Diet OCD, Pengertian, Pola Makan dan Apa yang Harus Dikonsumsi

By

Sumbersehat.com – Berat badan menjadi salah satu masalah yang sering kali membuat kepercayaan diri menurun. Bagi seseorang yang memiliki berat badan melebihi normal, akan mencoba untuk melakukan diet. Salah satu diet yang paling aman dan tingkat keberhasilannya lumayan besar adalah diet OCD.

Meskipun begitu, disisi lain banyak yang mengatakan bahwa OCD itu diet ekstrim yang berbahaya bagi tubuh. Bila ingin tahu diet itu berbahaya atau tidak, konsultasikan dulu kepada dokter untuk mengetahui tingkat kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

diet ocdPengertian OCD

OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) merupakan diet yang memperbolehkan seseorang makan apa saja dengan catatan tidak berlebihan. Diet ini dianggap hampir sama dengan sistem puasa. Untuk mendapatkan berat badan ideal tentunya harus menerapkan aturan dengan baik dan tepat. Jika diet dilakukan dengan setengah-setengah, maka hasilnya akan menjadi tidak maksimal.

Pola Makan yang Harus Diterapkan

Jika Anda ingin mencoba diet OCD, maka Anda harus menerapkan pola makan sesuai aturan. Dalam diet ini teknik yang digunakan adalah teknik jendela makan. Maksudnya adalah lama jangka waktu seseorang untuk boleh makan. Ada beberapa 4 pola atau teknik yang bisa Anda pilih dengan bebas dan sesuai keinginan. Apa dan bagaimana polanya?

Teknik Jendela Pertama 16:8

Cara teknik ini adalah Anda bisa puasa selama 16 jam dan boleh makan apa saja dengan sesuka hati selama 8 jam. 8 jam waktu makan itulah yang disebut dengan jendela makan. Jika waktu yang ditentukan sudah habis, Anda harus berpuasa. Namun, Anda tetap diperbolehkan untuk mengonsumsi air putih.

Sebagai contoh Anda memulai diet dari pukul 7 pagi. Dalam kurun waktu 8 jam yang artinya dari pukul 7 sampai 3 sore Anda bebas makan. Anda diperbolehkan lagi makan dan minum apa saja selain air putih ketika besok pagi pukul 7 pagi. Ada baiknya, jadwal tersebut dilakukan secara teratur dalam kurun waktu selama 2 minggu.

Teknik Jendela Kedua 18:6

Teknik kedua ini waktu berpuasa semakin bertambah, sedangkan waktu jam makan semakin berkurang. Anda hanya boleh mengonsumsi makanan serta minuman dalam kurun waktu 6 jam saja dan waktu puasa adalah 18 jam. Untuk aturan sama seperti teknik pertama di mana jadwal dilakukan secara rutin selama 2 minggu dan boleh mengonsumsi air putih meski jam puasa.

Teknik Jendela Ketiga 20:4

Bagi Anda yang sudah mulai terbiasa melakukan diet OCD dan sudah sebulan menjalaninya, maka bisa mencoba teknik yang ketiga. Diet ini menggunakan waktu 4 jam untuk mengonsumsi makanan dan minuman lalu 20 jam untuk puasa. Jika Anda mengalami kesulitan, Anda bisa tetap menggunakan teknik yang kedua.

Teknik Jendela Keempat

Bisa dikatakan teknik jendela keempat termasuk diet yang berat. Pasalnya, Anda hanya diperbolehkan untuk makan satu kali sehari.Sebagai contoh jika Anda memilih pukul 7 pagi untuk mulai diet tersebut, maka di waktu tersebut itulah waktu Anda untuk makan. Setelah itu, Anda hanya boleh minum air putih sampai esok hari pukul 7 pagi untuk makan.

Makanan yang Harus Dikonsumsi Selama Diet

Selama melakukan diet OCD, terdapat makanan yang bisa dan boleh Anda konsumsi. Karena tujuan dari diet tersebut adalah untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Karbohidrat

Untuk mengonsumsi karbohidrat, Anda bisa memilih jenis karbohidrat yang berkualitas. Contohnya adalah roti gandum, wholegrain, kacang polong, dan buah. Anda bisa mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah 50g – 60g setiap harinya. Atau Anda juga bisa mengonsumsi karbohidrat sebanyak 5g – 6g per kilogram berat badan setiap hari.

Protein

Selama melakukan diet OCD, Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi daging, ikan, ayam, telur, tempe, dan olahan produk susu. Anda bisa mengonsumsi sumber makanan tersebut sebanyak 1g – 2g per kilogram berat badan setiap harinya. Ada baiknya untuk memilih low fat varieties.

Kacang dan Sayur

Mengonsumsi kacang juga dapat memberikan manfaat untuk tubuh, seperti kacang merah, kacang polong, lentil, soya, dan chickpeas. Asupan serat bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayur dan buah yang baik dan segar. Usahakan untuk mengonsumsi buah yang mengandung karbohidrat atau air. Hal ini dikarenakan agar selama diet tubuh Anda tidak mudah lemas.

Tips Mudah Melalukan Diet

Terkadang seseorang merasa malas dan susah untuk melakukan diet. Bagi Anda yang mengalami hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menjalani diet OCD dengan mudah diantaranya:

Jangan Sarapan

Saat Anda melakukan diet ini, ada baiknya untuk menghindari sarapan. Hal ini dikarenakan sarapan bisa membuat seseorang merasa mengantuk. Untuk itu, Anda bisa makan setelah 3 atau 4 jam dari bangun tidur. Saat sarapan, anda bisa membuat menu diet ocd agar lebih semangat saat puasa nanti.

Menghindari Makan dengan Jumlah Berlebihan

Tips kedua yang bisa Anda coba adalah makan secukupnya saja. Jangan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebih. Hal ini tentu saja bertentangan dengan jenis diet OCD. Jika porsi makan Anda biasanya satu piring, maka Anda bisa mengonsumsi satu piring selama diet.

Olahraga

Salah satu cara yang bisa Anda coba selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga memberikan dampak yang sangat baik untuk tubuh. Namun, jangan terlalu berlebihan juga dalam olahraga. Karena berlebihan biasanya akan membawa dampak yang buruk bagi tubuh. Dengan melakukan olahraga, diet Anda juga akan lebih mudah dijalani.

Hal ini dikarenakan tubuh akan merasa segar dan menjadi tidak malas. Selain itu, dengan bantuan olahraga diet ocd, tubuh Anda akan lebih cepat mengalami penurunan berat badan. Alhasil, tubuh ideal bisa Anda dapatkan dengan cukup cepat. Anda bisa melakukan olahraga kecil-kecilan. Contohnya sit-up, push-up, dan jogging.

Mengonsumsi Air Mineral

Tips selanjutnya yang harus Anda terapkan selama menjalani diet OCD adalah mengonsumsi air mineral. Air putih memberikan banyak manfaat untuk tubuh, yaitu meningkatkan metabolisme, mengurangi rasa lelah, meningkatkan kinerja pada otak, dan lainnya. Selama jam puasa, pastikan air putih yang Anda minum tercukupi.

Dengan minum air putih Anda tidak akan merasa lemas. Pastikan untuk minum air putih sebanyak satu sampai dua gelas per jamnya. Tubuh Anda akan tetap stabil karenanya.

Meningkatkan Pola Makan Secara Bertahap

Bagi Anda yang baru awal dan ingin mencoba, ada baiknya untuk melakukan secara bertahap dan rutin. Anda bisa mencoba teknik jendela makan yang pertama selama dua minggu. Jika Anda sudah terbiasa, cobalah untuk mulai mencoba teknik yang kedua. Biasanya beberapa orang mengalami kesulitan saat di tahap kedua.

Anda bisa mencobanya selama dua minggu dan coba satu hari untuk memulai diet yang ketiga. Jika Anda merasa tidak kuat, maka Anda bisa kembali ke teknik yang kedua. Namun, jika tubuh Anda kuat, Anda bisa mencoba teknik yang ketiga lalu keempat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk berpuasa saat tubuh Anda tidak kuat.

Diet OCD sudah bisa Anda coba dari sekarang dengan menerapkan teknik jendela makan di atas. Anda juga bisa melakukan beberapa tips dan menyiapkan makanan berkualitas yang bagus untuk tubuh agar kuat selama diet. Jangan lupa juga, hindari pantangan diet OCD supaya berhasil menurunkan berat badan dengan cepat. Yuk, belajar diet ini bersama!

Tinggalkan komentar