Pentingnya Memiliki Tubuh Sehat agar Hidup Bahagia

By

Pentingnya memiliki tubuh sehat agar hidup bahagia sudah sepatutnya diketahui oleh semua orang. Hal ini dikarenakan oleh banyak sekali hal-hal baik yang akan kita peroleh jika tubuh kita dalam keadaan sehat. Kita juga dapat melakukan kegiatan apa saja saat tubuh dalam keadaan baik dan sehat. Tubuh yang sehat ini memang wajib dan harus dimiliki oleh semua kalangan, mulai dari bayi hingga orang yang sudah lanjut usia sekalipun.

Banyak sekali cara dan upaya yang dapat kita lakukan agar memiliki tubuh yang sehat seperti yang diharapkan. Bahkan hal itu pun dapat dilakukan setiap hari, mulai dari hal-hal sederhana sampai hal yang paling kompleks sekali pun. Dengan kegiatan ini pun kita dapat memastikan bahwa tubuh kita akan tetap prima dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

tubuh sehat
tubuh sehat

Oleh karena itu, penting sekali untuk kita mengetahui cara-cara dan tips dalam memastikan tubuh sehat sepanjang waktu. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus kita lakukan saat menjaga kesehatan tubuh kita.

Tips Menjaga Tubuh sehat

Mengonsumsi sayuran hijau

Manfaat dari sayuran hijau dan berdaun yang memiliki banyak vitamin ini akan membantu kita dalam mendukung sistem kekebalan tubuh ynag sehat dan seimbang. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan lainnya dapat membantu kita untuk meningktakan protein pada permukaan sel. Permukaan sel inilah yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk membuat sistem kerjanya  berjalan secara maksimal.

Rajin mengonsumsi vitamin D

Selain mengonsumsi sayuran hijau, vitamin D juga dapat memepertahankan tubuh sehat yang Anda harapkan. Jika seseorang dinyatakan kekurangan vitamin D, maka orang tersebut akan terserang beberapa gejala, misalnya pertumbuhan tulang yang berjalan buruk, melemahnya sistem kekebalan tubuh, dan juga terjadi masalah di dalam jantungnya. Oleh karena itu, kita harus rajin mengonsumsi makana yang di dalamnya terkandung banyak vitamin D.

Makanan yang mengandung vitamin D tersebut adalah jamur, kuning telur, ikan salmon, hati sapi, dan ikan tuna. Di samping itu, kita  pun dapat mengonsumsi suplemen vitamin D dan memilih suplemen yang mengandung D3. Hal ini tidak lain karena sangat baik untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam darah. Namun, kita harus mengonsultasikannya tersebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

Melakukan olah raga secara rutin

Tubuh sehat juga dapat diperoleh dengan melakukan olah raga secara rutin. Kita dapat mengawalinya dengan berolahraga ringan, misalnya dengan berjalan kaki. Olahraga dengan teratur tentunya dapat membuat tubuh kita bugar dan langsing. Perlu kita ketahui bahwa olahraga telah terbukti dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis secara teratur, mengurangi stres, dan juga mempercepat laju peredaran sel darah putih saat melawan penyakit yang berbahaya.

Memerhatikan pola tidur yang cukup

Selain menjaga asupan makanan untuk tubuh, kita juga tidak boleh melupakan pola tidur yang cukup dan sehat. Aalah satu kunci dari kekebalan tubuh yang kuat adalah dengan melakukan tidur yang cukup. Kita dianjurkan untuk tidur minimal delapan jam per hari agar tubuh menjadi lebih kebal dari serangan virus dan kuman bakteri. Hindarilah tidur kurang dari enam jam sebab hal itu dapat dengan mudah menyebabkan kita terserang flu.

Menghindari stres

Agar tubuh sehat kita terjaga dengan baik, maka kita harus menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan stres. Stres juga dikalin sebagai faktor yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang, sehingga membuat orang tersebut menjadi mudah terserang penyakit. Kita dituntuk untuk bisa mengendalikan stres dalam diri kita dengan beberapa cara. Di antaranya adalah melakukan yoga atau kegiatan meditasi yang memiliki tujuan untuk mengendalikan atau menghilangkan stres dalam diri kita.

Minumlah air putih

Hal lain yang dapat kita lakukan agar tubuh menjadi sehat adalah meminum air putih secara rutin. Sebab air putih dipercaya dapat memberikan banyak sekal manfaat, manfaat tersebut adalah meningkatkan metabolisme dan juga mencegah terjadinya dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan kehausan, lemas, pusing, dan sakit tenggorokan. Untuk itu, kita dituntut untukn meminum air putih sedikitnya 8 gelas per harinya agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi untuk menjaga tubuh tetap segar dan juga sehat. Minumlah minimal 2 liter air putih per harinya agar tubuh tetap berada dalam kesehatan.

Membiasakan cuci tangan memakai sabun

Jika kita menginginkan tubuh sehat, maka kita juga harus rajin mencuci tangan memakai sabun. Hal inilah yang menjadi salah satu  langkah penting dalam memastikan tubuh tetap sehat. Saat kita menyentuh sesuatu, mungkin saja terdapat banyak kuman di tangan kita dan bisa jadi masuk ke dalam tubuh. Tidak menutup kemungkinan kuman juga menimbulkan penyakit, maka cucilah tangan, terutama sebelum makan. Kita bisa menggunakan sabun lalu menggosok seluruh area tangan dalam waktu 20 detik.

Menghindari junk food

Junk food termasuk salah satu makanan yang kurang menyehatkan. Oleh karena itu, jika kita ingin hidup sehat, hindarilah mengonsumsi jenis makanan ini. Meskipun rasa junk food yang lezat bisa menyebabkan seseorang mengkonsumsinya secara berlebihan, tetapi kita harus tetap waspada sebab makanan tersebut biasanya rendah serat, protein, dan berbagai nutrisi lain. Junk food ini terkenal memiliki bahan yang tak sehat, misalnya gula tambahan, lemak jenuh, dan kalori kosong. Dari hal tersebut, penting untuk menghindarinya.

Membatasi mengonsumsi minuman bersoda

Tubuh sehat yang ideal tidak dapat dicapai jika kita masih mengonsumsi minuman yang bersoda. Minuman yang mengandung soda atau energi ini biasanya dicampur dengan gula Minuman ini jika dikonsumsi secara rutin maka akan menyebabkan serangan jantung, asam urat,  dan juga obesitas. Untuk menanggukanginya, batasilah kadar minuman ringan yang masuk ke dalam tubuh kita agar tubuh tetap dalam keadaan sehat..

Melindungi kesehatan kulit

Kulit yang sehat pun sangat berkaitan erat dengan tubuh sehat. Usahakanlah agar terhindar langsung dari paparan sinar matahari secara berlebihan. Kita juga harus bisa melindungi kulit dari paparan sinarnya dengan cara menggunakan pakaian berlengan panjang dan juga topi saat berada di luar ruangan. Kemudian, gunakanlah tabir surya dengan tujuan menghalangi sinar UV agar kulit kita dapat terlindungi.

Menghindari rokok dan alkohol

Hal terakhir yang harus dihindari untuk tubuh sehat adalah rokok dan alkohol. Betapa kedua hal tersebut sangat berbahaya bagi tubuh kita. Merokok tidak hanya berbahaya untuk paru-paru, tetapi juga berbahaya bagi organ tubuh yang lain. Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan sama dengan mengundang penyakin hati dan juga kankerMaka dari itu, hindarilah minuman beralkohol agar tubuh kita tetap dalam keadaan sehat.

Dari hal tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa tubuh sehatadalah hal yang paling dibutuhkan oleh kita. untuk mendapatkannya, kita hanya perlu melakukan pola hidup yang sehat dan menghindari makanan maupun hal yang dapat membahayakan diri kita. Kita dapat memulai cara hidup sehat ini mulai dari hal-hal sederhana sehingga menjadi kebiasaan dan bermanfaat bagi kita sendiri

Tinggalkan komentar