Ini Dia 13 Pantangan Makan Penderita Wasir, Anda Harus Tahu!

By

Pantangan Makan Penderita Wasir – Penyakit wasir atau biasa dikenal dengan ambeien, seringkali terjadi di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi. Oleh sebab itu bagi Anda yang sedang menderita wasir, harus menjauhi semua makanan pantangan yang bisa memperparah penyakit Anda. Ada banyak pantangan makan penderita wasir yang perlu Anda ketahui.

Adanya pantangan makan penderita wasir, harus Anda lakukan dengan sungguh – sungguh. Hal ini bertujuan agar penyakit wasir Anda tidak parah. Bila penyakit wasir Anda menjadi lebih parah, maka Anda harus menyembuhkannya dengan cara operasi. Oleh sebab itu, Anda harus mengkonsumsi beberapa makanan yang sangat dianjurkan untuk para penderita wasir.

13 Pantangan Makan Penderita Wasir

Pantangan Makan Penderita Wasir
Pantangan Makan Penderita Wasir

Nah, untuk mengetahui kira-kira makanan apa saja yang harus Anda hindari ketika menderita wasir. Coba simak 13 pantangan makan penderita wasir berikut ini agar Anda paham dan mengerti!

1. Makanan Rendah Serat

Tahukan Anda bahwa makanan yang tergolong rendah serat, akan membuat Anda merasakan sembelit. Bila Anda merasakan sembelit, maka secara langsung akan memperburuk kondisi penyakit wasir Anda. Makanan yang tergolong rendah serat antara lain nasi putih, tepung, gandung, mie instan, dan juga kentang. Oleh sebab itu, Anda harus mengganti makanan tersebut dengan makanan yang kaya akan serat. Dengan begitu, Anda tidak akan merasakan sembelit.

2. Makanan Mengandung Lemak

Makanan yang mengandung lemak, tergolong sulit untuk dicerna oleh tubuh. Bila Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, maka akan membuat penyakit wasir Anda menjadi lebih buruk. Hal ini karena sistem pencernaan Anda akan bekerja dua kali lebih keras dari biasanya. Makanan yang tergolong memiliki banyak lemak di dalamnya antara lain kulit ayam, gorengan, telur, dan bakso. Semua makanan tersebut, kadar lemaknya sangat tinggi.

3. Makanan Pedas

Makanan yang memiliki rasa pedas, akan semakin memperparah kondisi penyakit wasir Anda. Hal ini karena makanan pedas tersebut, akan membuat Anda mengalami sakit perut dan juga lebih sering buang air besar. Pastinya kondisi ini akan membuat Anda merasakan sakit yang luar biasa. Makanan yang biasanya terasa pedas antara lain bakso, sup, dan juga sambal. Oleh sebab itu bagi Anda yang suka dengan makanan pedas, lebih baik jangan mengkonsumsinya dahulu.

4. Makanan Mengandung Banyak Garam

Makanan yang mengandung banyak garam ternyata membahayakan bagi Anda penderita wasir. Hal ini karena dapat menahan lebih banyak air di dalam tubuh, untuk melarutkan kandungan garam. Padahal semakin banyak air di dalam tubuh, akan membuat pembuluh darah menjadi tertekan. Khususnya pembuluh darah vena yang rentan mengalami penyakit wasir. Makanan yang memiliki banyak kandungan garam antara lain kripik singkong, biskuit, dan kentang goreng.

5. Makanan Cepat Saji

Akhir – akhir ini banyak makanan cepat saji yang dijual di pasaran. Bagi Anda yang suka mengkonsumsi makanan cepat saji, harus dihindari dulu. Hal ini karena makanan cepat saji tersebut seringkali mengandung banyak garam dan rendah serat. Bila Anda mengkonsumsi makanan cepat saji secara terus menerus, maka Anda akan merasakan sembelit. Makanan yang tergolong cepat saji antara lain burger, pizza, pasta, dan juga ayam krispi.

6. Aneka Gorengan

Aneka gorengan memiliki daya tarik tersendiri untuk menemani Anda saat sedang santai. Namun bila Anda sedang menderita wasir, usahakan jangan mengkonsumsi aneka jenis gorengan terlebih dahulu. Hal ini karena di dalam aneka gorengan tersebut memiliki kandungan minyak berlebih, yang akan mengganggu proses pencernaan Anda. Tidak hanya itu, aneka jenis gorengan juga dapat meningkatkan kolesterol tinggi yang bisa merusak usus dan wasir.

7. Makanan Olahan Keju

Bagi Anda penderita penyakit wasir yang sudah tergolong parah, pantangan makan penderita wasir adalah makanan olahan keju. Sehingga sangat disarankan untuk menjauhi semua jenis makanan olahan keju. Hal ini karena makanan olahan keju tersebut, dapat memicu timbulnya gas di dalam perut. Alhasil perut Anda terasa kram dan sakit. Makanan yang tergolong olahan keju antara lain pasta, pizza, biskuit, dan juga brownies keju.

8. Mie Instan

Mie instan merupakan salah satu makanan cepat saji yang sangat rendah serat. Bila Anda menderita penyakit wasir, maka usahakan jangan dulu mengkonsumsi mie instan. Hal ini karena mie instan tergolong makanan yang susah untuk dicerna dengan baik. Oleh sebab itu, Anda harus menjauhi mie instan agar tidak merasakan sembelit.

9. Buah Jeruk

Buah jeruk ternyata sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh Anda yang memiliki penyakit wasir. Hal ini karena dalam buah jeruk, memiliki rasa asam yang bisa membuat perut Anda menjadi sakit. Bila sudah terasa sakit, pastinya Anda akan lebih sering buang air besar. Kondisi tersebut akan semakin memperparah penyakit wasir Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari buah jeruk untuk sementara waktu.

10. Buah Apel Hijau

Buah apel hijau memiliki rasa asam yang lebih besar, bila dibandingkan dengan buah jeruk. Bahkan tingkat keasaman buah apel hijau, dapat membuat sistem pencernaan Anda menjadi terganggu. Akibatnya dapat membuat sistem pencernaan Anda menjadi iritasi. Bila Anda tidak ingin kondisi penyakit wasir Anda menjadi lebih parah, sebaiknya Anda menjauhi buah apel hijau dulu.

11. Minuman Mengandung Kafein

Minuman yang mengandung kafein, sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh Anda yang menderita penyakit wasir. Hal ini karena minuman yang mengandung kafein tersebut, bisa membuat lambung iritasi. Kondisi tersebut akan berimbas pada penyakit wasir Anda yang semakin memburuk. Tidak hanya itu minuman yang mengandung kafein, akan membuat Anda merasakan dehidrasi. Minuman yang mengandung kafein adalah kopi dan juga teh.

12. Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol, ternyata dapat memperparah penyakit wasir. Hal ini karena minuman beralkohol tersebut, dapat membuat Anda merasakan sembelit dan juga dehidrasi. Oleh sebab itu bagi Anda yang sering mengkonsumsi minuman beralkohol, lebih baik dihentikan saja. Tujuannya agar penyakit wasir Anda tidak semakin parah. Bila wasir Anda semakin parah setiap harinya, maka Anda harus menyembuhkannya dengan cara operasi.

13. Suplemen Mengandung Zat Besi

Bila Anda sering mengkonsumsi suplemen yang mengandung zat besi, usahakan untuk menghentikan kegiatan tersebut sampai penyakit wasir Anda sembuh total. Hal ini karena suplemen zat besi tersebut, dapat memicu rasa sembelit. Bila Anda terlanjur mengkonsumsi suplemen tersebut dan membuat penyakit wasir Anda semakin parah, maka segeralah periksa ke dokter. Tujuannya agar penyakit wasir Anda segera ditangani oleh tenaga medis.

Ada banyak pantangan makan penderita wasir yang perlu Anda ketahui. Mulai dari makanan pedas, gorengan, junk food, hingga minuman yang mengandung kafein. Bila Anda tidak ingin penyakit wasir Anda menjadi semakin parah, maka Anda harus menjauhi makanan yang menjadi pantangan tersebut. Anda bisa menggantinya dengan makanan yang dianjurkan bagi para penderita penyakit wasir. Salah satunya adalah makanan yang banyak mengandung serat.

Itu dia beberapa pantangan makan penderita wasir yang wajib Anda hindari! Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga lekas sembuh ya!

Tinggalkan komentar