9 Pantangan Makanan Diet Debm, Kulik Lebih Jelas Agar Body Ideal

sumbersehat – Pantangan makanan diet debm mesti dipatuhi supaya diet berhasil. Ketahui dulu diet debm kepanjangan dari ‘Diet Enak Bahagia Menyenangkan’. Prinsip diet ini adalah makanan rendah karbohidrat dan tinggi lemak, serta protein. Diet ini tidak menyiksa sebab pelaku diet masih bisa mengonsumsi makanan enak berlemak. Robert Hendrik Liembono sebagai orang yang menciptakan dan mempopulerkan diet ini.

Robert menciptakan diet debm berdasarkan pengalaman ketika berupaya menurunkan berat badan. Diet ini memang menyenangkan sebab tetap bisa makan enak meskipun jarang melakukan olahraga. Akan tetapi, makanan harus tetap dijaga dengan baik. Tidak boleh sembarangan dengan makan-makanan yang semestinya dihindari.

pantangan makanan diet debm

Jenis Pantangan Makanan Diet Debm

Menjalankan program diet debm harus memerhatikan asupan makanan yang menjadi pantangan. Jika, tidak menginginkan diet gagal. Pantangan makanan diet debm harus dipatuhi supaya diet berhasil maksimal. Jangan sampai tergoda untuk mencoba mengonsumsi selama melakukan diet debm. Berikut jenis makanan pantangan yang harus dihindari oleh pelaku diet debm.

  • Makanan mengandung karbohidrat maupun tepung. Seperti nasi, pasta, mie, sereal, dan roti.
  • Mengandung gula, seperti gula murni, madu, susu dengan perasa, dan minuman bersoda.
  • Sayuran dengan kandungan pati tinggi. Seperti, ubi, kentang, labu, dan bit.
  • Buah tinggi kandungan karbohidrat, seperti pisang, pepaya, melon, dan semangka.

Jenis makanan diet debm yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain telur, ikan yang kandungan lemak tinggi (Salmon dan tuna), daging sapi dan unggas. Kemudian, produk dari susu (keju, yoghurt, dan mentega), sayuran rendah pati (buncis, brokoli, wortel, kembang kol dan sayuran hijau lainnya). Sedangkan, buah-buahan yang mengandung tinggi lemak, seperti alpukat.

Cara Melakukan Diet Debm Dengan Tidak Lupa Hindari Pantangan Makanan Diet Debm

Mencoba melakukan metode diet debm, tidak lupa untuk menghindari makanan pantangan makanan diet debm. Diet ini cocok juga untuk orang yang memiliki hobi makan, malas melakukan kegiatan olahraga. Namun, menginginkan mempunyai tubuh yang ideal dan proporsional. Simak panduan diet debm berikut ini:

Konsumsi Makanan Rendah Karbohidrat Tapi Tinggi Protein dan Lemak

Bukanlah tanpa alasan menyebut diet enak bahagia menyenangkan karena pelaku diet diberi kelonggaran pada makanan. Pelaku diet debm akan diberikan keleluasan untuk tetap bisa menikmati makanan favorit sebanyak yang dimau. Tetapi, harus tetap mematuhi prinsip-prinsip diet debm, yakni makanan rendah karbo, tinggi protein dan lemak.

Kegemukan atau obesitas dipicu oleh kelebihan asupan karbohidrat. Dikarenakan karbohidrat merupakan zat gizi penyumbang kalori cukup besar, apalagi kalau dikonsumsi terlalu banyak. Diet debm sangat menganjurkan untuk menghindari karbohidrat supaya tidak mengalami obesitas dan diet pun memenuhi target. Jangan lupa, karbohidrat termasuk pantangan makanan diet debm. Jadi, semestinya ditaati.

Pada diet debm dalam memenuhi kebutuhan energi yang tidak diperoleh dari karbohidrat. Maka, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein hewani, waktu pagi dan malam hari. Ada yang menarik juga dari pantangan makanan diet debm yang tidak melarang mengonsumsi makanan tinggi lemak. Sehingga, tetap bisa makan yang digoreng, meskipun sedang menjalankan diet.

Hindari Gula

Pantangan makanan diet debm yang harus dipatuhi ketika melakukan metode diet ini dengan menghindari gula. Gula yang dimaksud adalah gula murni ataupun gula dalam bentuk lain. Misalnya, madu, kecap, maupun terkandung dalam sayur dan buah. Hal itu, dikarenakan gula akan meningkatkan jumlah insulin dalam tubuh secara drastis. Pada akhirnya akan meningkatkan jumlah produksi lemak tubuh.

Wajib Sarapan

Sarapan sebagai hal wajib yang harus dilakukan apabila menjalankan diet debm. Perhatikan menu sarapan dengan mengandung protein dan lemak tinggi, lalu hindari karbohidrat. Sarapan dapat membuat kenyang lebih lama, sehingga tidak memicu timbulnya rasa lapar dengan cepat. Jadi, menghindarkan untuk memakan-makanan secara sembarangan dan acak.

Konsumsi Alpukat

Adapun buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama melakukan diet debm adalah alpukat. Buah Alpukat wajib masuk dalam menu diet ini. Kandungan kalori yang dimiliki buah alpukat cukup tinggi dan lemak pun tinggi. Akan tetapi, tidak mengandung tinggi gula. Pantangan makanan diet debm sangat tidak disarankan konsumsi gula. Maka, alpukat sangat dianjurkan daripada buah lain yang banyak gula.

Olahraga Secara Teratur

Olahraga sering dilupakan. Padahal, olahraga justru sangat membantu program diet debm lebih cepat berhasil. Olahraga akan membantu membakar lemak menjadi energi sehingga badan tetap bugar, sehat, dan otot-otot makin mengencang. Anda dapat melakukan gerakan olahraga sederhana. Misalkan push up dan sit up. Walaupun tidak memfokuskan pada olahraga tapi sangat dianjurkan.

Teratur Minum Air Putih

Minum air putih sering terlupakan oleh pelaku diet debm pemula. Padahal, air putih menjadi sesuatu yang penting dalam menjalankan metode diet ini. Perlu diketahui bahwa air putih membantu menunda lapar atau pada waktu lapar. Caranya dengan meminum air putih dapat menimbulkan rasa kenyang dan tubuh pun terhindar dari dehidrasi.

Batas Makan Jam 6 Sore

Batas makan dalam aturan pantangan diet debm adalah jam 6 sore. Dimaksudkan, ketika jam istirahat akan menjadi masa proses pembakaran dengan maksimal. Akan tetapi, jika makan di atas jam 6 sore, kadar gula dalam darah masih tinggi. Sehingga, memicu lemak menumpuk sebab tidak terbakar maksimal dan sempurna.

Jauhi Makanan Pantangan

Upaya menjalankan diet debm dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan lemak, tetapi rendah karbohidrat. Namun, beberapa makanan menjadi pantangan makanan diet debm yang harus dihindari. Adapun makanan yang harus dihindari adalah nasi, singkong, beras ketan, beras merah, beras hitam, gula, tepung, dan mie. Selain itu, kentang, ubi, dan buah tinggi karbohidrat serta gula.

Pilihlah Menu Diet Debm

Pelaku pemula yang menjalankan program diet debm untuk memerhatikan menu diet. Memahami dan mengerti menu diet debm menjadi lebih bisa mengontrol asupan makanan. Sehingga, terhindar dari memasukkan menu yang seharusnya tidak dikonsumsi. Dengan demikian, program diet debm yang dilakukan akan sesuai target.

Variasi Menu Diet Debm Agar Pantangan Diet Debm Terhindari

Memudahkan pelaku diet debm menjalankan program diet. Maka, sebaiknya menyusun menu harian. Hal itu, diharapkan menghindari makanan yang menjadi pantangan masuk dalam daftar menu makanan. Berikut variasi menu makan untuk diet debm.

  • Menu Sarapan : Buah (pir, apel, alpukat), Protein (tahu, tempe, ayam, telur, dan daging), Lemak (susu, yoghurt, dan keju).
  • Menu Makan Siang : Mengombinasikan sayur dengan protein hewani. Seperti Tumis buncis, ayam goreng, wortel rebus, daging sapi panggang, telur rebus, sayur bayam, dan lainnya. Lalu, kombinasikan sayur dengan protein nabati. Misalkan sayur oyong dan tempe, tumis tahu dan toge, dan lainnya.
  • Menu Makan Malam : Menyiapkan menu telur dadar, orek tempe, sup buntut tidak pakai kentang, tahu bacem, dan lainnya.

Efek samping diet debm saat hentikan asupan karbohidrat akan memicu terjadinya perubahan zat kimia serotonin. Zat serotonin diproduksi otak berfungsi mengatur siklus tidur, pencernaan, suasana hati, nafsu makan, pembekuan darah, dan sebagainya. Alangkah baiknya, jika tetap mengonsumsi karbohidrat dengan porsi terbatas dan sehat.

Menginginkan memiliki badan sehat serta berat badan proposional, pastinya membutuhkan usaha. Upaya yang bisa dilakukan dengan diet. Misalkan diet debm. Apabila memilih diet debm, maka dalam menjalankan tentu punya pantangan makanan diet debm yang semestinya ditaati. Agar berhasil secara sempurna. Semoga bermanfaat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *