13 Pantangan Makanan Darah Tinggi yang Wajib Anda Hindari!

By

Sumbersehat.com – Pantangan makanan darah tinggi harus dihindari oleh anda yang menderita hipertensi. Sebab, jika anda tetap makan makanan tersebut, darah tinggi bisa berlanjut ke komplikasi atau pada kondisi parah.

Tekanan darah tinggi harus dikelola dengan baik, anda harus menerapkan pola hidup sehat jika sudah menderitanya. Makanan adalah salah satu yang berkontribusi besar sebagai pemicu hipertensi. Bagi anda yang menderita hipertensi, bisa simak ulasan tentang makanan penyebab darah tinggi berikut ini!

Inilah Pantangan Makanan Darah Tinggi

Ada beberapa pantangan makanan darah tinggi yang wajib dihindari oleh penderita, diantaranya sebagai berikut:

Garam berlebih

Sebenarnya garam bukanlah penyebab darah tinggi, tapi bila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan penyakit, termasuk hipertensi. Menghindari garam merupakan langkah yang sulit karena setiap masakan memerlukan garam.

Meskipun begitu, anda bisa mengontrol penggunaan garam, hindari penggunaan berlebih karena itu pantangan makanan darah tinggi. Alangkah baiknya jika anda memasak makanan sendiri agar tahu kadar garam pada makanan anda. maksimum penggunaan garam sehari sekitar 2.000 mg.

Saus dan kecap asin

Selain garam, anda pun harus mengontrol penggunaan bumbu-bumbu instan makanan seperti saus dan kecap asin. Baik saus maupun kecap asin bisa menambah rasa dan meningkatkan selera makan, tapi kedua bahan itu makanan penyebab darah tinggi.

Makanan kaleng

Pantangan makanan darah tinggi berikutnya adalah makanan kaleng seperti sayur kaleng, buah kaleng atau makanan kaleng lain. Perlu anda ketahui, bahwa makanan kaleng mengandung pengawet tambahan dan itu dapat menjadi penyebab darah tinggi.

Makanan olahan

Pizza, burger dan produk makanan beku juga termasuk pantangan darah tinggi. Sebisa mungkin anda hindari, tapi jika tidak bisa baca dulu kandungan makanan yang terdapat pada kemasannya. Pilih makanan yang rendah garam atau sodium.

Makanan ringan atau cemilan

Jika anda suka nyemil, maka saat terkena darah tinggi, lebih baik kurangi atau hindari. Sebab, makanan ringan biasanya mengandung banyak garam untuk menguatkan rasanya. Selain mengandung garam, juga mengandung gula dan lemak yang berarti tidak baik pula untuk darah tinggi maupun kolesterol.

Makanan ringan atau cemilan merupakan pantangan makanan darah tinggi dan kolesterol. Kalau anda ingin mengonsumsi cemilan seperti popcorn, keripik, kerupuk atau lainnya, lebih baik bumbui sendiri. Beli saja mentahan, lalu buat bumbu rempah-rempah sendiri.

Daging yang diawetkan

Daging ham, bacon, dan deli sering disiapkan dengan merendamnya dalam air garam yang dibuat dengan air garam dan rempah-rempah. Meskipun daging yang diawetkan bisa sangat lezat, namun merupakan makanan penyebab darah tinggi. Jadi, langkah terbaik adalah menghindarinya.

Asinan

Mirip dengan daging yang diawetkan, sayuran asinan juga mengandung banyak garam. Pengawetan adalah proses di mana makanan duduk dalam larutan garam (untuk membunuh bakteri jahat) dan zat penyedap lainnya. Karena itu, asinan termasuk pantangan makanan darah tinggi.

Jika anda khawatir tentang tekanan darah anda, hindari makan acar atau makanan acar lain seperti kimchi dan sauerkraut. Atau setidaknya cuci dulu makanan tersebut sebelum makan untuk menghilangkan garam.

Alkohol

Minuman beralkohol dapat sedikit meningkatkan tekanan darah anda, tetapi jika anda minum terlalu banyak, tekanan darah akan meningkat secara dramatis. Alangkah baiknya, kalau anda menghindari makanan pantangan darah tinggi ini. Selain bisa meningkatkan tekanan darah, juga bisa menyebabkan berbagai penyakit bahaya.

Kafein

Kopi, teh, dan minuman berenergi sering kali disertai dengan kafein, yang dapat menjadi minuman penyebab darah tinggi. Untuk orang-orang dengan tekanan darah yang sehat, kafein benar-benar tidak menjadi masalah. Tetapi jika anda memiliki hipertensi, anda disarankan untuk membatasi asupan kafein dan memilih kopi tanpa kafein.

Makanan tinggi lemak

Tidak hanya dapat meningkatkan tekanan darah, makanan tinggi lemak mungkin tidak dapat menimbulkan masalah lain. Seperti meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan diabetes tipe 2. Untuk mengetahui makanan tinggi lemak dan garam, anda bisa membaca label kandungan pada kemasan.

Contoh makanan tinggi lemak adalah susu non original, daging yang digoreng, mentega, keju dan lain sebagainya. Hindari pantangan makanan darah tinggi apabila anda ingin mengelola tekanan darah dengan baik.

Makanan dengan kadar gula tinggi

Gula berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi dengan cara penambahan berat badan. Ada banyak makanan yang merupakan setan gula dan dapat berkontribusi terhadap hipertensi dalam jangka panjang. Bagi penderita darah tinggi, wajib mengurangi makanan penyebab darah tinggi ini. Anda bisa membaca label kemasan untuk mengetahui kadar gula yang ada dalam makanan.

Sesuai WHO, asupan gula harian orang dewasa harus 25 gram sehari, itu setara dengan enam sendok teh. Namun, sesuai AHA, asupan gula harian untuk pria bisa 37,5 gram sedangkan untuk wanita, itu harus 25 gram.

Minuman bersoda

Ada lagi minuman yang mesti anda hindari karena menjadi penyebab darah tinggi yang sangat cepat yaitu minuman bersoda. Kandungan minuman bersoda adalah hampir semuanya gula dan kalori kosong. Hanya dalam satu kaleng minuman ringan, Anda bisa melampaui batas gula harian anda, karena satu kaleng akan memberi anda 39 gram gula.

Baca juga : Tekanan Darah Tinggi: Penyebab, Gejala dan Pegobatan yang Wajib Anda Tahu!

Produk roti

Selanjutnya yang termasuk pantangan makanan darah tinggi adalah produk roti kue, pai, kue kering dan donat, penuh dengan lemak jenuh dan gula. Keduanya berkontribusi besar terhadap kenaikan berat badan dalam jangka panjang. Batasi ukuran porsi dan frekuensi memakan setan yang sarat gula ini.

Itulah 13 pantangan makanan darah tinggi yang wajib anda hindari jika menderita hipertensi. Sebaiknya, konsumsi makanan sehat dan bila darah tinggi masih menghantui, rutinlah ke dokter.

Tinggalkan komentar