Payudara Nyeri Tapi Tidak Ada Benjolan, Ini 10 Penyebab dan Cara Atasinya!

By

Payudara Nyeri Tapi Tidak Ada Benjolan – Pernahkah Anda mengalami payudara nyeri tapi tidak ada benjolan ? Pasti Anda bertanya tanya apakah gejala ini merupakan pertanda dari suatu penyakit yang berbahaya. Biasanya kaum wanita akan langsung berpikir bahwa adanya nyeri di payudara merupakan tanda penyakit berbahaya seperti tumor hingga kanker.

Namun ternyata tidak semua rasa nyeri yang dialami pada payudara merupakan pertanda Anda mengalami penyakit tersebut. Supaya Anda tidak terlalu khawatir dan panik, berikut ini ialah beberapa penyebab yang membuat Anda merasakan gejala tersebut.

10 Penyebab Payudara Nyeri Tapi Tidak Ada Benjolan

1. Siklus Menstruasi

Alasan pertama yang menyebabkan Anda mengalami nyeri pada payudara ialah karena sedang memasuki masa menstruasi. Pada saat menstruasi setiap wanita memiliki gejala yang berbeda beda akibat terjadinya perubahan hormon pada tubuh.

Perubahan hormon ini menyebabkan perempuan mengalami beberapa gejala, salah satunya ialah nyeri pada payudara. Tidak perlu khawatir, nyeri payudara yang diakibatkan Anda memasuki masa menstruasi akan sembuh dan hilang dengan sendirinya jika masa menstruasi telah usai.

2. Terlalu Sering Berolahraga

Memang berolahraga merupakan hal yang penting dan harus dilakukan agar membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Namun tahukah Anda bahwa salah satu penyebab payudara nyeri tapi tidak ada benjolan ialah karena Anda terlalu sering berolahraga ?

Nyeri dapat terjadi karena adanya otot pada bagian dada yang tertarik terlalu kencang sehingga membuat rasa tidak nyaman. Oleh karena itu sebelum Anda melakukan olahraga jangan pernah lewatkan pemanasan serta setelah selesai lakukanlah pendinginan.

Selain merasa nyeri, Anda juga bisa mengalami sesak nafas jika otot dada tertarik terlalu kencang akibat tubuh terlalu kaku saat berolahraga.

3. Penggunaan Bra yang Salah

Pemilihan ukuran bra haruslah dipilih dengan tepat agar membuat Anda nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari hari. Bra yang tidak nyaman bisa karena terlalu kecil akan membuat payudara tertekan sehingga merasakan nyeri.

Bagi Anda yang ingin berolahraga, sebaiknya hindari penggunaan bra yang menggunakan kawat. Lebih baik gunakan bra yang memang dirancang khusus untuk olahraga sehingga tubuh dan payudara pun terasa nyaman.
Pilihlah bahan dan ukuran bra yang tepat dan sesuai dengan kenyamanan tubuh sehingga hal hal seperti nyeri tidak terjadi lagi.

4. Peradangan Payudara

Bagi ibu yang baru saja melahirkan dan sedang dalam masa pemberian ASI yang eksklusif untuk si kecil, Anda bisa saja mengalami peradangan payudara. Peradangan payudara ini disebabkan karena penyumbatan yang terjadi pada saluran ASI.

Tidak perlu khawatir, Anda bisa melakukan perawatan agar nyeri ini bisa berkurang rasa sakitnya. Caranya ialah dengan rutin melakukan pemijatan payudara atau juga bisa menempatkan daun kubis yang dingin ke dalam bra dan menggantinya setiap beberapa jam sekali.

5. Efek Samping Obat Obatan

Mengkonsumsi obat obatan tertentu ternyata dapat membuat tubuh mengalami beberapa kondisi yang tidak nyaman seperti nyeri. Nyeri pada bagian dada bisa disebabkan oleh mengkonsumsi pil KB hormonal, antipsikotik dan antidepresan. Jika efek samping ini masih terus berlanjut dalam waktu yang lama, Anda bisa menghentikan sementara dan melakukan pemeriksaan ke dokter.

6. Pola Makan yang Tidak Sehat

Menjaga pola makan adalah hal yang harus dilakukan setiap orang jika ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Sadarkah Anda pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh.

Salah satunya ialah membuat payudara terasa nyeri, payudara nyeri tapi tidak ada benjolan bisa disebabkan oleh mengkonsumsi kafein secara berlebih. Oleh karena itu, jika ingin tubuh dan payudara sehat perhatikanlah pola makan agar tetap seimbang dan penuh gizi.

7. Stress

Menjaga pikiran harus dilakukan agar tidak hanya pikiran yang tenang namun juga tubuh tidak mudah mengalami gangguan. Salah satu akibat dari stress yang berlebihan ialah rasa nyeri pada payudara. Nyeri otot pada dinding dada dapat terjadi pada bagian sisi kiri atau kanan.

Rasa nyeri ini berbeda beda dialami oleh setiap orang, ada yang mengalaminya dalam waktu beberapa detik saja hingga tidak hilang dalam beberapa hari.

8. Mastitis

Rasa nyeri pada payudara terjadi salah satunya akibat mastitis, mastitis merupakan infeksi yang terjadi pada kelenjar susu. Mastitis dapat terjadi karena adanya penyumbatan kelenjar susu sehingga ASI tidak keluar dengan lancar. Kemudian muncul bakteri pada kelenjar yang tersumbat kemudian memicu terjadinya infeksi.

Ketika tubuh sudah terkena mastitis, maka payudara akan terasa sangat sakit dan nyeri bahkan bisa mengalami pembengkakan. Bagian puting payudara pun bisa mengalami pecah pecah, memerah dan bahkan hingga melepuh.

Jika ibu hamil mengalami gejala ini disertai dengan kondisi suhu tubuh yang tinggi, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya dokter adakan memberikan antibiotik yang aman digunakan oleh ibu menyusui.

9. Struktur Payudara

Penyebab lainnya yang membuat nyeri pada payudara ialah adanya struktur periodik payudara. Pada umumnya, nyeri ini dirasakan pada bagian luar payudara namun perlahan lahan nyeri ini menyebar ke bagian dada dan payudara.

10. Sehabis Menjalankan Operasi

Kondisi tubuh lainnya yang bisa menyebabkan rasa nyeri pada payudara ialah karena Anda telah menjalani operasi. Terutama operasi pada bagian payudara dan dada yang membuat payudara terasa lebih nyeri dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Kenali 9 Jenis Penyakit Cancer yang Menyerang Wanita

Cara Mengatasi Nyeri Pada Payudara

Payudara nyeri tapi tidak ada benjolan memang pada umumnya dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlu melakukan pengobatan tertentu. Seperti nyeri yang disebabkan karena siklus menstruasi yang akan hilang dengan sendirinya setelah siklus menstruasi selesai.

Namun bagi wanita yang merasa nyeri ini dapat menghambat aktivitas sehari hari, maka Anda juga bisa melakukan pengobatan untuk mengurangi nyeri. Caranya diantaranya ialah dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan juga kurangi mengkonsumsi kafein yang berlebih.

Jaga pola makan sehat dan juga berhenti merokok agar tubuh menjadi lebih sehat dan bugar kembali. Anda juga bisa mengompres payudara yang mengalami nyeri dengan menggunakan air dingin maupun air hangat.

Terdapat berbagai obat obatan yang mampu mengurangi rasa nyeri payudara ini seperti paracetamol, ibuprofen hingga aspirin. Namun bagi perempuan yang berusia dibawah 20 tahun lebih baik menghindari penggunaan obat aspirin karena mampu meningkatkan risiko sindrom reye.

Bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui konsultasikan terlebih dahulu ke dokter jika memang ingin mengkonsumsi obat Pereda nyeri. Jangan sampai obat yang dikonsumsi justru membuat kondisi ibu dan anak menjadi tidak sehat dan membahayakan tubuh.

Itulah berbagai alasan mengapa Anda payudara nyeri tapi tidak ada benjolan dengan menjaga pola hidup dan makan makanan yang sehat dan bergizi, maka tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari rasa nyeri yang mengganggu.

Anda juga bisa ikuti cara mengatasi payudara nyeri tapi tidak ada benjolan yang sudah saya jelaskan diatas. Stay healthy!

Tinggalkan komentar