dan global bisa dirasakan bersama jika seluruh dunia ikut dalam kampanye udara bersih.

Simak artikel menarik lainnya disini.

Langkah Apa Yang Perlu Dilakukan

Untuk mendapat atau membuat udara bersih di lingkungan sekitar, ada beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan. Apa saja langkah penting tersebut? Anda bisa simak ulasannya berikut:

  1. Pastikan menggunakan bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan. Bahkan jika perlu gunakan bahan bakar yang zero emisson seperti kendaraan dengan tenaga listrik. Langkah sederhana ini bisa menjaga dan membuat udara tetap bersih.
  2. Bagi yang punya kendaraan bermotor, usahakan untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor tersebut. Alihkan aktivitas ke penggunaan kendaraan masaal dengan tetap memperhatikan ketentuan-ketentuan yang sudah ada
  3. Perbanyak mobilitas yang tidak memberi gas buang, contohnya seperti berjalan hingga bersepeda. Meskipun terkesan sangat sederhana tapi membuat udara di lingkungan tetap bersih. Belum lagi ini juga menyehatkan tubuh Anda.
  4. Berikutnya, Anda juga harus mengurangi kegiatan pembakaran sampah di luar ruangan karena menyebabkan udara menjadi kotor. Jika perlu daur ulang sampah dengan produk-produk bernilai jual

Itu tadi pentingnya udara bersih bagi kesehatan manusia yang harus Anda tahu. Jadi bagaimana, apakah Anda masih tidak mau menikmati udara bersih yang dimaksud ini? Segera ikut kampanye udara bersih dan nikmati sendiri bagaimana hasilnya untuk Anda dan lingkungan. Mulai dari hal kecil dan Anda bisa mendapat hal yang lebih besar.

About Aziza Linda Verra

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *