8 Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes, Hindari Ini Ya!

By

Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes – Bagi penderita diabetes tentunya terdapat beberapa makanan yang harus dihindari. Hal tersebut harus dilakukan agar diabetes yang diderita tidak bertambah parah dan juga tidak menimbulkan penyakit yang lain. Menjaga pola makan pada penderita diabetes sangat penting untuk menjaga agar gula darah didalam tubuh anda tidak meningkat.

Pada penderita diabetes perlu memperhatikan jenis makanan dan juga kandungan gula yang terdapat pada makanan tersebut. Dengan demikian, anda harus memiliki batasan-batasan tertentu dalam menjaga pola makan anda.

Apabila kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes meningkat, maka dapat beresiko menimbulkan berbagai dampak buruk pada kesehatan tubuh, bahkan dapat menimbulkan sejumlah penyakit baru yang sebelumnya tidak pernah diderita.

8 Pantangan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Untuk menjaga pola makan yang sehat agar menekan bertambah parahnya diabetes yang anda derita, maka sangat dianjurkan untuk mengetahui berbagai macam jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita diabetes. Oleh karena itu terdapat 8 macam pantangan makanan untuk penderita diabetes yang perlu dihindari bagi penderita diabetes. Diantaranya adalah:

1. Makanan Dengan Karbohidrat Tinggi

Seperti yang sudah anda ketahui sebelumnya, bahwa salah satu karbohidrat yang terdapat pada nasi harus dikurangi atau dihindari bagi penderita diabetes. Selain itu juga terdapat berbagai macam makanan mengandung karbohidrat lainnya seperti roti, pasta, mie yang wajib anda hindari.

Anda dapat mengganti makanan berkarbohidrat tersebut dengan makanan lain agar diabetes yang anda derita tidak semakin parah. Anda dapat mengganti nasi dengan nasi merah, jagung, ubi jalar, sedangkan untuk roti, anda perlu menggantinya dengan roti gandum yang lebih sehat.

Pantangan makanan untuk penderita diabetes yang berkarbohidrat seperti nasi dan roti tidak boleh di makan sama sekali. Akan tetapi, anda masih boleh memakan makanan berkarbohidrat dengan porsi yang sedikit dan rentan waktu yang relatif lama.

2. Makanan Yang Kaya Akan Lemak Trans

Makanan yang mengandung minyak trans adalah gorengan dan juga keripik kentang dalam kemasan, selain itu juga dapat ditemukan pada selai, margarin dan juga makanan yang diawetkan.

Makananan yang kaya akan lemak trans secara tidak langsung dapat menaikkan gula darah dalam penderita diabetes meskipun hanya sedikit. Namun, makanan yang terdapat lemak trans mampu memicu resistensi insulin dan sindrom metabolik yang nantinya dapat meningkatkan resiko kerusakan pada pembuluh darah.

3. Minuman Manis

Bagi penderita diabetes, tidak hanya makanan saja yang perlu untuk dihindari, namun juga ada minuman yang wajib untuk dihindari. Minuman tersebut adalah minuman manis yang mengandung gula sehingga dapat menambah kadar gula pada tubuh anda.

Minuman manis yang perlu dihindari adalah seperti minuman yang bersoda, kopi, teh, minuman dalam kemasan yang siap untuk diminum, bahkan minuman dalam kemasan seperti jus atau susu juga perlu untuk dihindari bagi penderita diabetes. Minuman yang dikemas tentunya mengandung pemanis buatan yang mengandung gula untuk memperpanjang umur simpan minuman tersebut.

Untuk anda penderita diabetes, dapat melihat seberapa banyak kandungan gula yang terkandung dalam berbagai macam jenis minuman dalam kemasanan melalui label komposisi dan informasi nilai gizi yang ada dikemasan tersebut. Anda perlu membaca dan meneliti terlebih dahulu agar kadar gula pada tubuh anda tidak meningkat. Pastikan anda memilih minuman yang memiliki kandungan gula yang rendah.

Baca Juga: 8 Aturan dan Menu Sarapan Diabetes yang Harus Anda Dipatuhi

4. Saus Tomat Dan Saus Dalam Kemasan

Makanan apapun akan terasa lebih nikmat apabila ditambahkan dengan saus ataupun sambal. Namun bagi penderita diabetes, hal tersebut perlu untuk dihindari. Karena kandungan dalam saus tomat atau saus dalam kemasan mengandung gula. Dalam 2 sendok saus tomat terdapat kandungan gula setara dengan 16 gram.

Untuk itu anda perlu meneliti terlebih dahulu kandungan nilai gizi dari saus dalam kemasan yang akan anda beli. Namun, agar lebih sehat anda dapat membuat sendiri saus yang anda inginkan. Sehingga anda dapat memantau dan menyeleksi kandungan gula yang lebih sedikit pada saus yang ingin anda buat.

5. Kopi Dengan Berbagai Macam Topping

Pantangan makanan untuk penderita diabetes yang berikutnya adalah kopi bertopping. Saat ini terdapat berbagai macam jenis kopi yang kekinian dengan menambahkan topping beragam sebagi variasinya, topping tersebut dapat beruba seperti krimer, sirup, susu, karamel dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh anda meningkat.

Kopi yang dapat anda racik sendiri di rumah menggunakan gula dan krimer juga dapat meningkatkan kadar gula anda. Sehingga minuman seperti ini perlu anda hindari. Namun, anda dapat membuat kopi dengan memilih kopi hitam atau espresso tanpa ditambah dengan gula atau pemanis buatan lainnya. Perlu anda ketahui juga, bahwa kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat juga mempengaruhi kadar gula darah.

6. Buah Kering

Buah adalah salah satu camilan yang sehat bagi penderita diabetes. Namun apabila buah tersebut adalah buah kering, maka makanan tersebut harus dihindari karena merupakan jenis pantangan makanan untuk penderita diabates. Buah kering merupakan buah yang diproses dengan menghilangkan sebagian besar kadar air yang terdapat pada buah tersebut sehingga yang tersisa dalam buah tersebut adalah kandungan gula yang alami.

Saat proses pengeringan, sebagian besar vitamin dan kandungan gizi dalam buah ikut menguap. Biasanya pabrik menambahkan gula buatan untuk proses pengawetan agar tahan lama. Sehingga buah kering tersebut mengandung banyak gula yang dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Oleh sebab itu, bagi penderita diabetes sebaiknya memakan buah segar dibandingkan dengan buah kering.

7. Madu Dan Berbagai Jenis Sirup

Pantangan makanan untuk penderita diabetes yang juga perlu dihindari adalah madu. Siapa sangka madu ternyata memiliki kandungan gula yang relatif tinggi, sehingga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. Sedangan jenis sirup sudah pasti harus dihindari karena sirup juga mengandung gula. Untuk ukuran satu sendok makan gula putih memiliki 12,6 gram glukosa didalamnya, sedangkan untuk kadar gula dalam satu sendok makan madu adalah sebesar 17 gram glukosa. Dengan demikian madu dan berbagai jenis sirup memiliki kandungan glukosa yang tinggi.

8. Makanan Yang Digoreng

Semua jenis makanan yang melalui proses penggorengan terlebih dahulu dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Ya, makanan yang digoreng masuk ke dalam salah satu pantangan makanan untuk penderita diabetes. Meskipun makanan yang akan anda konsumsi merupakan makanan sehat dengan sedikit gula namun, apabila digoreng terlebih dahulu akan menimbulkan peningkatan pada gula darah anda.

Oleh karena itu makanan yang melalui proses penggorengan perlu untuk anda hindari. Anda dapat mengukus makanan rendah gula agar gula darah dalam tubuh anda tidak meningkat. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang digoreng namun dengan porsi yang sedikit.

Baca Juga: 9 Ramuan Tradisional Diabetes Militus, Bisa Turunkan Kadar Gula Darah!

Itulah sedikit ulasan mengenai pantangan makanan untuk penderita diabetes yang perlu anda hindari agar gula darah dalam tubuh anda tidak meningkat. Pemilihan makanan dan juga pola makan anda sangat perlu anda pantau dengan teliti agar tidak mengalami peningkatan gula darah anda. Semoga ulasan ini dapat membantu anda anda dan semoga bermanfaat. Tetap sehat dengan menjaga pola yang sehat pula.

Tinggalkan komentar