Pengobatan Katarak tanpa Operasi? Ini Dia 8 Cara Alaminya!

Sumbersehat.com – Pengobatan katarak tanpa operasi bisa menjadi penunjang pengobatan dokter yang anda jalani. Katarak merupakan penyakit mata yang membuat bagian lensa menjadi terlihat mengeruh dan berawan.

Penyakit ini muncul secara perlahan dan tidak mengganggu, tapi lama-lama bisa memberikan masalah yang serius pada penglihatan anda. Namun, tahukah anda? Ternyata ada cara pengobatan katarak tradisional, lho. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Inilah Cara Pengobatan Katarak Tanpa Operasi

Umumnya, penanganan penyakit katarak dilakukan dengan tindakan operasi. Caranya adalah dengan mengiris sebagian kecil tepi kornea. Akan tetapi, jika anda lebih menghendaki cara yang alami, berikut akan kami ulas bagaimana cara pengobatan katarak tradisonal, diantaranya:

Rajin mengonsumsi jus wortel

Pengobatan katarak tanpa operasi pertama dalah dengan mengonsumsi wortel secara rutin. Di dalam wortel terdapat vitamin A yang dikenal memiliki khasiat untuk merawat mata. Begitu pula jika mata anda terkena katarak. Anda bisa mengonsumsi wortel secara langsung atau dalam bentuk segelas jus setiap hari.

Santap bawang putih

Sedangkan langkah pengobatan katarak secara tradisional yang kedua adalah memakan bawang putih. Gejala katarak dapat dikurangi dengan mengonsumsi bawang dalam keadaan mentah.

Kandungan antioksidan dalam bawang putih sangat baik untuk proses penyembuhan katarak. Anda cukup mengonsumsi bawang putih sebanyak 2-3 siung setiap hari sebagai treatment penyembuhan katarak.

Minum jus labu

Obat alami katarak lain yang dapat dijadikan pengobatan katarak tanpa operasi adalah jus labu. Sama seperti wortel, kandungan vitamin A dalam jus labu dapat membantu menjaga kesehatan mata. Untuk mengonsumsinya, anda bisa membuat jus labu dengan memblendernya sampai benar-benar halus. Minum air jus labu sehari sekali setiap hari.

Perbanyak bayam

Tahukah anda? Bayam jaga punya manfaat baik untuk menjaga kesehatan mata, lho. Hal ini dikarenakan kandungan karotenoid pada bayam, yang mampu membantu pengobatan katarak secara tradisional. Cara mengonsumsinya yaitu dengan merebus bayam seperti, lalu makan sebanyak dua porsi per hari.

Campurkan jus lemon dengan minyak zaitun

Meskipun terkesan seperti paduan yang aneh, tetapi kedua bahan tersebut dapat membantu anda melindungi kesehatan mata, lho. Kandungan vitamin A dan C pada lemon mampu memproteksi makula mata.

Sementara jika ditambahkan dengan sesendok teh minyak zaitun, maka keduanya mengandung antioksidan yang mencegah dampak katarak menjadi lebih parah. Terapkan pengobatan katarak tanpa operasi ini sebagai upaya untuk mendukung pengobatan dokter.

Coba konsumsi jus jambu merah

Langkah pengobatan katarak secara tradisional berikutnya adalah dengan konsumsi jus jambu merah. Tidak hanya baik untuk meningkatkan trombosit, jus jambu merah juga memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi. Kedua bahan tersebut dapat membantu mencegah kerusakan pada mata.

Rebusan daun sirih

Salah satu tanaman herbal yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan mata adalah daun sirih. Anda bisa mengambil 3-5 lembar daun sirih, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan air. Setelah mendidih, tuangkan ke dalam wadah baskom, kemudian cuci mata anda dengan air rebusan daun sirih tersebut.

Konsumsi rebusan daun sirih sebagai pengobatan katarak tanpa operasi. Namun, jangan konsumsi berlebihan dan jika tidak ada perubahan, sebaiknya hentikan pengobatan ini.

Menggunakan daun rumput mutiara

Daun  rumput mutiara dipercaya dapat melancarkan aliran darah dengan melepas sumbatan-sumbatan pada pembuluh darah halus. Termasuk pada pembuluh darah mata, sehingga melancarkan aliran darahnya. Untuk mendapatkan khasiatnya, anda tingga merebus 30 gram daun rumput mutiara bersama 4 gelas air.

Rebus hingga tersisa hanya dua gelas. Minum air rebusan tersebut sebanyak 2-3 kali sehari, masing-masing 2 gelas tiap kali minum sebagai pengobatan katarak secara tradisional.

Itulah tadi 8 cara pengobatan katarak tanpa operasi menggunakan bahan-bahan alami. Mudah sekali bukan? Jika anda tertarik untuk melakukan pengobatan katarak tanpa operasi, anda bisa mencoba mengonsumsi bahan-bahan di atas. Konsumsi secara rutin untuk mendapat khasiatnya, ya. Selamat mencoba di rumah.

Ada baiknya jika anda juga melakukan pengecekan ke dokter secara rutin untuk mengetahui perkembangan kesehatan mata anda. Sehingga, anda pun tahu bagaimana khasiat obat herbal katarak di atas pada mata anda.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *