6 Cara Pencegahan Penyakit Batu Ginjal yang Tepat

By

Sumbersehat.com – Pencegahan penyakit batu ginjal bisa dilakukan bila menjalankan pola hidup sehat setiap hari. Gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan tubuh rentan terserang berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah penyakit batu ginjal.

Penyakit batu ginjal merupakan kondisi ketika organ ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik. Adanya tumpukan bahan limbah padat dan keras lah yang kemudian membentuk kristal. Nah, kali ini kami akan membagikan 5 cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah batu ginjal datang. Simak Yuk!

Inilah 5 Cara Pencegahan Penyakit Batu Ginjal

Ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk mencegah batu ginjal, diantaranya:

Mengonsumsi banyak air putih

Langkah pencegahan penyakit batu ginjal yang pertama adalah dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Batu ginjal dapat dicegah dengan kebiasaan mengonsumsi air putih secara rutin. Air yang masuk dan diserap oleh tubuh akan menurunkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Selain air putih, anda juga masih diperbolehkan untuk menikmati teh, kopi, atau jus jeruk. Hindari kombinasi minuman berkarbonasi dengan pemanis buatan dianggap dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Hal ini karena minuman dengan pemanis buatan memiliki kandungan fruktosa yang dinilai menjadi penyebab batu ginjal.

Membatasi asupan makanan tinggi oksalat

Batasi asupan makanan beroksalat tinggi merupakan cara pencegahan penyakit batu ginjal yang kedua. Oksalat dapat ditemukan dalam makanan nabati dalam bentuk antinutrien. Makanan yang mengandung oksalat yaitu antara lain sayur-sayuran, buah-buahan, dan tumbuhan kakao.

Tubuh yang mendapat asupan oksalat tinggi dinilai bisa meningkatkan ekskresi oksalat di dalam urin. Inilah yang dinilai dapat menjadikan terbentuknya kristal kalsium oksalat. Namun, oksalat juga bermanfaat bagi tubuh tapi harus dikonsumsi dalam kadar yang cukup. Anda bisa konsultasi dengan dokter gizi.

Cukupi asupan kalsium

Kekurangan asupan kalsium dalam tubuh dapat menjadi penyebab batu ginjal. Sebaliknya, risiko pembentukan batu ginjal dapat dihindari dengan mengonsumsi makanan tinggi kalsium. Produk makanan yang mengandum kalsium tinggi yaitu susu, yogurt, dan keju.

Tahukah ada? National Kidney and Urologic: Disease Information Clearinghouse menyebutkan bahwa 800mg kalsium baik untuk dikonsumsi setiap hari. Takaran kalsium ini baik untuk anda yang merasa memiliki tendensi untuk membentuk batu ginjal. Cukupi kebutuhan kalsium termasuk langkah tepat mencegah batu ginjal.

Mengurangi konsumsi natrium

Selanjutnya, cara pencegahan penyakit batu ginjal dengan mengurangi asupan natrium. Natrium dan sodium dipercaya bisa menyebabkan kalsium lebih banyak keluar melalui urin, sehingga meningkatkan risiko kalsium oksalat dan batu oksalat.

Keduanya dinilai mampu memicu ginjal memproduksi urin dan mengeluarkan kalsium bersamanya. Batasi asupan harian natrium hanya sampai 2300 miligram saja. Hindari juga makanan dengan kandungan sodium yang banyak, seperti fast food, makanan beku olahan, dan camilan ringan.

Makanan-makanan tersebut mengandung bahan-bahan tambahan yang sebetulnya kurang baik bagi tubuh. Batasi konsumsi makanan itu dan pilihlah makanan alami atau buatan sendiri adalah upaya mencegah batu ginjal yang harus rutin dilakukan.

Meningkatkan asupan magnesium

Untuk pencegahan penyakit batu ginjal, anda bisa meningkatkan asupan magnesium. Meskipun magnesium merupakan mineral yang penting bagi tubuh, faktanya banyak orang yang belum memenuhi asupan magnesium harian.

Padahal, magnesium merupakan komponen dari ratusan reaksi metabolisme pada tubuh, termasuk memproduksi energi dan menggerakkan otot. Beberapa menyebutkan bahwa pembentukan batu ginjal oksalat dapat dicegah dengan magnesium.

Anda perlu asupan magnesium harian sebanyak 420 mg per hari. Konsumsilah makanan yang mengandung magnesium seperti tahu, kacang-kacangan, dan alpukat. Makanan yang mengandung kalsium dinilai dapat mengurangi terserapnya oksalat dalam usus.

Batasi konsumsi suplemen vitamin C

Konsumsi suplemen vitamin C yang berlebihan tidaklah baik, terutama bagi pria. Karena itu bisa menjadi penyebab batu ginjal. Alangkah baiknya, jika anda mengonsumsi vitamin C yang terkandung dalam makanan saja. Banyak makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jambu biji dan masih banyak lagi.

Nah, demikianlah 6 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal datang. Sebenarnya, dengan menerapkan pola hidup sehat, bukan hanya penyakit batu ginjal saja yang dapat dicegah, melainkan juga penyakit lain. Salam sehat!

Tinggalkan komentar