Si Pahit Pare Memiliki 9 Manfaat Sayur dan Buah Buahan untuk tubuh menjadi sehat

Si Pahit Pare Memiliki 9 Manfaat Sayur dan Buah Buahan untuk tubuh menjadi sehat. Pare adalah tumbuhan yang terkenal dengan rasa pahit yang dimiliki. Namun dibalik rasa pahit itu, terkandung banyak manfaat yang dapat digali untuk menyembuhkan beberapa permasalahan di dalam tubuh. Dari segi bentuk, pare sekilas seperti buah mentimun. Pada dasarnya buah satu ini memang satu marga dengan mentimun. Pare memiliki nama latin, yakni momordica charantia. Pada umumnya pare dapat tumbuh dengan mudah di daerah beriklim tropis seperti halnya di Indonesia. Tentu akan mudah menemukan orang Indonesia yang menanam jenis tumbuhan satu ini.

Tumbuhan pare secara umum dapat dikatakan sebagai kategori buah dan sayur. Karena pare termasuk produk real food atau alami yang tumbuh dari alam dan dapat dimakan dengan berbagai cara. Sebagian orang ada yang mengolahnya terlebih dahulu dengan tujuan menghilangkan rasa pahit pada pare tersebut, yakni dengan cara dibuat kripik pare, atau produk olahan makanan lainnya yang berbahan dasar pare. Namun di sisi lain juga ada sebagian orang yang justru menyukai rasa pahit dari si pare ini.

Pare memiliki banyak nama julukan, jika secara Bahasa Indonesia memiliki nama pare. Di daerah Jawa Barat memiliki nama paria, sedangkan di daerah Sumatera disebut pepare. Di Eropa buah satu ini memiliki nama blitter mellon. Secara bentuk tekstur kulit, pare memiliki bentuk tekstur berbiku-biku dengan warna hijau agak muda. Hampir semua bagian dari tumbuhan ini, seperti daun, akar, biji memiliki manfaat seperti halnya pare itu sendiri yang juga memiliki manfaat sayur dan buah buahan.

manfaat sayur dan buah buahan
manfaat sayur dan buah buahan

Pare Memiiki Manfaat Sayur dan Buah Buahan untuk Tubuh

Semua pare memiliki rasa pahit, justru dari rasa pahit itulah banyak khasiat yang akan dirasakan bagi orang yang mau rutin dan memperbanyak makan pare. Manfaatpare khususnya, menjadikan tubuh lebih sehat dan yang penting adalah mampu digunakan terapi beberapa peyakit yang cukup dibilang penyakit parah. Pare dapat dimakan secara langsung atau dijadikan minuman jus yang banyak nutrisinya. Mencegah penyakit masuk lebih baik dari pada harus mengobati. Berikut adalah manfaat dari pare secara umum untuk mengatasi persoalan di dalam tubuh yang membutuhkan penanganan lebih.

Mencegah dan mengobati kanker

Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit ganas yang mengancam jiwa. Secara umum manfaat sayur dan buah buahan pada pare dapat mengobati kanker dan menurunkan kadar gula pada darah. Hal tersebut didapatkan dari kandungan cucurbitacin yang terdapat pada pare. Cara mengonsumsinya dapat dengan berbagai cara, yakni dengan makan semua olahan berbahan dasar pare, meminum jus pare, atau meminum air rebusan pare. Selain mengobati tentu yang tak kalah penting adalah sebagai bentuk pencegahan pada penyakit kanker.

Meningkatkan kesehatan tulang

Banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh pada buah dan sayuran pare. Salah satunya yakni mengandung vitamin K yang secara khusus bermanfaat untuk kesehatan tulang. Selain itu vitamin K juga berfungsi untuk mengatur terjadinya proses pembekuan darah dan bertugas menyebarkan kalsium ke dalam tubuh agar kebutuhan tulang terpenuhi dengan baik. Dengan kebutuhan kalsium yang terpenuhi akan mencegah terjadinya osteoforosis atau pengapuran tulang yang disebabkan kekurangan kalsium.

Meredakan asma

Asma adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan adanya faktor keturunan, namun tak perlu risau, karena untuk mencegah dan mengobati penyakit asma, dapat melakukan pengobatan dengan rutin meminum pare yang direndam dengan air panas, kemudian air rendaman tersebut setelah dingin atau suam-suam kuku diminum. Manfaat sayur dan buah buahan pada air rendaman pare mengandung alkali. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian seorang profesor dari Beijing.

Mengobati diabetes

Secara khusus pare dapat digunakan sebagai obat untuk penderita diabetes. Karena pare dapat berfungsi sebagai insulin yang berguna untuk menurunkan kadar gula. Manfaat air pare ternyata juga membentuk charantin yang berfungsi untuk meningkatan penyerapan glukosa dan sintesis glikogen di dalam sel yang ada pada sel hati, sel otot, dan jaringan lemak pada tubuh. Manfaat pare ini akan terasa jika mulai rutin meminum air rendaman pare tersebut.

Melindungi kehamilan dari keguguran

Melindungi janin adalah hal utama yang harus dilakukan pada saat seseorang dinyatakan positif hamil. Adakalanya seseorang memiliki kandungan yang lemah, untuk itu penting adanya asam folat yang berfungsi untuk menguatkan janin tersebut di dalam rahim ibunya. Dalam hal ini manfaat sayur dan buah buahan pada pare ternyata juga mampu menguatkan janin karena pare mengandung asam folat sebesar 72/100 gram. Selain itu kandungan asam folat dibutuhkan untuk ibu hamil pada kandungan trimester awal hingga akhir karena melindungi janin dari terlahir cacat.

Menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah kondisi dimana lemak jahat didalam tubuh lebih mendominasi. Lemak tersebut yang menjadikan sarang untuk tubuh mudah terkena berbagai macam penyakit. Salah satu solusi yang dapat diupayakan yakni meminum air rendaman pare yang dipercaya sebagai obat alami pada penderita kolesterol yang tinggi. Dengan rutin mengonsumsi air rendaman tersebut maka dapat menurunkan lemak yang bertumpuk dalam pembuluh darah yang menjadi penyebab munculnya kolesterol

Mengobati jerawat

Manfaat sayur dan buah buahan pada pare tidak hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga dapat mengobati jerawat. Jerawat yang tak kunjung kempes dan meradang dapat sembuh dengan memberikan masker pada bagian wajah yang terdapat jerawat dan juga untuk hasil maksimal meminum air rendaman pare. Berbagai gangguan kulit dapat diatasi dengan menggunakan pare yang telah dihaluskan dan dijadikan masker. Antioksidan yang tinggi pada pare juga mampu mencegah terjadinya penuaan dini.

Menurunkan berat badan

Memiliki berat tubuh yang ideal adalah impian semua orang khususnya perempuan. Berbagai cara program diet terkadang sudah dicoba namun tetap belum berhasil. Salah satu cara yang dapat dicoba yakni menggunakan pare. Meskipun pare rasanya pahit, namun pare mengandung antioksidan dan serat yang cukup tinggi. Dengan rutin mengonsumsi air rebusan pare menjadikan berat badan berkurang sedikit demi sedikit. Selain itu badan terasa lebih segar.

Baca artikel lainnya disini .

Menjaga kesehatan ginjal

Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan minum air putih yang cukup untuk kebutuhan tubuh, yakni 10 persen dari berat tubuh. Selain itu juga ditambah dengan meminum air rebusan atau air rendaman pare. Hal tersebut seperti halnya suplemen herbal yang aman dikonsumsi tanpa efek samping. Bahkan cara ini juga dapat menyembuhkan penyakit batu ginjal apabila rutin meminumnya. Manfaat sayur dan buah buahan pada pare menjadikan tubuh sehat selalu dari luar dan dalam.

Manfaat sayur dan buah buahan pada pare sangat banyak yang dapat diambil. Menjaga tubuh tak harus mengonsumsi suplemen kimia, namun dapat dengan cara herbal seperti halnya meminum air rebusan atau air rendaman pare. Khasiat akan dirasakan apabila rutin dalam mengonsumsinya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Apabila dapat proses penyembuhan penyakit tertentu tidak memberikan efek yang berarti, saran terbaik tetap berkonsultasi pada dokter.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *